Manfaat Teknologi Komunikasi dalam Pendidikan dan Kehidupan Sehari-hari

Teknologi.id –¬†Teknologi komunikasi berasal dari dua kata, yaitu teknologi dan komunikasi. Secara umum, kata teknologi dapat diartikan sebagai entitas ataupun dapat merujuk pada suatu kumpulan teknik-teknik. Tetapi dalam konteks ini, teknologi diartikan sebagai suatu kondisi pengetahuan manusia yang berkaitan dengan cara memadukan berbagai sumber untuk menghasilkan produk/jasa yang dikehendaki maupun untuk memenuhi kebutuhan. Sedangkan, komunikasi diartikan sebagai alat penghubung atau interaksi.

Teknologi komunikasi sendiri merupakan salah satu teknologi yang perkembangannya sangat pesat di indonesia. Hal ini karena banyaknya produsen-produsen smartphone yang bermunculan di Indonesia, baik yang berasal asli dari Indonesia ataupun dari luar negeri.

Selain itu, tidak bisa dipungkiri pula jika apa saja yang kita lakukan selama ini adalah menggunakan bantuan teknologi komunikasi. Hal ini menunjukkan begitu pentingnya teknologi komunikasi bagi kita. Apa sajakah manfaat teknologi komunikasi dalam kehidupan kita, berikut informasi selengkapnya.

Manfaat Teknologi Komunikasi Dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Mempermudah komunikasi

Manfaat teknologi komunikasi yang satu ini tentunya sering kita manfaatkan dalam kegiatan sehari-hari. Dengan adanya teknologi komunikasi, kita bisa bebas berkomunikasi satu sama lain. Jika dulu cara berkomunikasi hanya dengan menggunakan surat dan memakan waktu yang sangat lama sekali dalam pengirimannya, maka pada zaman modern ini kita cukup dengan menggunakan smartphone. Melalui smartphone, kamu bisa berkomunikasi dengan bebas bersama keluarga, teman, rekan bisnis, dan lainnya. Bahkan, sekarang ini sudah terdapat fitur yang canggih seperti video call. Dengan fitur ini, kamu bisa melihat apa saja  yang sedang dikerjakan oleh temanmu ketika sedang menelepon.

2. Memberikan informasi kepada publik

Manfaat teknologi komunikasi ini tentu sangat membantu sekali dalam kehidupan sehari-hari karena melaluinya kita bisa dengan mudah mengakses informasi dimana pun kita mau. Dengan smartphone-mu, kamu tidak usah repot-repot lagi membeli koran atau majalah demi mendapatkan informasi. Kamu cukup duduk manis di rumah saja sambil memainkan smartphone-mu. Kini sudah banyak sekali berita-berita yang dapat kamu peroleh hanyadari internet. Misalnya saja di laman Okezone, Kompas, dan masih banyak lagi koran online sejenisnya.

3. Mendidik masyarakat

Dengan manfaat teknologi komunikasi yang bisa dirasakan oleh masyarakat, secara tidak langsung ikut mendidik masyarakat karena terdapat banyak informasi di dalamnya. Misalnya, dengan membuka video-video tutorial di aplikasi Youtube dan lainnya. Selain itu, dengan teknologi-teknologi ini masyarakat juga akan terdidik untuk bisa menggunakannya, sehingga tidak canggung oleh hal yang terkesan baru.

4. Menghibur Masyarakat

Dengan adanya teknologi modern saat ini, masyarakat akan mendapatkan hiburan-hiburan mereka sendiri. Khususnya bagi yang bekerja di kantoran dan sibuk dengan kerjaan sehingga tidak memiliki waktu untuk mencari hiburan. Hal ini tentunya sangat membatu. Hanya dengan mengakses Youtube saja, kamu sudah bisa menikmati hiburan-hiburan melalui satu klik saja.

Manfaat Teknologi Komunikasi Dalam Dunia Pendidikan

Selain manfaat di atas, ada beberapa manfaat teknologi komunikasi yang juga berguna bagi dunia pendidikan. Berikut ini diantaranya.

1. Perpustakaan online

Perpustakaan online adalah perpustakaan yang terdapat di dunia maya. Dengan ini, kamu tidak usah repot-repot lagi untuk pergi ke perpustakaan yang mungkin jauh dari rumahmu. Kamu cukup mengaksesnya melalui smartphone. Bagi kamu yang berstatus sebagai mahasiswa, fitur ini mungkin salah satu yang kamu tunggu-tunggu. Karena dengan perpustakaan online ini, kamu bebas mencari buku yang kamu mau untuk mengerjakan skripsi ataupun makalahmu.

2. Diskusi online

Bagi kamu yang suka berfikir atau ingin mengeluarkan argumenmu, manfaat teknologi komunikasi yang ini tentunya sangat cocok sekali. Karena melalui diskusi online, kamu bisa dengan bebas sekali mengeluarkan unek-unekmu. Kamu dapat bertukar pengetahuan dan pendapat di sini. Kamu juga bisa bertemu dengan orang-orang yang lokasinya jauh darimu, misalnya saja dari luar daerah atau bahkan luar negeri. Tentunya informasi-informasi yang mereka bawa akan membuat pengetahuanmu menjadi semakin luas dan tajam.

3. Berbagai hasil penelitian

Dengan mengakses fitur yang disediakan dari manfaat teknologi komunikasi ini, kamu akan dimanjakan dengan hal-hal yang kamu belum ketahui sebelumnya. Kamu bisa melihat berbagai macam penelitian-penelitian yang ada di Indonesia bahkan di dunia. Dengan merujuk pada suatu penilitian yang valid, kita bisa menyimpulkan suatu permasalahan dengan pandangan yang lebih objektif.

Itulah tadi beberapa ulasan mengenai manfaat teknologi komunikasi yang perlu kamu ketahui. Dengan mengetahui manfaatnya, kita bisa lebih memaksimalkan lagi fungsi dari teknologi komunikasi. Tentunya, agar kita bisa menikmati manfaat-manfaat lain yang ditawarkan oleh teknologi komunikasi ini.

(DWK)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *