Miracle Berry, Buah yang Mengubah Makanan Asam Menjadi Manis

Image result for Miracle Berry

Teknologi.id – Rasa asam dapat kita rasakan saat kita mengonsumsi makanan dengan tingkat keasaman tertentu. Seperti saat kita mengonsumsi lemon, atau bahkan makanan yang mangandung cuka. Namun tahukah kamu, ada sejenis berry yang mampu mengubah semua rasa makanan yang asam itu menjadi manis layaknya gula?

Miracle Berry / Buah Ajaib

Buah ini memiliki nama ilmiah Synsepalun dulcificumMiracle fruit tergolong tanaman perdu, dengan tinggi maksimal pohon hanya 1 meter dan ukurannya kecil. Berasal Afrika barat, buah ini memiliki sebutan agbayun, taami, asaa, atau ledidi. Orang barat menyebutnya Miracle Fruit atau Miracle Berry, yang artinya buah ajaib.

Tentu saja sebutan ajaib ini bukan tanpa alasan. Buah ini mampu mengubah persepsi rasa di lidah kita yang semula asam menjadi manis. Semua ini berkat kandungan protein bernama miraculin dalam buah  yang mampu menstimulasi rasa manis pada lidah.

Atau bisa disebut sebagai “mengelabui” lidah dengan rasa manis selama 1-2 jam. Sehingga makanan apapun yang kita makan, terutama bersifat asam akan terasa manis, setelah pengonsumsian buah ini. Dan tenang saja, zat gizi dalam makanan pun tidak akan berubah sama sekali meski rasanya berubah jadi manis.

Baca Juga: Stix Fresh, Stiker yang Membuat Buah Tahan Lama

Bentuk Fisik

Sepintas, bentuk dari buah miracle berry ini seperti buah jamblang yang masih setengah matang. Kecil lonjong dengan warna merah yang menyala. Jika dibelah, tekstur dari dagingnya mirip seperti buah anggur, namun dengan satu biji hijau besar di tengahnya.

Dari segi rasa, diawal kamu menggigit buah ajaib ini akan terasa sedikit asam. Namun ajaibnya, perlahan-lahan rasa asam tersebut akan berubah menjadi manis dan segar. 

Manfaat

Manfaat yang paling terkenal dari miracle berry ini adalah untuk menyukseskan diet gula pada orang umum. Ataupun penderita diabetes, karena ia bisa mensugesti rasa manis meski makanan yang dimakan terasa hambar atau asam. Buah ajaib ini sangat cocok bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan dengan mengurangi asupan gula.

Buah ini juga bisa menjadi alternatif bagi kamu yang tidak menyukai rasa dari buah dan sayuran tertentu. Bagi kamu yang tidak suka rasa pahit pada obat, tentu saja ini juga bisa menjadi solusi. Konsumsilah miracle berry terlebih dulu sebelum mengonsumsi makanan yang less sugarsugar free, ataupun rasa yang tidak kamu sukai.

Selain manfaat di atas, buah ini juga tinggi akan antioksidan. Sehingga mampu membantu menangkal radikal bebas yang jadi salah satu penyebab kanker. Bagaimana, apa kamu tertarik untuk mencoba buah yang unik dan ajaib ini?

Sumber: Resepkoki

(FM)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *