Begini Cara Hemat Kuota saat Membuka Instagram. Milenial Wajib Tahu!

Teknologi.id – Sebagian dari kamu pasti tak jarang pernah mengeluh tentang masalah kuota internet yang tiba-tiba terkuras habis setelah bermain Instagram. Terutama bagi kamu para milenial yang seringkali tanpa sadar membuka aplikasi ini untuk sekedar mengisi waktu luang.

Seperti misalnya, menonton video lucu, mencari postingan meme, atau hanya untuk scrolling berbagai postingan acak di timeline-mu. Dengan melihat konten-konten yang tersedia seperti foto, video, dan insta-story, maka kuota internetmu dengan mudahnya akan berkurang tanpa kamu sadari.

Lihat jugaSering Pakai Wifi Gratis? Perhatikan 5 Hal Penting Ini!

Meskipun kamu dapat mengakalinya dengan menggunakan fasilitas WiFi di rumah atau di kantor, hal ini tentu bukan menjadi jawaban ketika kamu membuka Instagram saat sedang di perjalanan. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk mengetahui bagaimana cara hemat kuota saat membuka Instagram agar kamu tidak perlu menghabiskan uangmu hanya untuk memenuhi kebutuhan paket internet saja.

Untungnya, hal ini sudah dimengerti oleh Instagram dengan memunculkan fitur yang dapat kamu atur melalui akunmu. Berikut ini cara hemat kuota saat membuka Instagram yang wajib kamu tahu.

  1. Pertama-tama, buka aplikasi Instagram di smartphone-mu. Selanjutnya, sentuh ikon siluet orang yang berada di pojok kanan bawah yang kemudian akan membawamu menuju halaman profile.
  2. Lalu, buka menu Settings atau pengaturan. Bagi pengguna android, kamu bisa mengklik ikon titik tiga garis vertikal ⋮ yang terdapat di pojok kanan atas halaman profilmu. Sementara itu bagi pengguna iPhone, yakni dengan menyentuh ikon Gear.
  3. Setelah berada di halaman Settings, scroll layar ke bawah hingga kamu menemukan pilihan “Celullar Data Use”.
  4. Nah, untuk mulai mengaktifkan mode hemat data, kemudian pilihlah “Use Less Data”.

Agar lebih mudah, kamu bisa melihat petunjuknya pada gambar di bawah ini.

Cara hemat kuota di Instagram. Credit: yatekno.com

Dampak Hemat Kuota saat Membuka Instagram

Meskipun penggunaan kuota internet menjadi lebih hemat, setelah kamu mengaktifkan fitur tersebut, dampaknya berpengaruh pada proses loading foto dan video yang akan lebih melambat. Hal ini mungkin cukup mengganggu bagi kamu yang terbiasa dengan pengalaman internet yang mulus.

Selain itu, fitur ini juga hanya dapat bekerja di saat smartphone-mu tidak terhubung langsung dengan jaringan WiFi. Selamat mencoba!

(ERS)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *