Inilah Karir UI/UX yang sedang Banyak Dicari oleh Perusahaan

Fabian Pratama Kusumah . February 15, 2021

Foto: Medium

Teknologi.id - UI/UX (User Interface/User Experience) banyak dicari oleh perusahaan saat ini. Terlebih banyak start-up yang bermunculan di akhir-akhir ini.

Disaat pandemi, kebutuhan digital semakin meningkat, sehingga pekerjaan di bidang tesebut juga meningkat, salah satunya bidang UI/UX (product design).

UI/UX ternyata mempunyai beberapa cabang posisi yaitu UI Design, UX Design, UX Research dan UX Writer. Berikut perbedaan keempat bidang tersebut.

1. UI Design

Foto: Alterspace

Baca juga: Canggih, Perangkat Ini Bisa Buat Tubuh Manusia Jadi Baterai

Dikutip dari Kumparan, User Interface Design atau yang bahasa Indonesianya disebut Desain Antarmuka Pengguna adalah desain antarmuka untuk mesin dan perangkat lunak, seperti komputer, peralatan rumah tangga, perangkat mobile, dan perangkat elektronik lainnya, dengan fokus pada memaksimalkan pengalaman pengguna.

UI Designer memiliki tugas menentukan tampilan aplikasi atau situs. UI Designer merupakan sebutan untuk orang yang mendesain interface untuk perangkat lunak komputer, ponsel pintar, dan lainnya.

Dikutip dari Quipper, UI Designer punya tanggung jawab untuk mendesain tampilan secara menarik baik dari sisi bentuk, warna, juga tulisan.

2. UX Design

Foto: net solutions

UX Design sulit untuk dipisahkan dengan UI Design, karena saling berkaitan. Bahkan kebanyakan perusahaan menggabungkannya menjadi UI/UX Design.

UX Design sendiri merupakan proses meningkatkan kepuasan pengguna (pengguna aplikasi, pengunjung website) dalam memaksimalkan kegunaan dan kepuasan yang diberikan dalam interaksi antara pengguna dan produk.

Singkatnya UX Designer bertugas untuk membuat aplikasi atau situs yang mudah digunakan oleh semua pengguna, terlihat keren, lancar, dan tidak rumit.

Memperkenalkan kelas premium teknologi.id untuk kalian yang ingin belajar FULL STACK DEVELOPER, FRONT END REACT, FLUTTER MOBILE DEVELOPMENT, BACK END PYTHON, dan DATA SCIENCE bersama tech expert dengan materi yang berkualitas serta up to date sesuai yang kalian butuhkan. Segera daftarkan dirimu untuk mendapatkan harga terbaik, jangan sampai ketinggalan!

teknologiid events

3. UX Research

Foto: nngroup

Baca juga: "Artificial Skin" Ini Bisa Buat Tentara Jadi Tak Terlihat

Bidang ini masih tergolong baru, namun sangat dibutuhkan. Apa itu UX Research? Dikutip dari Glints, UX Research adalah profesi yang memiliki tugas untuk melakukan riset suatu produk mulai dari perilaku dan kebutuhan pengguna.

Hasil dari riset tersebut kemudian dianalisis untuk dibuat desain yang cocok dengan target pengguna. Ada beberapa metode yang digunakan UX Research misalnya metode analisis, observasi, dan pemahaman.

4. UX Writer

Baca juga: 10 Drone Tempur Terkuat di Dunia Tahun 2020, AS Nomor Satu

UX Writer juga masih tergolong baru seperti UX Research. UX Writer adalah orang yang bertugas untuk menbuat tulisan di sebuah produk agar mudah dipahami.

Misalnya jika ada suatu gambar/simbol di dalam suatu produk maka keterangan atau penjelasannya dikerjakan oleh UX Writer.

UX Writer sedikit mirip dengan copywriter, bedanya UX Writer bertugas menulis kata untuk memudahkan pengguna di suatu produk sedangkan copywriter biasanya membuat kata-kata yang membuat orang tertarik membeli/memakai produk tersebut.

Semua bidang di atas, saling berhubungan sehingga tidak bisa bekerja sendiri-sendiri. Apakah kamu tertarik mengetahui lebih lanjut semua bidang tersebut?

Jika kamu tertarik, Teknologi.id mempunyai kelas premium yang menarik yaitu Journey become a Product Manager dengan pemateri yang expert di bidangnya yaitu Devi Eko Irianto yang saat ini bekerja sebagai Senior Product Manager di IDN Media.

Hanya dengan Rp100.000 per bulan sudah mendapatkan keuntungan di antaranya 2x sesi Zoom per bulan, akses full tanpa batas waktu, 4 sumber materi yang bisa di download tiap bulannya, bebas tanya jawab tanpa batas, serta tugas agar lebih mendalami bidang. Jika kamu tertarik untuk mendaftar, bisa klik disini.

(fpk)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler