5 Pekerjaan Ilmu Komputer Terbaik yang Dapat Dilakukan dari Rumah

Foto: Medium

Teknologi.id – Salah satu keuntungan menjadi bagian dari industri teknologi adalah kemampuan untuk bekerja secara remote. Dengan masifnya perkembangan teknologi yang saat ini kita nikmati, kamu tidak perlu mencari 5-7 peluang kerja. Kamu bisa menyampaikan pekerjaanmu bahkan ketika kamu beberapa benua jauhnya dari klienmu. Ilmu komputer hanya satu dari bidang tersebut yang mempunyai banyak sekali peluang bekerja dari rumah. Kami telah merangkum 5 jenis pekerjaan ilmu komputer yang bisa dilakukan secara remote. Berikut selengkapnya.

5 Pekerjaan Ilmu Komputer Terbaik yang Dapat Dilakukan Dari Rumah

Berikut adalah beberapa pekerjaan ilmu komputer terbaik yang dapat kamu lakukan di rumah.

1. Web Developer

Web Developer. Foto: Noteworthy

Web developer atau pengembangan web adalah salah satu pilihan karier yang dapat ditempuh oleh lulusan ilmu komputer. Pekerjaan tersebut mencakup pengembangan situs web dari awal, memodifikasi tata letaknya, dan memastikan bahwa fungsinya memenuhi spesifikasi klien. Sebagai pengembang web, kamu akan bertanggung jawab untuk mengembangkan aplikasi web dan memastikan aplikasi itu berjalan dengan lancar.

Sebagai pengembang web, kamu harus mahir dengan sejumlah bahasa pengembangan web. Bahkan, kamu harus pandai di front end dan back-end pemrograman web. Terlepas dari desain dan pengembangan web, kamu harus memahami berbagai langkah-langkah keamanan untuk pemrograman web.

Baca juga: Ini Dia, Top 25 Pertanyaan Wawancara Pekerjaan Ilmu Komputer dan Jawabannya (Bag.1) 

2. Analis UX (User Experience)

Analis UX (User Experience). Foto: Peergrowth

Ilmu komputer dapat membekali kamu dengan pengetahuan dan keterampilan yang tepat yang bisa digunakan untuk menjadi seorang Analis UX. Pada dasarnya, jabatan ini mencakup analisis dan pengukuran interaksi antara pengguna dan antarmuka pengguna sistem, menganalisis situs web, aplikasi seluler, atau bahkan perangkat keras.

Hampir semua perusahaan ingin meluncurkan situs web atau aplikasi yang akan memberikan pengalaman menyenangkan pada target klien mereka. Sebelum meluncurkan situs, mereka akan mempekerjakan analis UX untuk menganalisis berbagai aspek produk. Selain menganalisis tata letak umum aplikasi atau situs web, kamu juga akan diminta untuk menganalisis perilaku platform.

3. Technical Writer

Technical Writer. Foto: Morgan McKinley Ireland

Apakah kamu pandai menulis? Technical writer atau penulis teknis adalah salah satu pekerjaan ilmu komputer yang dapat kamu lakukan dengan mudah dari rumah. Pekerjaan ini ideal untuk seseorang yang ingin mencoba sesuatu yang berbeda selain coding.

Sebagai penulis teknis, kamu akan diminta untuk menulis berbagai dokumen teknis. Mereka termasuk buku petunjuk untuk produk perangkat lunak, dokumen pendukung, jurnal, dan bahkan artikel yang relatif teknis yang terkait dengan bidang teknologi. Dengan pengetahuanmu tentang ilmu komputer, membuat materi teknis berkualitas bukanlah tugas yang sulit untuk diselesaikan.

Baca juga: Ini Dia, Top 25 Pertanyaan Wawancara Pekerjaan Ilmu Komputer dan Jawabannya (Bag.2) 

4. Android/IOS Developer

Android/iOS Developer. Foto: Phandroid

Android dan iOS adalah dua platform yang berbeda, tetapi keduanya merujuk pada satu hal, yakni pengembangan aplikasi seluler. Jika kamu mahir di salah satu platform, kamu bisa memanfaatkan keterampilan unikmu untuk bekerja dari rumah dan mendapatkan penghasilan yang layak.

Banyak perusahaan sekarang fokus untuk membuat aplikasi mobile yang akan membantu mereka menjangkau pelanggan mereka. Selama kamu memiliki skill bagus dalam pengembangan aplikasi seluler, peluang seperti itu seharusnya tidak akan terlewatkan dari-mu. Ada banyak pengembang aplikasi seluler yang berhasil yang bekerja sebagai freelancer. Dengan kata lain, mereka melakukan segalanya dari rumah mereka.

5. Software Tester

Software Tester. Foto: Medium

Sebelum perangkat lunak dirilis ke pasar, ada berbagai aspek yang perlu dicermati. Ini bisa berupa antarmuka pengguna, sistem basis data, keamanan perangkat lunak, kecepatan, daya tanggap, dan kontrol versi.

Dengan pengetahuan ilmu komputermu, kamu bisa menjadi full-stack software developer. Kamu akan dapat menguji aplikasi seluler, aplikasi desktop, dan bahkan perangkat lunak desktop. Selain itu juga akan menguji semua komponen perangkat lunak seperti basis data, keamanan, kecepatan, fungsionalitas perangkat lunak, dan bahkan pengalaman pengguna.

Di akhir setiap tes, kamu akan diminta untuk memberikan rekomendasi dan bahkan menyatakan perbaikan yang perlu dilakukan.

Ini adalah beberapa pekerjaan ilmu komputer yang bisa kamu lakukan dari rumah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

(DWK)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *