Cara Membuat Dua Aplikasi WhatsApp di Satu HP

Annisa Fadillah . December 08, 2020

Foto : Business Insider

Teknologi.id - Tidak bisa dipungkiri bahwa WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chat, panggilan suara dan video paling populer. Aplikasi ini memiliki lebih dari 2 miliar pengguna di seluruh dunia. Pengguna WhatsApp sendiri terkadang memiliki lebih dari satu akun untuk keperluan tertentu seperti untuk akun pribadi dan bisnis. Dengan begitu, pengguna perlu memiliki dua smartphone untuk menjalankan dua akun WhatsApp.

Hampir semua smartphone kini tersedia dalam dual-SIM, yang mengizinkan pengguna memiliki dua nomor yang berbeda dalam satu gadget. Beberapa brand smartphone terkenal saat ini pun menyetujui adanya dua aplikasi chat dalam satu smartphone. Brand tersebut diantaranya Xiaomi, Samsung, Vivo, OPPO, Huawei, Honor, dan Asus.

Baca Juga : Orang Amerika Tak Banyak yang Pakai WhatsApp, Kenapa?

Untuk caranya sangat mudah sekali, yang perlu Anda lakukan adalah dengan masuk ke menu Pengaturan atau Setting pada ponsel Anda. Berikut adalah nama menunya di masing-masing brand :

  • Xiaomi: Setting > Dual Apps
  • Samsung: Setting > Advance Features > Dual Messenger
  • Vivo: Setting > App Clone
  • OPPO: Setting > Clone Apps
  • Huawei: Setting > App Twin
  • Honor: Setting > App Twin
  • Asus: Setting > Twin Apps

Sedangkan, cara mengaktifkannya adalah sebagai berikut :

1. Masuk ke menu Pengaturan atau Setting

Cari menu Pengaturan atau Setting tersebut di ponsel Anda, lalu ketuk.

Foto :  Dok. Pribadi (tangkapan layar HP OPPO)

2. Cari menu Pengaturan Penggandaan Aplikasi

Setelah itu, scroll hingga menemukan menu Pengaturan Penggandaan Aplikasi atau yang tertera di masing-masing brand smartphone, seperti yang telah disebutkan di atas.

Foto : Dok. Pribadi

Memperkenalkan kelas premium teknologi.id untuk kalian yang ingin belajar UI UX DESIGNER, PRODUCT RESEARCH, ESPORT BUSINESS CLASS, DIGITAL MARKETING, dan SALES & MARKETING PROFESSIONAL bersama mentor-mentor berpengalaman dengan materi yang berkualitas serta up to date sesuai yang kalian butuhkan. Segera daftarkan dirimu untuk mendapatkan harga terbaik, jangan sampai ketinggalan!

teknologiid events

3. Lalu pilih Aplikasi WhatsApp

Kemudian, pilih aplikasi mana yang hendak 'dikloning' atau digandakan. Dalam hal ini contohnya adalah WhatsApp.

Foto : Dok. Pribadi

4. Aktifkan Klon Aplikasi

Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah dengan mengaktifkan Klon Aplikasi tersebut, dengan cara menggeser pointer atau yang lainnya (sesuai masing-masing brand).

Foto : Dok. Pribadi

Baca Juga : Pengguna Takkan Bisa Akses WhatsApp Tahun Depan, Jika...

Bagaimana, mudah bukan caranya? Sekarang Anda sudah bisa mengakses dua akun WhatsApp yang aktif secara bersamaan, hanya dalam satu gadget. Selain WhatsApp, cara ini juga bisa digunakan untuk aplikasi lainnya. Sebagai contoh adalah Instagram. Selamat mencoba!

(af)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler