Penyebab Munculnya Tanda Seru di Ikon WiFi dan Cara Mengatasinya

Nimas Disri . August 03, 2020

Foto: WindowsHelper

Teknologi.id - Saat menggunakan WiFi di perangkat seluler atau laptop, muncul ikon yang menandakan apakah perangkat kamu tersambung dengan jaringan WiFi yang tersedia. Jika lancar, maka ikon ini akan muncul sendiri tanpa ada embel-embel karakter lain. Jika terhambat, akan ada tanda seru di samping ikon WiFi yang menandakan adanya masalah pada jaringan WiFi yang akan kamu gunakan. 

Baca Juga: 5 Update Seru dari Chrome untuk Penggunanya

Sebenarnya, apa makna dari tanda seru yang terdapat pada ikon WiFi ini? Berikut kami beberkan beberapa faktor terkait dengan kehadiran tanda seru di ikon WiFi dan cara mengatasinya. 

1. Jaringan yang Lambat

Penggunaan internet secara non-stop, apalagi saat WFH seperti sekarang ini bisa membuat internet menjadi lambat atau malah putus. Jika tanda seru sudah muncul, berarti internet tidak dapat digunakan. Untuk mengatasinya cukup mudah, kamu hanya perlu melakukan restart modem atau router jaringan. Saat internet kembali menyala, tanda seru itu kemungkinan besar akan hilang dan internet bisa kamu gunakan seperti semula. 

2. WiFi di Perangkat yang Kamu Gunakan Bermasalah

Jika setelah dilakukan restart, ikon WiFi tetap menunjukkan tanda seru, bisa jadi WiFi di perangkat yang kamu gunakan bermasalah. Untuk hal ini, kamu dapat melakukan restart pada perangkat yang digunakan. Setelah melakukan restart ulang pada perangkat tetapi masalah tidak selesai, kamu dapat menghubungi customer service jaringan yang bersangkutan untuk mengetahui masalah pada sistem. 

3. Butuh ID atau Password

Jika kamu menggunakan WiFi di tempat umum, biasanya dibutuhkan ID atau password untuk dapat tersambung ke jaringan internet. Hal ini dilakukan agar tidak sembarang orang bisa mengakses internet tanpa sepengetahuan pemilik jaringan. 

4. Butuh IP, Proxy, atau DNS Khusus

Ada beberapa WiFi yang sudah diatur secara khusus oleh tim IT institusi tertentu dengan menggunakan IP, Proxy, atau DNS khusus. Hal ini biasanya dimaksudkan agar tak sembarang orang bisa mengakses WiFi tersebut. Jika kamu menjadi bagian dari perkantoran, kampus, atau sekolah, biasanya IP, Proxy, dan DNS ini akan diberikan langsung oleh tim IT Support. Pastikan kamu mendapatkannya jika ingin mengakses WiFi dengan sistem seperti ini, ya. 

Baca Juga: Tips Memotret Produk dengan HP untuk Jualan Online

5. WiFi untuk Perangkat Tertentu

Saat kamu menemukan koneksi WiFi yang tidak memerlukan ID dan password untuk menyambungkan internet tetapi tetap tidak bisa tersambung, kemungkinan WiFi yang kamu gunakan adalah khusus untuk perangkat tertentu yang telah didaftarkan. Perangkat lain di luar yang sudah terdaftar, tidak dapat mengakses WiFi ini dan harus mencari jaringan lain untuk tersambung ke internet. 

Setelah mengetahui lima penyebab adanya tanda seru di ikon WiFi kamu, mungkin kamu bisa menelisik masalah dan mengatasinya dengan cara yang sesuai. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

(nd)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya

Berita Terpopuler