Samsung Siap Rilis Ponsel dengan Baterai Graphene Tahun Depan?

baterai terbaru samsung
Foto: indiatimes.com

Teknologi.id – Sudah sejak dua tahun lalu mendapat paten penggunaan material bernama graphene untuk baterainya, kini Samsung dikabarkan telah siap merilisnya di produk smartphone.

Dikabarkan oleh Evan Blass, Samsung berencana merilis setidaknya satu buah ponsel pada 2020 atau 2021 yang menggunakan baterai graphene.

Baca juga: Terobosan Baru, Sinyal WiFi Bisa Charge Baterai Smartphone!

Material yang nantinya akan menggantikan baterai lithium-ion tersebut, mempunyai sejumlah keunggulan. Selain memiliki kapasitas penampung daya 45% lebih besar, baterai graphene juga bisa diisi ulang lima kali lebih cepat ketimbang baterai lithium-ion.

Tak hanya itu, penurunan daya tampung baterai graphene diklaim lebih lambat ketimbang lithium-ion, yang membuat baterai ponsel akan lebih awet dan tidak cepat ‘drop’.

Ditambah lagi, saat nanti jumlah produksinya sudah meningkat, baterai ini bisa lebih murah ketimbang lithium-ion serta lebih ramah lingkungan.

Tak akan meledak

Namun keunggulan utama material ini dibanding lithium-ion sebenarnya bukan hal yang sudah disebut di atas. Baterai ini disebut tidak akan meledak, tidak seperti lithium-ion yang bisa terbakar dan meledak jika tak memenuhi persyaratan tertentu.

Samsung sendiri masih belum mengkonfirmasi kapan teknologi baterai terbarunya ini bisa digunakan di baterai ponsel buatan mereka. Namun diprediksi, nantinya penggunaan baterai graphene ini masih akan sangat terbatas dan harganya akan mahal, sehingga Samsung harus meningkatkan kapasitas produksinya sembari menurunkan biaya produksi.

(dwk)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending