Mengapa Penting Mengaktifkan ‘Airplane Mode’ Dalam Penerbangan ?

Teknologi.id – Dunia penerbangan Indonesia kembali berduka, Senin 29 Oktober 2018 lalu pesawat Lion Air JT610 mengalami musibah jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat. Proses evakuasi terus dilakukan dan belum diketahui apa penyebab terjadinya kecelakaan memilukan tersebut.

Banyak sekali faktor-faktor yang dapat menyebabkan kecelakaan penerbangan. Gangguan navigasi dan komunikasi di pesawat dari sinyal telepon seluler adalah salah satunya.

Mengaktifkan mode pesawat atau airplane mode di telepon seluler dalam penerbangan merupakan hal yang krusial. Selalu ada suara dari speaker yang mengingatkan agar mematikan perangkat elektronik apapun atau mengubahnya dalam mode penerbangan.

Asumsi umumnya adalah penumpang harus menonaktfikan telepon seluler karena sinyal yang dipancarkan dapat menganggu instrumen navigasi dan bisa menimbulkan crash.

Lalu, apakah hanya dengan mengaktifkan mode pesawat, penerbangan akan aman? Jika dikaitkan, sebenarnya kecelakaan pesawat karena kelalaian penumpang mematikan ponsel atau mengaktifkan mode pesawat bukanlah faktor utama. Meski demikian, mengaktifkan mode pesawat pada gadget tetaplah hal yang krusial.

Lantas apa yang akan terjadi jika kita tidak mengaktifkan mode pesawat di gadget ketika sedang berada dalam pesawat ?

Mengganggu sistem navigasi

Jika tidak mengaktifkan mode pesawat selama penerbangan, dikhawatirkan pancaran sinyal telpon seluler dapat menggangu sistem kerja si burung besi. Telepon genggam, tablet, dan segala macam gadget lainnya yang memancarkan gelombang elektromagnetik memang menjadi faktor besar keselamatan penumpang.

Para pilot mengungkapkan bahwa sinyal ponsel tidak sepenuhnya berbahaya. Hanya saja bila jaringan ponsel tersebut masuk dalam radar pesawat, itu akan mengganggu komunikasi pilot. Mereka mengaku sangat terganggu dengan pencemaran ini.

Pancaran gelombang tersebut akan menimbulkan bunyi yang mengganggu komunikasi pilot melalui headphones dengan ground control yang mengatur lalu lintas udara. Bisa dibayangkan kan apa yang akan terjadi jika pilot susah berkomunikasi dan terganggu komunikasinya di udara?

Pilot mendengar bunyi buzzing

Jika ponsel dibiarkan dalam keadaan normal ditengah penerbangan, pilot dapat mendengar bunyi buzzing yang kurang lebih terdengar seperti, “bzzzzztt…..bzzztt……..bzzzzzttt” di dalam headphone-nya. Bunyi tersebut akan terdengar secara terus-menerus dan mengganggu.

Bunyi tersebut dapat mengganggu komunikasi pilot dengan air traffic control. Jika komunikasi dengan pengatur lalu lintas di udara tidak terlaksana dengan baik, akibatnya akan sangat fatal.

Oleh karena itu, mengaktifkan mode pesawat pada gadget sangatlah penting untuk dilakukan, karena mencegah lebih baik daripada mengobati bukan?

Artikel yang berhubungan : Kecelakaan Lion Air JT 610, Pengamat Sebut Tak Ada Pesawat Sempurna

(DWK)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *