5 Tips Penting untuk Mahasiswa Ilmu Komputer

Mahasiswa Ilmu Komputer
5 Tips Penting untuk Mahasiswa Ilmu Komputer. Foto: Technotification

Teknologi.id – Ilmu Komputer adalah salah satu jurusan teknik yang paling disukai di seluruh dunia. Entah di jenjang Sarjana ataupun Master, mahasiswa ilmu komputer akan terus berjuang untuk meningkatkan keterampilannya.

Jurusan ilmu komputer memang menuntut kerja keras dan dedikasi penuh. Bahkan siswa cerdas dan geek yang penuh semangat pun terkadang merasa lelah dan frustrasi karena belajar dan tekanan lainnya.

Di jurusan ini kamu tidak hanya menghafal beberapa hal lalu lulus ujian. Tidak, bukan begitu cara kerja jurusan ilmu komputer. Kamu dituntut harus tahu cara menghadapi masalah dan menerapkan setiap ilmu yang kamu pelajari setiap hari. Nah, kali ini Teknologi.id akan membagikan beberapa tips penting untuk mahasiswa ilmu komputer yang akan membantumu sukses di perkuliahan maupun dunia kerja nantinya, simak sampai habis ya!

Tips Penting Untuk Mahasiswa Ilmu Komputer

1. Jangan Biasakan Sistem Kebut Semalam

Foto: Open Colleges

Mahasiswa berpikir bahwa mereka sangat berbakat dan dapat menyelesaikan seluruh silabus hanya dalam satu malam. Ya mereka bisa. Tapi bakat ini tidak akan membawa mereka ke mana-mana.

Ilmu Komputer atau Teknologi Informasi adalah salah satu bidang di mana kamu perlu belajar dan berlatih sepanjang semester. Ini tidak hanya akan membantumu dalam mengamankan nilai yang baik tetapi juga memiliki banyak manfaat lainnya.

Pertama, kamu tidak akan merasakan tekanan apa pun pada saat ujian semester. Jika kamu berhasil menyelesaikan tugasmu di awal waktu, kamu tidak perlu khawatir akan gagal.

Juga, jika kamu mempelajari hal-hal dengan pikiran santai, ide-ide baru secara otomatis akan berdatangan. Dengan begitu kamu dapat melakukan pencapaian yang jauh lebih baik di bidang akademik maupun kariermu

2. Lebih Fokus pada Hal-hal Praktis

Foto: www.miifotos.com

Sebagian besar mata kuliah ilmu komputer difokuskan pada keterampilan praktis. Kamu mungkin sudah menghadiri beberapa kelas teori, tetapi alih-alih hanya menyerap informasi, kamu juga harus mengambil pendekatan yang lebih praktis.

Banyak institusi mengharuskanmu menghadiri sesi laboratorium untuk menerapkan pengetahuanmu, tepat setelah kelas teori. Selain itu, kamu juga dapat mencari ide proyek secara online dan mulai mengerjakannya untuk meningkatkan keterampilanmu.

Memang benar bahwa kamu harus mengerjakan tugas dan menulis esai, tetapi mereka juga akan butuh bukti logis dari pekerjaanmu.

3. Jangan Terpaku dengan Pembelajaran di Kelas

Foto: The Ithacan

Kamu bisa mempelajari semua konsep dasar di kelas perkuliahan, melakukan praktiknya di laboratorium komputer, menyelesaikan tugas tepat waktu, dan lulus ujian semester. Tapi itu bukan alasanmu untuk memilih jurusan ilmu komputer. Ya kan?

Jika kamu berencana untuk masuk ke pengembangan perangkat lunak atau industri terkait lainnya, kamu harus berpikir di luar kurikulum kampusmu. Bagaimanapun, kampus tidak akan mencakup semua keterampilan yang mungkin kamu butuhkan dalam suatu pekerjaan.

Jadi, penting untuk merencanakan waktumu dengan benar. Setelah menyelesaikan tugas kuliah, luangkan waktu untuk menjelajahi apa yang dicari perusahaan. Sebagai contoh, jika mereka sedang mencari programmer python, pelajarilah yang berkaitan dengan itu.

Ada beberapa kursus ilmu komputer gratis dan berbayar yang tersedia secara online. Kamu bisa mengunjungi udemy, udacity, dan website sejenis lainnya. Kamu juga dapat mengembangkan website atau program maupun aplikasi kecil untuk menguji keterampilan dan menambahkannya ke portofoliomu.

Baca juga: 5 Pekerjaan Ilmu Komputer Terbaik yang Dapat Dilakukan dari Rumah 

4. Jangan Coba Menyelesaikan Semuanya Sendiri

Foto: YouTube

Mampu menyelesaikan proyek sendirian itu hebat dan kamu juga harus meningkatkan keterampilan ini. Tetapi ini mungkin tidak membantumu setiap saat. Ketika kamu bergabung dengan sebuah perusahaan setelah lulus kuliah, kamu akan bekerja dalam sebuah tim, dan bekerja dalam sebuah tim pun juga membutuhkan keterampilan.

Waktu kuliah adalah yang terbaik untuk meningkatkan keterampilan sosial dan komunikasi. Pertama, cobalah untuk menemukan kelompok yang tepat yang terdiri dari berbagai jenis orang dengan minat yang sama. Kemudian, kamu akan mulai menikmati pekerjaanmu, bisa membagikan ide-idemu secara bebas, saling berdiskusi ide-ide luar biasa dengan orang lain, dll.

Ada banyak perusahaan yang dimulai dengan diskusi ringan di atas meja kopi dan sekarang berkembang dengan cukup baik.

5. Jangan Lupa Hidup

Foto: blog.cicil.co.id

Gelar ilmu komputer mungkin akan membuatmu mengorbankan kesenangan hidup lainnya. Tetapi itu terserah kamu bagaimana mengatur waktu dan menguasai tekanan. Ingatlah bahwa belajar itu memang penting, tetapi juga penting untuk menjaga keseimbangan yang tepat antara belajar dan bersenang-senang.

Berkumpul lah dengan teman-temanmu, berolahraga, bepergian, main game, atau apapun yang membuatmu senang. Hal itu akan menyegarkan pikiranmu dan membantumu lebih fokus dalam studi.

Kesimpulan

Itulah tips penting untuk mahasiswa ilmu komputer yang akan membuatmu sukses dalam perkuliahan maupun dunia kerja. Jangan pernah berhenti mengeksplorasi dan belajar, ya. Semoga berhasil.

(DWK)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *