Ingin Jadi Vlogger? Ini 5 Aplikasi Video Editor Terbaik Untukmu

Teknologi.id – Fenomena vlogging sekarang ini sudah semakin marak, Beberapa vlogger membuatnya untuk hiburan, sementara yang lain sebagai sumber pendapatan.

Kemudian, untuk membuat vlog yang sempurna, vlogger harus memiliki dua unsur penting, yakni kamera dan software pengedit untuk vlog. Mengedit video menjadi unsur penting agar video yang diambil menjadi menyatu dan semakin menarik.

Nah bagi kamu yang bingung mau mengedit video pakai aplikasi apa, berikut ini rekomendasi 5 video editor terbaik dan paling populer:

1. Filmora Video Editor

Filmora

Aplikasi ini tersedia di Windows dan Mac, yang dilengkapi dengan beberapa tool pengeditan inbuilt yang bagus. Sorotan utama dari aplikasi ini adalah kesederhanaannya,antarmuka intuitif yang sangat jelas, kompatibilitas dengan hampir semua sistem operasi computer dan kecepatan pemrosesan cepat.

Selain itu, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk secara bebas mengimpor klip favorit mereka dari sejumlah platform media sosial.Terdapat juga tool pengeditan teks tingkat lanjut seperti penyuntingan warna, font, dan animasi teks dan judul. Terakhir, aplikasi ini juga menyediakan versi uji coba gratis bagi pengguna.

2. iMovie

iMovie

iMovie merupakan salah satu alat pengeditan video yang paling populer bagi vlogger yang menggunakan produk Apple. Dalam aplikasi ini, pengguna dapat melakukan beberapa fungsi pengeditan.

Fungsi pengeditan yang paling sering digunakan adalah menambahkan teks ke video atau suara, menambahkan animasi dan gambar dalam gambar.Overlay dari perangkat lunak ini cukup sederhana, sehingga ramah untuk setiap vlogger pemula.

Fitur utamanya termasuk mengubah kecepatan bagian tertentu dari video, memotong dan memangkas video.Namun, ada banyak animasi yang telah disetel untuk video.

Pengguna juga dapat dengan cepat membuat film seperti trailer dalam perangkat lunak. Bagian terbaiknya adalah pengguna tidak harus melalui prosedur yang panjang untuk melakukannya. Cukup pilih animasi atau teks dan booming itu akan ditambahkan ke video.

Sayangnya, karena iMovie dirilis oleh Apple, maka ini hanya akan bekerja dengan Mac OS X. Selain itu, aplikasi ini tidak dapat diaplikasikan untuk pengeditan tingkat profesional karena hanya menyediakan pengeditan tingkat permukaan yang sederhana. Aplikasi dibanderol sekitar USD14,99 di App Store.

3. Windows Movie Maker

Windows Movie Maker sudah hadir sejak Windows XP. Kabar baiknya adalah bahwa Microsoft telah mengalami pembaruan pada 2012 dan memasukkannya dalam Windows Essentials.

Sayangnya, seperti iMovie itu hanya menyediakan fitur pengeditan dasar seperti pemangkasan video dari titik awal ke titik akhir. Kemudian ada juga perubahan kecepatan, yakni dari gerakan paling lambat (0,125x) ke gerakan tercepat (64X).

Pengguna juga dapat memilih dari berbagai efek visual yang sudah ada di Video.Fitur terbaik di Windows Movie Maker adalah pengguna dapat dengan cepat merekam video langsung dari Web Cam atau suara menggunakan fitur narasi di dalamnya. Aplikasi ini tidak menyedot biaya apapun atau gratis.

4. Pinnacle Studio

Pinnacle Studio

Pinnacle Studio adalah alat pengeditan video vlog tingkat profesional yang tersedia untuk Windows. Fitur terbaik dan istimewa dari perangkat lunak ini adalah mendukung pengeditan untuk video 4K sehingga sangat berguna untuk vlogger kelas atas.

Ada banyak sekali efek yang sudah tertanam dalam perangkat lunak dan versi Ultimate juga.Aplikasi ini memiliki dukungan untuk menghilangkan gangguan yang tidak diinginkan dan meningkatkan kualitas audio.

Selain itu, tidak seperti kebanyakan perangkat lunak pengeditan video, Pinnacle Studio memiliki dukungan untuk membuat video 3D.Aplikasi dibanderol dengan harga USD129,95.

5. Final Cut Pro 

Jika kamu membuat video musik berkualitas tinggi atau film pendek, kamu harus mencoba aplikasi ini.

Final Cut Pro adalah aplikasi milik Apple untuk mengedit video berkualitas tinggi di Mac. Ini secara otomatis mendukung berbagai format seperti MOV, Mp4, AVI, AVCHD, H.264 yang digunakan oleh Camcorder dan kamera profesional.

Sayangnya, aplikasi ini tidak akan berfungsi pada Macbook atau iMac. Namun, pengguna harus memiliki Mac profesional untuk mengedit video dengan menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi ini didukung dengan aplikasi pintar, seperti koleksi Smart yang akan secara otomatis mengatur pustaka video. Kemudian, ada banyak sekali efek dan animasi yang sudah tertanam dalam perangkat lunak.Jadi, kamu dapat memanfaatkannya tanpa membuat efek atau judul baru.

Final Cut Pro adalah perangkat lunak yang cukup kompleks, sehingga dianjurkan untuk mempelajari tutorial lengkap sebelum menggunakannya. Aplikasi ini dibanderol dengan harga USD299,99.

Nah untuk memilih aplikasi video yang sesuai, ada beberapa tips yang bisa kamu pertimbangkan.

Jadi, sebelum kamu melakukan pengeditan, pastikan jenis vlog yang akan kamu buat? Contohnya, jika vlog mu pada dasarnya terfokus pada perjalanan, maka kamu tidak perlu aplikasi untuk menambahkan beberapa animasi.

Di sisi lain, jika vlog mu difokuskan pada industri berita atau hiburan, kamu akan memerlukan aplikasi pengedit video yang memiliki fitur lengkap untuk menambahkan beberapa animasi.

Selamat mencoba.

(DWK)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *