Cara 'Mengusir' Orang yang Numpang WiFi Kita

Annisa Fadillah . December 08, 2020

Foto : SecurEdge

Teknologi.id - Setelah Anda memberikan kata sandi WiFi kepada seseorang, maka mereka akan memiliki akses tak terbatas ke WiFi Anda. Parahnya lagi, mereka dapat bergabung dengan jaringan Anda di semua perangkat mereka.

Pasti Anda merasa kesal jika orang tersebut terus-terusan 'menyedot' kuota internet Anda, terlebih jika kecepatan internet Anda sampai lemot. Namun, jangan khawatir, berikut adalah cara 'mengusir' orang yang numpang WiFi kita dengan mudah :

Baca Juga : Cara Mengetahui WiFi Kita Dipakai Orang Asing

1. Ubah Kata Sandi WiFi Anda

Metode termudah dan teraman hanyalah mengubah sandi jaringan WiFi di router Anda. Hal ini akan secara paksa memutuskan semua perangkat dari jaringan tersebut termasuk perangkat milik Anda sendiri. Anda harus menyambungkan kembali ke jaringan WiFi dengan memasukkan sandi baru di semua perangkat Anda. Siapa pun yang tidak memiliki sandi baru itu, tidak akan dapat terhubung.

Untuk melakukannya, Anda perlu mengakses setelan konfigurasi router. Ini semua mengasumsikan Anda telah menyetel pembaruan sandi. Pastikan juga Anda mengaktifkan enkripsi aman (WPA2) dan memilih kombinasi sandi yang kuat. Jika Anda menghendaki jaringan WiFi terbuka, siapa pun dapat tersambung.

2. Gunakan Filter Alamat MAC di Router Anda

Beberapa router dilengkapi dengan fitur kontrol akses yang dapat mengatur perangkat mana yang diizinkan untuk terhubung. Setiap perangkat nirkabel memiliki alamat MAC yang unik. Beberapa router memungkinkan Anda membuat daftar hitam (memblokir) perangkat dengan alamat MAC tertentu agar tidak terhubung. Terdapat juga daftar putih perangkat yang berisi perangkat mana yang disetujui untuk terkoneksi.

Kelemahan dari cara ke-2 ini ialah tidak semua router memiliki opsi ini. Meskipun Anda dapat menggunakannya, itu juga tidak sepenuhnya aman. Seseorang yang memiliki sandi WiFi Anda dapat mengubah alamat MAC perangkat mereka agar cocok dengan yang disetujui dan menggantikannya di jaringan WiFi Anda.

Memperkenalkan kelas premium teknologi.id untuk kalian yang ingin belajar UI UX DESIGNER, PRODUCT RESEARCH, ESPORT BUSINESS CLASS, DIGITAL MARKETING, dan SALES & MARKETING PROFESSIONAL bersama mentor-mentor berpengalaman dengan materi yang berkualitas serta up to date sesuai yang kalian butuhkan. Segera daftarkan dirimu untuk mendapatkan harga terbaik, jangan sampai ketinggalan!

teknologiid events

3. Gunakan Guess Network

Banyak router menawarkan fitur Guess Network atau "akses tamu" di pengaturannya. Akses tamu ini memfasilitasi kata sandi yang sepenuhnya terpisah dengan akses utama. Jika Anda perlu mengubahnya, Anda dapat mengubah kata sandi jaringan tamu tanpa mengubah kata sandi jaringan utama Anda dan mematikan perangkat Anda sendiri.

Guess Network seringkali juga dapat "diisolasi" dari jaringan utama Anda. Perangkat tamu Anda tidak akan memiliki akses ke berbagi file di komputer Anda atau sumber daya lain yang terhubung ke jaringan jika Anda mengaktifkan "isolasi" atau menonaktifkan "izinkan tamu mengakses ke sumber daya jaringan lokal".

Baca Juga : Cara Mengatasi Tidak Bisa Internetan Padahal WiFi Terhubung

(af)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler