Bug Android Ini Bikin Ponsel Boros Baterai, Begini Cara Mengatasinya

Kemala Putri . August 16, 2019
Teknologi.id - Apakah kamu menyadari jika ponsel Android milikmu baru-baru ini memiliki daya tahan baterai yang buruk sehingga baterai lebih cepat habis daripada biasanya? Jika demikian, bisa jadi pelakunya adalah bug Android yang terbaru. Dilansir dari Android Police, Jumat (16/8/2019), kerentanan di salah satu aplikasi inti Android yaitu versi terbaru Google Play Services (versi 18.3.82) menyebabkan pengurasan baterai dalam jumlah besar di banyak perangkat Android di seluruh dunia.

Baca juga: Boros Kuota Internet? 3 Tips Hemat Kuota Internet WhatsApp Ini Akan Membantumu

Jadi, bagaimana cara menghindari masalah baterai?

Masalahnya berasal dari versi terbaru Google Play Services, yang berarti kamu harus menghindari v18.3.82 aplikasi kecuali Google merilis pembaruan yang ditambal. Untuk ini, tahan saja pembaruan yang tertunda untuk Layanan Play di perangkatmu. Kamu mungkin diminta untuk menginstal pembaruan, tetapi perlu diingat bahwa ini akan menghancurkan daya baterai ponsel milikmu.

Apa yang harus dilakukan jika pembaruan sudah diinstal?

Nah, jika kamu sudah terlanjur menginstal versi Play Services yang buggy, ada dua cara untuk mengatasi masalah ini, yakni dengan melakukan upgrade atau downgrade. Kamu bisa ikut serta dalam program uji coba beta Layanan Google Play. Dan menunggu versi beta aplikasi muncul di ponsel milikmu. Atau bisa mengunduh versi Layanan Play yang lebih lama dari APK Mirror.

Baca juga: Samsung Siap Rilis Ponsel dengan Baterai Graphene Tahun Depan?

Kedua cara ini akan menangani masalah pengurasan baterai, tetapi kemungkinan akan menciptakan masalah lain seperti crash aplikasi Google yang tak terduga, kelambatan, masalah kinerja, bahkan perilaku tak terduga pada tingkat sistem.

Perbaikan yang ideal adalah pembaruan dari Google. Namun, perusahaan belum mengkonfirmasi kapan versi layanan yang baru akan tersedia. Jadi, siapkan saja power bank sambil menunggu Google menyebarkan pembaruan Layanan Play.

(dwk)
author
0 orang menyukai ini

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

0 Komentar