Pelaku Bisnis di RI Wajib Tau! Ini 5 Cara Tingkatkan Penjualan Selama Bulan Ramadan

Teknologi.id . March 08, 2023
Foto: WhatsApp


Teknologi.id - Mendekati bulan Ramadan, pengusaha mulai mencari cara untuk menjaga kelancaran bisnis dan tetap terhubung dengan pelanggan. WhatsApp menjadi sarana komunikasi personal yang aman dan dapat diandalkan, terutama karena sebagian besar konsumen di Indonesia lebih suka mengirim pesan melalui aplikasi ini daripada email. Berikut adalah 5 strategi WhatsApp yang dapat meningkatkan penjualan dan menjaga kelancaran bisnis.

Baca juga: Tingkatkan Produktivitas Bisnismu Dengan Barcode! Begini Cara Buatnya

5 Cara Tingkatkan Penjualan Selama Bulan Ramadan

1. Membangun pengalaman perpesanan yang menyenangkan bagi pelanggan

Bagi pelaku bisnis kecil di Indonesia, WhatsApp kini menjadi elemen penting dalam aktivitas sehari-hari mereka. Aplikasi ini dapat digunakan sebagai toko virtual untuk menampilkan produk, menjawab pertanyaan pelanggan, dan meningkatkan penjualan.

Oleh karena itu, sebagai pemilik bisnis, Anda harus selalu siap melayani pelanggan kapan pun mereka datang. Misalnya, Anda dapat memperbarui informasi jam kerja pada profil bisnis di WhatsApp Business agar pelanggan tahu bahwa Anda tetap buka selama Ramadan meskipun jam operasionalnya berbeda dari biasanya. Anda juga dapat mengirim pesan untuk memberi tahu pelanggan ketika Anda tidak dapat dihubungi atau ketika sedang shalat subuh atau maghrib.

2. Membuat pelanggan merasa lebih terhubung dengan bisnis/merek

Membuat pesan yang dipersonalisasi dapat membangun koneksi dan meningkatkan relevansi pesan yang disampaikan, dan menggunakan tombol seperti balasan cepat, list, dan call to action, serta pesan produk dengan keranjang dan pilihan produk, adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan oleh berbagai bisnis untuk meningkatkan interaktivitas dan kualitas keterlibatan pelanggan.

Jika bisnis Anda menawarkan produk, penawaran, atau promosi khusus selama Ramadan, pastikan untuk menonjolkan hal tersebut di katalog sehingga pelanggan dapat dengan mudah menemukan apa yang mereka butuhkan.

3. Menarik pelanggan baru

Bagi usaha kecil, menarik pelanggan baru sangatlah penting. Setelah berhasil memberikan pengalaman berharga bagi pelanggan, penting untuk mengarahkan lebih banyak orang untuk mengunjungi kanal WhatsApp Anda. Salah satu caranya adalah dengan menambahkan kode QR di etalase, situs web, kemasan produk, dan materi pemasaran untuk memudahkan orang untuk mengakses dan terhubung ke WhatsApp. Kode QR bisa didapat melalui menu Alat Bisnis → Pintasan di aplikasi WhatsApp Business. Selain itu, Anda juga dapat dengan mudah membagikan kode QR dengan orang lain melalui aplikasi.

4. Meningkatkan kunjungan dari media sosial

Banyak pelaku bisnis kecil dan menengah saat ini menggunakan Instagram dan Facebook. Dengan menggunakan Alat Bantu Bisnis, Anda dapat menambahkan tombol WhatsApp di akun Facebook atau Instagram sehingga ketika pelanggan mengklik tombol tersebut, mereka dapat langsung memulai percakapan di aplikasi WhatsApp Bisnis dengan mudah. Hal ini akan memudahkan pelanggan yang sedang mencari informasi tentang bisnis Anda di platform tersebut untuk langsung menghubungi Anda via WhatsApp, bertanya atau melakukan pemesanan. Untuk menemukan pelanggan baru, Anda juga dapat membuat iklan di Facebook dan Instagram yang langsung membuka percakapan WhatsApp ketika diklik. Ini adalah cara yang efektif dan ampuh untuk menarik pelanggan baru dan memudahkan mereka untuk berkomunikasi dengan bisnis Anda.

5. Pastikan bisnis tetap terorganisir dengan baik

Bulan Ramadan adalah waktu yang sangat menyibukkan bagi berbagai bisnis, terutama karena sebagian besar aktivitas perdagangan terkonsentrasi hanya dalam beberapa jam dalam sehari. Mengingat potensi arus percakapan dari pelanggan baru, sangat penting untuk menjaga bisnis dan percakapan Anda agar tetap terorganisir.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menggunakan Koleksi katalog untuk mengelompokkan dan mengatur produk Anda ke dalam kategori tertentu sehingga memudahkan pelanggan untuk menelusuri produk Anda. Untuk melacak percakapan, tandai percakapan tertentu dengan deskripsi yang dapat disesuaikan untuk melacak hal-hal seperti pembayaran yang tertunda, pelanggan baru, dll. (label hanya dapat dilihat oleh Anda, bukan oleh pelanggan).

Seiring dengan meningkatnya jumlah pelanggan dan volume percakapan, Anda dapat beralih dari aplikasi WhatsApp Business ke WhatsApp Business Platform yang lebih efektif untuk membantu Anda berinteraksi dengan konsumen dalam skala yang lebih luas.

Baca juga: Upaya Solway dalam Menuju Net Zero Emission

(dwk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar