Boros Kuota Internet? 3 Tips Hemat Kuota Internet WhatsApp Ini Akan Membantumu

hemat kuota internet

Teknologi.id – Mungkin menurut banyak orang aplikasi WhatsApp adalah salah satu aplikasi yang ringan penggunaan data internetnya. Namun pernahkah kamu berpikir bahwa seringan apapun aplikasi jika data yang masuk seakan terus-menerus mengalir tanpa jeda pastinya akan mengonsumsi data yang tak sedikit pula.

Seakan menjawab kebutuhan pengguna, WhatsApp nyatanya sudah menyediakan beragam pilihan atau fitur untuk membantu menghemat kuota internet di aplikasi. Bagaimana caranya? Simak sampai habis tips hemat kuota internet WhatsApp di bawah ini agar kuotamu tidak jebol.

3 Tips Hemat Kuota Internet WhatsApp

1. Atur Konsumsi Data WhatsApp Call

Hasil gambar untuk whatsapp call
Foto: DataReign

Tidak menggunakan pulsa seperti panggilan biasanya, WhatsApp Call memanfaatkan konsumsi kuota internet untuk melakukan panggilan. Hal ini tentunya akan cukup menguras kuota bila sering melakukan panggilan.

Kabar baiknya di dalam pengaturan aplikasi WhatsApp tersedia fitur menghemat kuota internet saat melakukan WhatsApp Call. Caranya tinggal masuk ke halaman Settings kemudian pilih opsi Data Usage. Di bagian bawah halaman Data Usage tersedia opsi untuk mengaktifkan Low Data Usage.

Ketika fitur Low Data Usage diaktifkan, kualitas panggilan suara pun pastinya menjadi lebih rendah dari pada biasanya. Namun bila kamu menggunakan operator dengan kualitas sinyal internet yang bagus, penurunan kualitas panggilan tidak akan terlalu signifikan.

Baca juga: Brave Browser Akan Membayarmu Saat Berselancar di Internet

2. Nonaktifkan pengunduhan media otomatis

Hasil gambar untuk whatsapp pengunduhan otomatis
Foto: WhatsApp FAQ

Selain pesan teks, WhatsApp memang bisa digunakan berbagi konten media mulai dari suara, video, foto, dan GIF. Pengaturan standar mengharuskan semua media langsung otomatis terunduh ketika diterima di ponsel pengguna.

Bagaimana cara menonaktfkan proses pengunduhan otomatis media tersebut?

Caranya masuk ke halaman Settings di WhatsApp kemudian pilih opsi Data Usage. Di halaman tersebut akan terdapat pilihan Media Auto-Download atau unduh otomatis. Ubah pengaturan di fitur ini menjadi When Connected on WiFi atau hanya saat terhubung WiFi. Pilih konten atau jenis media yang diatur fitur ini.

Ketika fitur ini diaktifkan, pengguna tetap bisa mengunduh konten yang ada di WhatsApp secara manual dengan mengklik media tersebut dan mengunduhnya menggunakan kuota internet.

3. Matikan Fitur Backup Otomatis

Hasil gambar untuk hp whatsapp
Foto: brasilnaweb.com

Fitur Backup di WhatsApp berguna untuk mencadangkan seluruh percakapan dan konten media di dalamnya apabila suatu saat ponsel tersebut hilang. Proses Backup dilakukan menggunakan koneksi internet, namun tentunya akan mengonsumsi data yang lumayan dalam prosesnya.

Nah bila kamu tidak ingin kuota internetmu jebol karena fitur Backup otomatis, WhatsApp menyediakan opsi untuk melakukan proses backup hanya pada saat terhubung WiFi. Caranya, masuk ke Settings lalu pilih opsi Chat. Kemudian pilihlah Chat Backup yang akan menampilkan opsi Backup to Google Drive dan opsi Backup hanya menggunakan WiFi.

Itulah 3 tips hemat kuota internet WhatsApp yang bisa kamu praktekkan agar kuota internetmu tidak jebol. Semoga bermanfaat.

(dwk)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending