Sering Diabaikan, Ini Dia Ciri-ciri Smartphone Disadap Hacker

Teknologi.id . June 25, 2020

Foto: Dead Script

Teknologi.id - Semakin berkembang dan majunya teknologi, berbagai tindak kejahatan pun turut serta mengiringinya, salah satunya penyadapan perangkat komunikasi seperti smartphone.

Tak hanya dilakukan oleh para hacker-hacker profesional, kejahatan penyadapan pada smartphone bahkan juga seringkali dilakukan oleh orang-orang tak bertanggung jawab di sekitar kita. Entah hanya untuk sekedar iseng, atau memang bertujuan untuk tindakan merugikan lainnya.

Celakanya, seringkali kita tidak menyadari bahwa smartphone yang kita gunakan setiap hari ternyata tengah disadap. Yuk, kenali ciri-ciri smartphone yang disadap hacker sebelum terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Ciri-ciri Smartphone Disadap Hacker

1. Suara panggilan terganggu

Foto: TiSPY


Pernahkah saat kamu sedang menelpon seseorang, tiba-tiba terdengar suara bising atau kresek-kresek? Jika suara itu hanya terdengar di kamu, sementara di lawan bicara normal, kamu wajib curiga jika panggilan kamu telah disadap.

Baca juga: 5 Aplikasi Kamera HP untuk Sulap Foto Bagai Kamera Film Jadul

2. Aplikasi tak dikenal

Foto: Business Insider


Untuk menyadap smartphone, biasanya hacker harus memasang aplikasi tambahan di smartphone target. Uniknya, hacker ini biasa menyembunyikan aplikasi tersebut. Untuk mengakalinya, coba cek di menu Settings - Apps atau Application Manager, lalu cek apakah ada aplikasi asing di smartphone kamu.Jika ternyata ada aplikasi mencurigakan yang tidak pernah kamu install sebelumnya, bisa jadi itu adalah malware atau aplikasi mata-mata yang mencuri datamu.

3. Lokasi tiba-tiba aktif

Foto: Stack Overflow


Salah satu tujuan orang menyadap smartphone adalah untuk mengetahui lokasi. Karena itu, jika tiba-tiba pengaturan lokasi smartphone kamu aktif padahal tidak kamu aktifkan, bisa jadi ada aplikasi dari hacker yang memaksa fitur lokasi aktif. Bisa jadi juga, smartphone kamu sedang disadap atau dihack dari jarak jauh.

4. Wi-Fi sering aktif sendiri

Foto: AndroidPIT


Tidak pernah menyalakan Wi-Fi tapi tiba-tiba Wi-Fi di smartphone kamu aktif saat berada di tempat umum? Waspada, bisa jadi smartphone kamu telah kena sadap. Kenapa Wi-Fi? Karena melalui koneksi Wi-Fi di tempat umum, hacker bisa dengan mudah menginfeksi dan melakukan transfer data ke targetnya.

5. Nomor asing di Recent Calls

Foto: Droid Life


Sedang mengecek riwayat panggilan di Recent Calls, lalu menemukan nomor asing tak dikenal? Padahal kamu tidak merasa pernah menghubungi atau pun menerima panggilan dari nomor tersebut. Hati-hati, bisa jadi nomor tersebut adalah nomor hacker yang hendak mencuri data-datamu. Berhati-hatilah selalu untuk menyimpan nomormu dan tidak membagikan atau mencantumkannya sembarangan.

Baca juga: Kenali 7 Ciri-ciri Ponsel Android Kena Virus Berbahaya

Itulah beberapa ciri-ciri smartphone yang disadap hacker atau orang tak bertanggung jawab lainnya. Untuk mengatasinya, kamu bisa menghapus aplikasi-aplikasi tak dikenal yang tiba-tiba muncul, kemudian menginstall antivirus yang sudah terpercaya untuk dilakukan pemindaian virus, atau cara terakhir adalah dengan fitur Factory Reset alias me-reset ulang smartphone kembali ke pengaturan awal pabrik, sehingga semua yang di smartphone pun hilang seperti baru lagi. Semoga bermanfaat.

(dwk)

author
1 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya