Cara Mengatasi Memori Internal HP yang Cepat Penuh

Teknologi.id . October 19, 2020


Editor's Pick: 6 Ways on How To Save Space on Your Smartphone - PC Tech  Magazine - Uganda Technology News, Analysis, Software and Product Reviews  from Africa's Oldest ICT Magazine

Foto: PC Tech Magazine


Teknologi.id - Salah satu permasalahan yang sering dialami para pengguna smartphone alias HP, khususnya Android, tidak lain tidak bukan adalah memori internal yang cepat penuh.

Memori internal di HP biasanya digunakan sebagai lokasi penyimpanan data seperti aplikasi, game, foto, video, lagu hingga cache atau sampah yang kadang cukup memakan porsi memori internal yang cukup banyak.

Yang menjengkelkan, ketika memori internal di HP penuh oleh data-data dan juga sampah, secara signifikan akan mempengaruhi kinerja dan kemampuan perangkat yang kita gunakan. Alih-alih berfungsi super kencang dan cepat, berbagai fungsi pada HP akan terasa berat dan lemot saat dijalankan. Menyebalkan bukan?

Nah, bagi kalian yang sering mengalami permasalahan tersebut, berikut ini Teknologi.id rangkum beberapa cara mengatasi memori internal HP yang cepat penuh, simak sampai selesai ya!

Baca juga: Cara Agar WhatsApp Centang Satu Walaupun Kita Online

Cara Mengatasi Memori Internal HP yang Cepat Penuh

1. Rutin bersihkan cache

Cache adalah penyimpanan data sementara yang berfungsi mempercepat kinerja sistem Android yang berasal dari penggunaan aplikasi.

Jadi ketika suatu aplikasi dibuka, maka nanti aplikasi tersebut akan menyimpan data-data tertentu yang disebut dengan cache. Cache perlu dihapus secara rutin, sebab tiap aplikasi selalu memunculkan file cache yang bisa memiliki cache hingga ratusan MB.

Aturlah jadwal untuk membersihkan file-file jahat tersebut, dan jangan sampai lupa. Untuk cara penghapusan cache bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini:

- Masuk ke menu Settings dan buka App Manager atau App Management. Kemudian pilih salah satu aplikasi yang ingin kalian hapus cache-nya.

Cara Membersihkan Memori Hp Yang Penuh 19b16

- Kemudian setelah kalian memilih aplikasi tersebut, pilih Clear cache untuk menghapus cache yang dibawa oleh aplikasi tersebut. Jika dirasa kurang, kalian bisa memilih beberapa aplikasi lain dan kemudian menghapus cache-nya.

How to Clear or Wipe the App Cache and System Cache on your Android  Smartphone or Tablet

2. Jangan Instal Sembarang Aplikasi

Brave Privacy Browser to Microsoft edge; 5 Useful apps for android users |  एंड्रॉइड यूजर हैं तो आपके लिए काम के साबित होंगे ये ऐप्स - Dainik Bhaskar
Foto: Dainik Bhaskar

Salah satu kelebihan saat memakai smartphone Android adalah kita bisa leluasa me-install aplikasi apapun. Nah, justru kelebihan itulah yang menjadi bumerang sehingga bisa membuat memori HP penuh. Kalian akan sering mendapat notifikasi bahwa memori internal HP penuh padahal kalian tidak menyimpan file apapun, itu karena memori internal banyak terpakai untuk aplikasi tersebut.

Jangan pernah menginstal aplikasi Android yang menurutmu tidak begitu penting karena ketika kalian menghapus aplikasi tersebut, maka aplikasi tersebut juga akan meninggalkan sampah yang tidak akan kalian sadari.

3. Pindahkan aplikasi ke memori eksternal

Untuk memperluas penyimpanan, biasanya kalian bisa menggunakan kartu microSD. Ada beberapa aplikasi berat yang bisa kalian pindahkan dari memori internal ke microSD untuk mengatasi memori HP penuh.

Jika kalian ingin memindahkan aplikasi ke memori eksternal atau kartu microSD, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

- Buka menu Settings di HP dan klik App Manager atau App Management untuk memulai cara mengatasi memori HP yang penuh.

Cara Membersihkan Memori Hp Yang Penuh 19b16

- Setelah itu, pilih daftar aplikasi lalu pilih aplikasi yang ingin kalian pindahkan. Klik tombol Move to SD Card atau ganti penyimpanan yang digunakan ke SD Card.

Kenapa Memori Hp Penuh Padahal Aplikasi Sedikit 88274

4. Pindahkan file ke memori eksternal

Setting up adoptable storage on the HTC One A9 | Android Central
Foto: Android Central

Selain memindahkan aplikasi ke memori eksternal, kalian juga bisa memindahkan penyimpanan file-file dan data pribadi ke memori eksternal, misalnya seperti file foto dan video. File foto dan video merupakan file yang paling banyak memakan memori. Untuk itu, selalu gunakan memori eksternal untuk menyimpan hasil jepretan kalian. Hal ini untuk meminimalisir penggunaan memori internal.

Juga sebaiknya melakukan transfer data smartphone pada komputer/laptop setiap sebulan sekali. Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sekaligus menyaring data yang penting atau tidak penting sehingga bisa dihapus.

Baca juga: 10 Rekomendasi Smartphone Android dan iPhone Terbaik 2020

5. Uninstall aplikasi bawaan

Cara Temukan Aplikasi Tersembunyi di HP Android - Teknologi.id

Biasanya smartphone dilengkapi dengan berbagai aplikasi bawaan pabrik atau biasa disebut bloatware. Kalian mungkin tidak memerlukan beberapa aplikasi tersebut. Sebaiknya dihapus saja, agar mengosongkan kapasitas memori internal HP kalian. Gunakan aplikasi yang memang dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari.

Bagaimana cara menghapusnya? Simak artikel berikut ini: Cara Hapus Aplikasi Bawaan Android (Bloatware)

6. Matikan update otomatis

Untuk kamu yang sering install aplikasi dari Google Play Store, agar tak memakan banyak memori internal kalian perlu mematikan fitur update otomatis. Sehingga, kalian bisa memilih kapan kalian akan meng-update aplikasi untuk menjaga memori internal tidak penuh.

Untuk langkah-langkahnya bisa kalian ikuti di bawah ini:

- Buka aplikasi Google Play Store dan klik tiga garis di kiri atas untuk menuju menu Setting atau pengaturan.

Memori Hp Penuh Tapi Tidak Ada File D4eaa

- Setelah itu, klik Auto-update apps dan pilih Don't auto update. Dengan ini akan menghentikan fitur update otomatis semua aplikasi yang ada di HP kalian

Yang Membuat Memori Hp Penuh 6bdfb

7. Gunakan aplikasi Cleaner

Cara Menggunakan CCleaner Untuk Membersihkan Sampah dan Cache di Android -  HiPoin.com

Kalian bisa menginstall aplikasi Cleaner untuk mengoptimasi HP kalian, baik itu dari segi performa maupun penggunaan data.

Biasanya aplikasi pembersih ini digunakan untuk menghapus cache secara otomatis. Meski beberapa HP terbaru kini sudah dilengkapi dengan fitur bawaan. Jika HP kalian belum dilengkapi dengan fitur tersebut, kalian bisa install aplikasi seperti CCleaner.

8. Matikan auto-download media WhatsApp

How to Stop WhatsApp Saving Photos - Tech Advisor
Foto: Tech Advisor

Setiap berkirim pesan menggunakan WhatsApp, pastinya tidak hanya pesan teks saja yang dikirimkan, bisa juga berupa media foto atau video.

Nah, jika fitur auto-download tidak di-non aktifkan, maka segala foto atau video yang dikirimkan rekan kita akan langsung masuk ke memori internal. Supaya tidak menjadi beban, matikan fitur tersebut.

Memang, agak merepotkan karena kalian akan men-download satu persatu foto dan video yang masuk, tapi setidaknya kalian bisa memilah mana konten yang penting dan tidak.

9. Gunakan cloud storage

Best Cloud Storage 2020: Reviews & Buying Advice - Tech Advisor
Foto: Tech Advisor

Menggunakan cloud storage tentunya bakal menguras kuota internet kalian lebih besar dari biasanya. Namun, cloud storage terbukti sangat ampuh mengurangi beban di HP kalian. Selain itu, file kalian pun bisa diakses kapan saja, bahkan lewat komputer!

(dwk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler