Cara Membuat Website dari Nol, Gampang Banget!

Teknologi.id . August 27, 2020
Foto: Kit Harrington


Teknologi.id - Banyak orang yang membuat blog/website hanya untuk iseng-iseng atau sekedar mengisi waktu luang belaka. Padahal di balik semua itu, tersembunyi potensi besar yang jika mampu dimaksimalkan bisa menghasilkan keuntungan dan manfaat yang tak terhingga.

Seperti Teknologi.id misalnya, sebagai media multi-platform yang berfokus pada perkembangan teknologi Indonesia dan global, tentunya selain bermanfaat bagi para warganet yang haus akan informasi teknologi terkini, produk-produk digital dan teknologi buatan lokal pun bisa terdongkrak eksistensinya di mata global.

Ekosistem semacam itu tentunya akan memberikan keuntungan dua arah, selain untuk warganet yang haus informasi dan produsen produk digital, Teknologi.id sebagai media yang sedang berkembang pun akan semakin bertumbuh dan membesar hingga nantinya bisa menjadi pionir media informasi di bidang teknologi.

Namun, semua pencapaian tersebut tentunya membutuhkan proses dari titik nol, dimana kita memutuskan untuk mulai membuat blog/website.

Nah, bagi kalian yang merasa tertarik untuk membuat blog/website, ada beberapa hal mendasar yang perlu kalian perhatikan dan lakukan, apa saja?

1. Tentukan Tujuan Pembuatan Website


Foto: Road Warrior Creative


Silakan tentukan tujuan pembuatan blog/website-mu terlebih dahulu. Tujuan ini nantinya berpengaruh besar terhadap cara membuat website yang sesuai dengan keinginan kamu.

Biasanya, ada beberapa tujuan yang bisa kamu tentukan sesuai dengan ketertarikan atau passion-mu. Contohnya, membuat website untuk blog pribadi (portfolio), website bisnis, website toko online, website media, website kursus online, dan masih banyak lainnya.

2: Tentukan Platform (CMS)

Platform atau lebih tepatnya disebut CMS (Content Management System) memungkinkan kalian bisa membuat dan merubah konten website tanpa harus mengerti bahasa pemrograman.

Kalian tidak perlu memikirkan programming atau coding yang susah dan rumit untuk membuat website, karena CMS akan memudahkan pengelolaan website menjadi jauh lebih mudah.

Salah satu platform atau CMS yang paling populer digunakan oleh para pembuat blog/website adalah Wordpress.


Foto: w3techs.com


Selain karena kemudahan dalam penggunaannya, komunitas pengguna Wordpress yang sangat besar juga menjadi poin plus bagi platform populer ini.

3. Register Hosting dan Nama Domain

Langkah selanjutnya dalam membuat website, adalah memilih hosting terbaik dan mendaftarkan nama domain. Domain adalah alamat dari tempat file website tersebut, sedangkan Hosting adalah tempat menyimpan file website.

Hosting terbaik harus memiliki poin-poin utama berikut, yaitu: keamanan yang kuat, kecepatan load yang tinggi, dapat diandalkan 24/7, dan tentunya harga yang tidak menguras dompet.

Berdasarkan poin-poin tersebut, rekomendasi kami jatuh kepada MasterWeb, yang menawarkan kemudahan membangun website dengan biaya rendah mulai dari Rp 19.900/bulan hingga tawaran domain gratis.

MasterWeb dengan badan usaha PT. Master Web Network ​merupakan perusahaan yang berfokus pada jasa webhosting, yang mencakup ​Domain Name​, Shared Hosting, VPS, Website Builder, Colocation Server, Dedicated Server, Managed Server dan ​Learning Center​.

Sepak terjang MasterWeb di dunia webhosting yang telah dimulai sejak 1998 tentunya menegaskan pengalaman dan pelayanannya sebagai salah satu webhosting terbaik.

Bahkan pada tahun 2004, MasterWeb mendapat predikat sebagai perusahaan webhosting nomor 1 di Indonesia dengan pelanggan terbanyak menurut statistik dari ​Host Advice dan ​Webhosting Info, yang terus terjaga hingga sekarang.

Hal tersebut tentunya tak lepas dari inovasi MasterWeb yang memberikan pelayanan terbaik bagi para penggunanya. 

Promo MasterWeb

Nah, bagi kalian yang masih bingung mencari webhosting terbaik untuk website kalian, kabar baik nih karena MasterWeb sedang ada promo untuk para pengguna baru, dimana untuk setiap pendaftaran akun baru di MasterWeb akan otomatis mendapatkan ​saldo sebesar Rp 50.000 ​yang bisa digunakan di seluruh layanan MasterWeb!

Untuk mendapatkan promo saldo Rp 50.000 kalian bisa langsung KLIK DISINI.

Atau bila kalian masih bingung dan ingin mencari-cari informasinya terlebih dahulu, kalian bisa menuju akun Instagram resmi MasterWeb NetWork di @masterwebnetwork.

4. Pengaturan Website

Usai mendaftarkan hosting dan nama domain, yang harus dilakukan selanjutnya adalah mengatur website sedemikian rupa agar mampu memudahkan dan memikat para pengunjung untuk datang kembali dan meningkatkan traffic.

Bila kalian masih ragu untuk mengatur website kalian sendiri, kalian bisa menggunakan layanan website 1 menit dari WebMaster, dimana kalian akan mendapatkan uji coba gratis pembuatan website selama 14 hari, dan kalian pun akan bisa menerapkannya pada website kalian sendiri nantinya.

5. Perkuat Keamanan Website

Setelah blog/website kalian sudah jadi dan sudah online hingga bisa diakses banyak orang, kalian perlu memasang sertifikat SSL (Secure Sockets Layer) untuk melindungi website!

SSL merupakan suatu teknologi keamanan standar global yang memungkinkan komunikasi terenkripsi antara web browser dan server.

Ibarat pagar yang mengelilingi rumah, SSL akan melindungi website dari berbagai indikasi pencurian data yang bersifat sensitif (misalnya: nomor kartu kredit, nama pengguna, kata sandi, email, dll).

Nah, untuk mendapatkan SSL, kalian tidak perlu mencari-cari lagi, MasterWeb pun menyediakan sertifikat SSL dengan harga terjangkau. Mulai dari Rp 99.000, kalian sudah bisa mengamankan transaksi di dalam website dan meningkatkan kepercayaan pengunjung website kalian!

Itulah beberapa hal mendasar yang harus kalian tahu sebelum membuat blog/website. Jadi, tunggu apalagi? Dengan beragam kemudahan yang sudah ada, yuk mulai bikin website-mu sendiri!

(dwk)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya

Berita Terpopuler