Esports Bantu Menambah Potensi Karier di Indonesia

Muhammad Iqbal Mawardi . April 01, 2021

Foto: Unsplash

Teknologi.id – Industri kreatif yang terus berkembang di Indonesia tak bisa dilepaskan dari peranan anak muda. Terdapat banyak sektor yang tercipta di luar bidang yang sudah ada, salah satunya adalah Esports. Industri ini semakin banyak menarik perhatian masyarakat terutama anak muda. Tak hanya di komputer dan konsol saja, keberadaan game di smartphone semakin memperluas keberadaannya di Indonesia.

Terbukti dari laporan Yougov sepanjang 2020, Indonesia memiliki tingkat kesadaran masyarakat akan Esports yang cukup tinggi. Sekitar 57% gamer di Indonesia tahu tentang keberadaan Esports. Sedangkan negara lain seperti Thailand justru tingkat kesadarannya dibawah Indonesia yakni 54%. Selain itu dengan tingkat engagement fans di Indonesia yang cukup tinggi yakni mencapai 40% membuat industri ini tak bisa dipandang remeh.

Tidak hanya sebatas untuk hiburan saja, Esports rupanya dapat mendatangkan peluang baru bagi industri kreatif digital Indonesia. Meski banyak keuntungan yang diperoleh, tak sedikit stigma negatif masyarakat mengenai industri ini. Banyak orang tua yang masih bertanya mengenai prospek gamers dan seberapa membawa untungkah bagi keluarganya itu sendiri.

Tak Hanya Bicara Soal Tim Esports

Foto: Tentik

Selain ekosistem yang mendukung, struktural dari tim juga harus mempunyai manajemen yang solid. Menurut Dennis Adishwara dari Tim GBH esports, untuk menjaga industri ini tetap maju harus memperhatikan sisi lain dari game itu sendiri yaitu dari segi pengelolaan bisnis.

Baca juga: 10 Esports di Sea Games 2021 Selain PUBG dan Free Fire

Dennis memaparkan bahwa setiap pemain harus bisa membagi peran dalam bermain dan mengurus administrasi tim yang dimiliki. Dalam menjalankan sebuah tim adalah sebuah kombinasi antara mengatur sebuah bisnis dan tim olahraga

Dengan semakin berkembangnya dunia digital, maka butuh banyak konten video untuk mempromosikan tim mereka. Sehingga makin banyak orang yang tertarik mendalami profesi ini lebih lanjut.

“Satu hari tidak membuat konten, itu sama artinya kalian mempersilahkan calon penonton kamu untuk diambil perhatiannya oleh saingan-saingan baru lainnya. Karena tim esports baru lahir setiap harinya di Indonesia,” ucapnya.

Ini membuktikan bahwa dunia Esports dapat ambil bagian dalam mengembangkan serta memperbanyak potensi karir yang ada di Indonesia. Tak hanya melulu soal bermain, bisnis Esports rupanya dapat berbicara banyak dengan melahirkan berbagai jenis pekerjaan baru.

Gimana, tertarik dengan dunia Esports? Saat ini hadir kelas premium bertemakan “Esports Business Class” dimana kelas premium ini akan diisi oleh Irliansyah Wijanarko, Co Founder & CGO dari REVIVAL TV dan Marsa Abimantra, Business Development dari REVIVAL TV.

Hanya dengan Rp.1500.000 perbulan saja kamu sudah bisa mendapatkan berbagai keuntungan, diantaranya:

2 kali sesi Zoom perbulan

Bebas akses materi

Bebas akses dalam QnA

4 sumber bacaan yang bisa di download perbulan

Assignments

Menarik bukan? Jika kamu memang ingin berkecimpung di dunia bisnis Esports, langsung daftarkan diri kamu disini ya.

(MIM)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler