Google Sediakan Keyboard Braille untuk Penyandang Disabilitas

Sutrisno Zulikifli . April 12, 2020

google keyboard

Kredit: Google


Teknologi.id - Google resmi merilis papan ketik atau keyboard huruf Braille untuk pengguna penyandang disabilitas, khususnya tunanetra.

Fitur papan ketik huruf Braille yang diberi nama TalkBack tersebut baru diluncurkan bagi para pengguna ponsel Android.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna tak perlu mengunduh software atau menambahkan perangkat lain, sebab fitur ini telah tersambung secara otomatis dengan sistem operasi Android 5.0.

BACA JUGA: Inilah Daftar Controller Alternatif untuk Main Game di Google Stadia

Keyboard TalkBack hanya menampilkan enam (6) tombol. Setiap tombol mewakili satu dari enam titik Braille, yang akan membentuk huruf dan simbol ketika diketuk dalam kombinasi.

Lalu, bagaimana cara menggunakannya?

Pengguna cukup mengaktifkan TalkBack pada menu pengaturan. Pertama, pilih Accessibility (Aksesibilitas). Setelah itu, usapkan tiga jari secara bersamaan di layar. Tak lama kemudian, akan muncul keyboard Braille TalkBack.

BACA JUGA: Google dan Apple Rancang Sistem Gabungan Pelacak COVID-19 di iOS dan Android

Perlu diketahui, keyboard TalkBack punya kinerja yang sama dengan keyboard pada umumnya. TalkBack bisa digunakan untuk membalas pesan di aplikasi, bermain di media sosial, dan perangkat aplikasi lainnya.

Keyboard Braille juga mendukung Braille Grade 1 dan Grade 2. Hanya saja, untuk sementara, kedua grade itu baru tersedia dalam bahasa Inggris, dan masih dikembangkan oleh Google untuk menyediakan ragam bahasa yang lain.

(sz)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya

Berita Terpopuler