Mengapa Python Menjadi Bahasa Pemrograman Utama yang Termudah?

Kemala Putri . December 17, 2018
Mengapa Python Menjadi Bahasa Pemrograman Utama yang Termudah? Teknologi.id - Python adalah bahasa pemrograman utama yang paling mudah. Inilah yang semua orang katakan. Sebenarnya, Python adalah bahasa pemrograman yang paling direkomendasikan bagi pemula. Siswa yang benar-benar baru mengenal tentang pemrograman biasanya disarankan untuk memulai dengan Python.  Tapi kenapa begitu? Mengapa hanya Python dan bukan bahasa pemrograman lainnya? Apa yang dimiliki Python sehingga membuatnya dikatakan sebagai bahasa pemrograman yang mudah? Dalam artikel ini, ada beberapa alasan mengapa Python adalah bahasa pemrograman utama yang paling mudah.

1. Python mirip dengan bahasa komunikasi formal.

Sifat dari bahasa pemrograman menentukan apakah bahasa itu sulit atau tidak. Untuk pemrograman Python, ia memberi pengguna transisi yang mudah dari bahasa formal ke bahasa pemrograman. Ini dimungkinkan karena Python terlihat seperti bahasa Inggris sehari-hari. Tidak seperti bahasa pemrograman lainnya, Python tidak akan langsung mengenalkanmu ke sesuatu yang benar-benar baru. Kamu akan memiliki gagasan tentang apa yang diperlukan oleh bahasa pemrograman ini. Sementara otak manusia dirancang untuk mempelajari dan memproses bahasa baru, laju prosesnya dapat bervariasi. Beberapa bahasa dapat dipelajari lebih cepat daripada yang lain. Karena Python dicirikan sebagai bahasa yang mirip bahasa Inggris, peserta didik tidak mengalami kesulitan untuk memahaminya. Sebagian besar simbol yang digunakan mirip dengan yang digunakan dalam komunikasi normal. Ini mengartikan bahwa kamu akan dapat mengetik dan menjalankan bahasa ini jauh lebih cepat. Fitur ini juga menghilangkan segala bentuk ambiguitas dalam Python.

2. Python memiliki dokumentasi yang memadai.

Jika ada bahasa pemrograman yang benar-benar mencoba memanfaatkan kekuatan dokumentasi itu adalah Python. Baik pemula dan programmer Python berpengalaman tidak akan tidak akan kesusahan karena ada banyak referensi yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah apa pun. Yang dibutuhkan hanyalah klik python.org dan kamu akan menemukan beragam dokumentasi. Mereka mencakup semua informasi yang kamu butuhkan saat memprogram menggunakan Python. Untuk membuatnya lebih mudah, materi pembelajaran dan referensi di situs dikelompokkan berdasarkan kategori programmer yang berbeda. Ada bahan eksklusif untuk pemula, programmer Python moderat dan berpengalaman. Kamu hanya perlu menilai tingkat pengalamanmu dan memilih sumber daya yang kamu butuhkan. Terlepas dari dokumentasi, ada banyak tutorial pemrograman Python yang dapat kamu gunakan. Salah satunya adalah Tutor Python. Ada banyak tutorial kaya informasi lainnya yang dapat membantu pemula untuk mendapatkan jalur yang benar dengan pemrograman Python. Dokumentasi dan tutorial selalu ada sebagai rencana cadangan.

3. Python memiliki pustaka yang kaya

Dari definisi tradisional, perpustakaan adalah tempat yang kamu butuhkan untuk mendapatkan informasi kapan pun kamu mau. Dari perspektif komputasi, perpustakaan adalah kumpulan alat yang membantumu untuk melakukan fungsi-fungsi tertentu. Pada dasarnya, ini meningkatkan fungsionalitas bahasa pemrograman. Bagaimana perpustakaan membuat Python lebih mudah? Pada dasarnya, perpustakaan menghematkan kamu dari tugas menulis kode untuk fungsi tertentu. Sebagai gantinya, kamu hanya perlu mencari modul tertentu di dalam perpustakaan dan itu akan melakukan tugas untukmu. Misalnya, jika kamu ingin menambahkan beberapa gambar lucu ke aplikasi, kamu cukup menggunakan Python Imaging Library. Jika kamu tertarik dengan pemrograman game, pustaka Pyglet dan Pygame akan sangat membantu. Banyaknya modul dan pustaka menjelaskan mengapa lebih mudah menjalankan fungsi kompleks menggunakan Python. Beberapa tugas akan cukup rumit jika kamu memutuskan untuk mengkodekannya secara manual.

4. Python dilengkapi dengan lingkungan (enviroment) yang lengkap

Ini adalah fitur lain yang membuat Python menjadi salah satu bahasa pemrograman termudah. Bahasa ini tersedia dalam IDLE. Pada dasarnya, IDLE adalah lingkungan pengembangan terpadu (integrated development environment) untuk Python. Selain sebagai IDE, ia juga beroperasi sebagai shell. Ini berarti kamu dapat menulis dan menjalankan program Python dalam satu lingkungan yang sama. IDLE adalah salah satu hal yang membuat Python terlihat sederhana. Muncul dengan fitur luar biasa yang membuat proses pengkodean lebih mudah, salah satunya adalah fitur autocompletion. Kamu tidak perlu mengetikkan seluruh kode. IDLE juga memastikan kodemu agar segera berjalan.

5. Python mendukung metaprogramming

Sebagai bahasa pemrograman berorientasi objek, Python mendukung metaprogramming. Ini memerlukan pembuatan kelas khusus yang akan menentukan properti kelas lain dalam suatu program. Dengan kata lain, Metaclass akan bertindak sebagai cetak biru untuk kelas lain. Keuntungan utama metaprogramming dalam Python adalah membuat proses bekerja dengan kelas. Metaclass memungkinkan programmer untuk menyesuaikan properti beberapa kelas dengan hanya mengerjakan satu kelas. Kamu tidak perlu mengikuti setiap kelas individual. Sebagai seorang programmer, kamu akan memiliki kemampuan untuk mengubah seluruh kelas di waktu lampau. Itu membuat pemrograman berorientasi objek terasa lebih mudah dengan Python.

6. Python memungkinkan multi-assignments

Beberapa orang menyebutnya iterable unpacking atau tuple unpacking. Ini adalah fitur khusus yang memungkinkan programmer untuk menetapkan beberapa variabel secara bersamaan dalam satu baris kode. Ini adalah cara tercepat dan paling mudah untuk menangani beberapa variabel sekaligus.   Enam alasan di atas adalah alasan utama yang membuat Python menjadi bahasa pemrograman utama yang termudah. Programmer pemula bisa mempelajari Python dan mulai membuat aplikasi yang rumit. Di sisi lain, programmer berpengalaman mampu menangani proyek-proyek utama Python tanpa kerepotan. Semoga bermanfaat (DWK)
author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya