Prediksi Tren Desain Website Populer di Tahun 2019

Kemala Putri . December 18, 2018
Teknologi.id - Internet sudah ada cukup lama. Sama seperti penemuan teknologi yang lain, internet pun terus berkembang. Kecepatan jaringan menjadi lebih cepat dan kita sekarang dapat terhubung ke World Wide Web menggunakan berbagai perangkat, komputer, ponsel, dan bahkan jam tangan. Secara alami, bersama dengan evolusi teknologi, kebutuhan dan harapan penggunanya juga berubah. Ini berarti bahwa segala sesuatu, termasuk tampilan website juga perlu diubah. Mempertimbangkan semua itu, tampaknya 2019 akan membawa lebih banyak perubahan untuk desain website. Jadi apa tren desain website untuk tahun 2019?

Minimalis & Mengedepankan Performa

Tren pertama hasil dari pertumbuhan persaingan di hampir setiap industri diikuti oleh rentang perhatian pengguna Internet rata-rata yang semakin berkurang. Karena kedua faktor itu, akan lebih sulit untuk menarik para pengunjung dan membujuknya. Dan setiap rintangan kecil, seperti website yang lambat dan navigasi atau struktur yang sulit dipahami dapat membuat mereka menekan tombol X dalam sekejap mata. Untuk memastikan bahwa website berfungsi dengan baik (terutama pada perangkat seluler), hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa apakah hosting disiapkan untuk mengakomodasi pengunjung yang datang dari berbagai belahan dunia dan menggunakan perangkat yang berbeda. Itulah mengapa begitu banyak pemilik web beralih menggunakan hosting cloud, yang menyediakan skalabilitas dan kekuatan yang cukup. Selain itu, banyak desainer web akan memilih desain minimalis. Selain membantu mempercepat website, ia memiliki beberapa manfaat lainnya. Cara penyajian informasi inti yang jelas dan mudah dibaca disertai dengan grafik berkualitas tinggi di website meningkatkan peluang traffic yang tinggi.
leenheyne
Kredit: Leenheyne

Cara Baru untuk Scroll Halaman

Meskipun desain website itu sendiri akan menjadi lebih seimbang, perancang web akan menggunakan tempat lain untuk mencoba menarik perhatian pengunjung situs. Salah satunya yaitu cara baru untuk scroll halaman, dirancang untuk memberi pengalaman baru yang berbeda. Untuk mencapai hasil yang diinginkan, alih-alih menggulung halaman dengan lancar, situs web akan menggunakan efek slide-in, animasi, dan scroll paralaks. Yang disebut terakhir cukup populer beberapa tahun yang lalu, perkembangan teknologi baru-baru ini telah membuatnya lebih halus dan tidak boros sumber daya. Cara scroll yang tidak biasa ini juga memungkinkan menjaga perhatian pengguna agar terfokus pada bagian penting dari website.

Penggunaan Bentuk Natural dan Geometris

Untuk membuat website menonjol, perancang akan mengimplementasikan berbagai jenis bentuk. Beberapa dari mereka akan memilih bentuk geometris tradisional seperti segitiga, kotak dan garis lurus. Semua itu dirancang untuk menarik perhatian dan menekankan elemen yang paling penting di website. Sementara orang lain akan memilih bentuk alami, melengkung. Tombol bulat dan sudut gambar melengkung, serta elemen website lainnya, sudah cukup populer, tetapi pengembang akan membawa mereka selangkah lebih maju. Bentuk-bentuk tersebut akan digunakan di bagian atas website untuk menarik perhatian pengguna dan memaksa mereka untuk melihat bagian tertentu dari website.
musixmatch
Kredit: Musixmatch

Lebih Personalisasi

Konsumen sebanyak 44% mengakui bahwa mereka lebih mungkin mengulangi pembelian mereka jika pengalaman belanja dipersonalisasi. Sehingga tidak mengherankan bahwa semakin banyak bisnis yang mempersonalisasi website dan saluran penjualan mereka. Karena itu, saat ini makin populer metode personalisasi yang terkenal seperti menunjukkan produk yang terkait dengan orang-orang yang telah mereka jelajahi. Tanpa itu kamu tidak akan benar-benar bisa bersaing dengan toko online lainnya. Pada saat yang sama, mereka tidak seefektif dulu. Itulah sebabnya perlu upaya untuk meningkatkan teknik personalisasi ke tingkat yang baru. Yang berarti membuat strategi personalisasi yang efisien untuk seluruh website yang akan menyertakan sebanyak mungkin data tentang pengunjung. Kumpulkan informasi tentang audiens untuk menawarkan mereka diskon khusus berdasarkan tidak hanya pada sejarah pembelian mereka, tetapi juga pada kategori yang sering mereka kunjungi, dan bahkan cuaca dan musim saat ini.

Desain Grafis yang Unik

Tahun 2019 kualitas gadget sudah sangatlah tinggi, penggunaan gambar yang buruk akan mengurangi kredibilitas website serta memaksa pengunjung pergi ke website lain.  Untuk tetap kompetitif, kamu membutuhkan lebih dari sekadar grafik yang unik. Gambar yang kamu tambahkan ke website harus menyajikan produk dengan cara yang akan membuat pemirsa ingin segera membeli produk. Kecenderungan lain adalah untuk “memadukan” gambar dengan desain website, yang berarti tren foto produk dengan latar belakang putih akan memudar. Kabar baiknya adalah, selain membantu meningkatkan penjualan, gambar-gambar unik juga dapat menarik pengunjung tambahan ke website. Tentu saja, selama kamu mengoptimalkannya dengan benar. Perlu diingat bahwa pencarian gambar Google adalah mesin pencari paling populer kedua di dunia, jauh melebihi YouTube.
sepeda nua
Kredit: Nua Bikes

VR & Augmented Reality

Satu lagi tren yang sempat mengalami sedikit penurunan dan sekarang kembali meningkat adalah penggunaan VR dan AR. Saat ini semakin banyak pengguna yang mampu membeli perangkat yang diperlukan untuk menikmati pengalaman VR dan AR yang benar-benar masuk akal dan mudah dilihat bahkan dengan penggunaan smarphone. Para pengembang tampaknya akhirnya mengerti bahwa VR dan AR ini bukan tentang efek dan gimmick melainkan tentang kegunaan dan pengalaman pengguna. Secara alami, kedua teknologi ini masih sangat kurang digunakan, jadi sekarang ini adalah waktu terbaik untuk menerapkannya (dengan benar) di website! (DWK)
author
0 orang menyukai ini

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

0 Komentar