Khawatir Privasi Terganggu? Begini Tips Mendeteksi Kamera Tersembunyi

kamera tersembunyi
Foto: nypost.com

Teknologi.id – Penggunaan kamera pengintai atau kamera tersembunyi yang biasa disebut Closed-circuit Television (CCTV) kini sudah menjamur dimana-mana. Tujuan penggunaannya pun rata-rata untuk alasan keamanan.

Namun, tak sedikit pula pengguna yang menggunakannya untuk tujuan negatif, seperti di toilet umum, ruang ganti, hotel dan penginapan. Penggunaan seperti itu jelas melanggar privasi seseorang, meskipun terkadang mereka berdalih untuk keamanan properti.

Sebelum menggunakan ruangan publik ada baiknya pastikan ruangan terbebas dari kamera tersembunyi dengan cara-cara di bawah ini.

Tips Mendeteksi Kamera Tersembunyi

Baca juga: Snap Rilis Spectacles 3 dengan Desain Baru dan Kamera HD Ganda

1. Periksa seluruh area dan benda di ruangan

Sebelum menggunakan ruangan publik, sebaiknya periksa seluruh area dan benda-benda yang ada di sekeliling terlebih dahulu. Periksa tempat-tempat yang memungkinkan diletakkan kamera tersembunyi. Terkadang kamera dipasang di tempat atau benda yang tidak terduga, misalnya seperti smoke detector, alat kebersihan, jam dinding, steker, stop kontak, pajangan dan lain-lain.

2. Gunakan kamera ponsel

Sebagian besar kamera tersembunyi menggunakan sinar inframerah untuk penglihatan dalam gelap, sedangkan kamera depan ponsel sebagian besar tidak memiliki filter inframerah, seperti kebanyakan kamera belakang.

Cara mendeteksinya, buka aplikasi kamera di ponsel dan pastikan kamera depan dalam keadaan aktif. Matikan lampu atau tutup semua sumber cahaya yang masuk. Ruangan harus dalam keadaan gelap total. Putar kamera depan mengelilingi area yang diduga terdapat kamera tersembunyi.

Jika terlihat benda yang bercahaya dari layar ponsel, biasanya berwarna ungu atau putih, kemungkinan benda tersebut adalah kamera pengintai.

3. Gunakan detektor frekuensi radio

Alat ini berukuran kecil sehingga bisa dengan mudah dibawa bepergian. Namun, harganya terbilang cukup mahal. Detektor berfungsi untuk mencari sinyal seperti bluetooh atau wifi yang biasanya digunakan untuk mentransmisikan gambar dari kamera tersembunyi. Detektor akan berbunyi jika menemukan sinyal.

(dwk)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending