Cara Memunculkan Tombol Chat WhatsApp di Profil Instagram

Teknologi.id . December 21, 2020

Foto: Facebook

Teknologi.id - Instagram baru-baru ini telah merilis fitur baru yang memudahkan para pengguna untuk saling berkomunikasi lintas platform. Fitur baru tersebut adalah tombol chat WhatsApp yang ditampilkan di profil pengguna.

Dengan adanya fitur ini, tentunya akan sangat memudahkan pengguna, terutama para pemilik akun Instagram Bisnis dan online shop, untuk bisa berkomunikasi dengan pelanggan tanpa harus ribet membuat link WhatsApp dari pihak ketiga.

Pelanggan yang akan bertanya atau memesan suatu produk, bisa langsung menekan tombol "WhatsApp" di profil pemilik bisnis, yang berada sejajar dengan tombol "Ikuti" dan "Kirim Pesan". Setelah itu, pelanggan akan langsung diarahkan ke aplikasi WhatsApp untuk selanjutnya bisa berkirim pesan dengan pemilik bisnis dengan mudah.

Rupanya, pengguna Instagram di Indonesia cukup beruntung, karena menjadi negara pertama di Asia Pasifik yang mendapatkan fitur ini. Nah, bagi kalian yang penasaran dan tak ingin ketinggalan untuk menjajal fitur tombol WhatsApp ini, berikut Teknologi.id rangkum langkah-langkah cara memunculkan tombol chat WhatsApp di profil Instagram.

Baca juga: Mulai 2021, Ponsel-ponsel Ini Tak Lagi Bisa Pakai WhatsApp

Cara Memunculkan Tombol Chat WhatsApp di Profil Instagram

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah untuk menambahkan tombol WhatsApp di halaman profil, pengguna Instagram harus mengubahnya menjadi akun bisnis. Bagi yang belum tahu berikut caranya.

  • Pertama, masuk pada halaman profil, kemudian klik "Setting" di pojok kanan atas profilmu. Lalu klik "Account."
  • Selanjutnya, ubah akunmu menjadi Instagram bisnis dengan klik pilihan "Switch to business account." Klik "continue," lalu pilih jenis bisnis yang kamu jalankan.
  • Setelah itu klik "Next," lalu kamu akan diminta untuk melakukan konfirmasi apakah alamat email dan nomor telepon yang dicantumkan sudah sesuai atau belum.
  • Kamu akan diminta untuk menyambungkan profil Instagram bisnis ke laman Facebook. Jika tidak ada, bisa juga klik pilihan "Don’t connect to Facebook."
  • Sekarang, akun Instagram bisnismu sudah selesai.

Baca juga: Cara Mengosongkan Storage WhatsApp, Anti 'Nyampah'

Setelah mengubah akun biasa menjadi akun Instagram Bisnis, bisa langsung mengikuti langkah ini untuk menambahkan tombol WhatsApp di halaman profil.

  • Kunjungi halaman akun Instagram bisnis, lalu pilih "Edit Profil."
  • Pilih opsi "Kontak," lalu tambahkan nomor WhatsApp kamu.
  • Masukkan kode autentikasi yang kamu terima, lalu akun Instagram bisnis akan terhubung secara otomatis dengan akun WhatsApp.
  • Selesai, tombol chat WhatsApp akan langsung muncul di profil Instagram kalian

Membatalkan tautan akun Instagram dengan WhatsApp

Nah, bagi pengguna yang ingin membatalkan tautan akun Instagram dengan aplikasi WhatsApp, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka Fitur Bisnis dan pilih "Settings."
  • Ketuk akun tertaut.
  • Pilih Instagram dan ketuk Batalkan Tautan.

(dwk)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler