Pria ini Selamat Usai Ditelan Paus, Begini Sebabnya

Fabian Pratama Kusumah . July 13, 2021

Foto: Okezone

Teknologi.id – Seorang pria ditelan oleh paus, pria tersebut bernama Michael Packard, seorang diver pemburu lobster. Dia ditelan paus di daerah Cape Cod, Massachussets, Amerika Serikat, pada bulan Juni silam.

Nyawanya selamat setelah dimuntahkan oleh paus di permukaan air. Dia dilarikan ke rumah sakit, namun untung lukanya tidak berat.

Dari pemberitaan media lokal Cape Cod Times, kisah ini diikuti media internasional seperti BBC Inggris dan News.com Australia.

Bagaimana Packard bisa selamat setelah ditelan paus seperti Nabi Yunus? Nicola Hodgins, dari Whale and Dolphin Conservation di Inggris mengatakan paus mustahil memakan orang. Apa sebabnya?

Baca juga: Ambergris, Muntahan Paus yang Berharga Miliaran

Menurut ilmuwan, meskipun manusia bisa masuk ke dalam mulut paus bungkuk, tapi paus tidak makan orang.

Ukuran tenggorokan paus ternyata berdiameter seperti kepalan tangan manusia saja. dan maksimum tenggorokan paus mencapai diameter 1 meter.

"Secara ilmiah tidak mungkin paus menelan manusia. Packard berada di tempat yang salah dan di waktu yang salah," kata Hodgins, dilansir Detik dari National Geographic hari selasa 13 Juli 2021.

Ternyata ini bukan kejadian pertama. Pada Oktober 2020, pemain kayak di California, AS hampir dimakan paus sperma.

Baca juga: Mau Wisata ke Luar Angkasa Gratis? Ini Cara dan Syaratnya

Sementara pada Maret 2019, operator wisata di Port Elizabeth, Afrika Selatan juga hampir dimakan paus.

Menurut ilmuwan kejadian tersebut adalah saat paus mencari mangsa, tapi bukan memangsa manusia. Paus bergigi seperti paus sperma, mereka makannya cumi dan ikan.

Sementara paus baleen seperti paus bungkuk, paus biru, paus abu-abu, makanannya adalah plankton, krill dan udang kecil.

Baleen adalah semacam bulu sikat yang ada di mulut paus yang berfungsi sebagai penyaring mangsanya dan menggantikan fungsi gigi.

(fpk)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler