Resmi Dibuka, Begini Syarat dan Cara Daftar Kartu Prakerja di Situs Prakerja.go.id

Teknologi.id . April 13, 2020

Foto: BeriMode

Teknologi.id - Pendaftaran Kartu Prakerja di www.prakerja.go.id untuk gelombang pertama secara resmi sudah dibuka Sabtu (11/4), pukul 16.00 WIB sore.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan pendaftaran gelombang pertama akan dibuka hingga Kamis (16/4) mendatang pukul 16.00 WIB dengan jumlah peserta yang diterima sebanyak 164 ribu orang.

Pendaftaran Kartu Prakerja akan digelar sebanyak 30 kali gelombang dan dibuka setiap pekan dengan target 5,6 juta penerima, sehingga direncanakan akan selesai pada akhir November.

Bagi peserta yang tak diterima pada seleksi gelombang pertama nantinya bisa mengikuti seleksi gelombang kedua tanpa perlu mengikuti proses dari awal, seperti pengisian data identitas diri, serta tes motivasi dan matematika dasar.

Baca juga: Telkomsel Hadirkan Paket Internet #SurpriseDeal, Kuota 10 GB Cuma Rp 22.000

Syarat Kartu Prakerja

Lantas apa saja syarat-syarat seseorang bisa mendaftar untuk mendapatkan Kartu Prakerja? 

Mengutip laman resmi prakerja.go.id, beberapa syarat mengikuti program Kartu Prakerja, yakni calon peserta merupakan warga negara Indonesia (WNI), minimal berusia 18 tahun, dan tidak sedang menempuh pendidikan formal.

Pemerintah nantinya akan melakukan verifikasi data calon peserta terlebih dahulu sebelum memutuskan ke langkah selanjutnya.

Cara Buat Akun Kartu Prakerja di Situs prakerja.go.id

Untuk mendapatkan Kartu Prakerja dari pemerintah, kamu harus tahu dulu cara daftar Kartu Prakerja secara online. Hanya saja, sebelum mendaftar, kamu mesti punya akun terlebih dahulu.

Membuat akun Kartu Prakerja diharuskan memakai nomor telepon ataupun alamat email pendaftar yang masih aktif.

Selain itu, pendaftar juga wajib mengisi data beserta informasi yang benar pada situs resmi. Salah satunya mengisi nama dan data sesuai KTP yang disahkan negara.

Berikut ini cara membuat akun Kartu Prakerja:

1. Masukkan alamat email atau nomor ponsel yang aktif

2. Klik kolom daftar

3. Pilih menu metode verifikasi.

4. Masukan kode verifikasi yang diterima melalui email ataupun sms

5. Selesai, Kamu sudah punya akun Kartu Prakerja

Setelah memiliki akun Kartu Prakerja, kamu bisa langsung mendaftarkan diri untuk mendapatkan Kartu Prakerja.


Tampilan situs Prakerja.go.id. Foto: Prakerja.go.id


Cara Daftar Kartu Prakerja

1. Masuk laman prakerja.goi.id

2. Login akun yang sudah dibuat

3. Klik menu daftar Kartu Prakerja

4. Isi formulir pendaftaran sesuai format yang disediakan, lalu klik selanjutnya

5. Mengerjakan tes kemampuan dasar

6. Klik selesai

Tes kemampuan dasar bertujuan untuk mengetahui kompetensi dan potensi yang dimiliki calon penerima Kartu Prakerja dengan 19 soal dalam waktu 25 menit.

Baca juga: Lagi, Warga Bakar Tower 5G di Belanda Gegara Hoax COVID-19

Bagi peserta yang sudah mengisi formulir pendaftaran dan tes kemampuan dasar, akan menerima notifikasi lewat akun yang sudah terdaftar. Kamu bisa memeriksa status pendaftaran Kartu Prakerja di www.prakerja.go.id dengan mengklik menu Cek Status Pendaftaran.

Pengumuman peserta yang lolos sendiri akan dilaksanakan Jumat, (17/4) depan. Jika lolos seleksi, peserta bisa langsung memilih jenis pelatihan yang diinginkan dan sesuai dengan kompetensinya masing-masing.

Benefit Kartu Prakerja

Total ada sekitar 300 jenis pelatihan yang bisa dipilih bagi para penerima Kartu Prakerja. Pelatihan yang diberikan pun beragam seperti pembukuan, memasak, cara mengelola utang, mendapatkan kredit, berjualan online, teknik berbicara di depan umum, hingga barista.

Dikarenakan pandemi COVID-19 yang masih belum mereda di Indonesia, peserta nantinya akan mengikuti pelatihan secara daring (online). Setelah situasi kembali normal, pelatihan program Kartu Prakerja akan dilakukan di Balai Latihan Kerja di Surabaya, Kepulauan Riau, Bali, dan Sulawesi Utara sebagai lokasi yang telah ditetapkan sebelumnya.

Selain itu, setiap peserta yang lolos seleksi akan mendapatkan total insentif bantuan pelatihan sebesar Rp 3,55 juta. Dana itu terdiri dari biaya pelatihan sebesar Rp 1 juta, insentif pasca pelatihan Rp 600 ribu per bulan selama empat bulan, dan insentif survei sebesar Rp 50 ribu untuk tiga kali.

Baca juga: Google Sediakan Keyboard Braille Untuk Penyandang Disabilitas

Setelah mengikuti pelatihan, para peserta pemegang Kartu Prakerja juga akan mendapat sertifikat secara elektronik dari lembaga pelatihan untuk mempermudah mendapatkan pekerjaan sesuai kompetensi.

Bagi calon pendaftar yang mengalami kendala atau kesulitan melakukan pendaftaran Kartu Prakerja di www.prakerja.go.id, bisa menghubungi nomor layanan masyarakat Kartu Prakerja (021) 25541246 pada hari Senin sampai Jumat mulai dari jam 08.00 WIB pagi sampai jam 19.00 WIB, atau mengirim e-mail di alamat info@prakerja.go.id.

(dwk)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya

Berita Terpopuler