Blogspot vs WordPress: Apa Perbedaannya?

Sagara Technology . November 24, 2021

                                Perbedaan - Blogspot - vs - WordPress

                                                                         Photo by: Unsplash

Sagara Techology - Blogspot dan WordPress dikenal dua platform blogging besar yang sama-sama menawarkan fitur unggulan yang diperlukan sebuah blog. Namun, sebenernya mana sih yang lebih baik?. Kalau anda ingin membuat blog tapi bingung, nah kali ini akan dibahas perbedaan Blogspot vs WordPress:


Apa itu Blogspot ?

Blogspot atau Blogger adalah layanan blogging gratis untuk mempublikasikan blog. Layanan ini dimiliki oleh Google. Blogger adalah platform blogging-nya, sementara Blogspot merupakan penyedia domainnya. Jadi, ketika anda membuat Blog di Blogger, domain yang anda dapatkan adalah blogspot.com. Blogger dirilis pertama kali oleh Pyra Labs pada tahun 1999. Tidak lama, Google mengakuisisi platform blogging ini tahun 2003. Setelah menjadi milik Google, penggunaan Blogger jadi mudah. Karena, banyak aplikasi Google lain yang terintegrasi dengan Blogger. Misalnya, anda bisa mendaftar Blogger dengan akun Google, mengintegrasikannya dengan Google Analytics untuk menganalisa performa website, dan menggunakan Google Drive sebagai media untuk menyimpan datanya. Dengan kemudahan tersebut, Blogger berhasil menarik para Blogger pemula untuk bergabung.


Apa itu WordPress?

WordPress adalah platform CMS yang memungkinkan penggunanya membuat blog sendiri. Pada perkembangannya WordPress mampu memenuhi kebutuhan pengguna untuk membuat jenis website lain, seperti toko online. WordPress pertama kali diciptakan oleh Matt Mullenweg dan Mike Little pada tahun 2003. Dua orang developer tersebut membangun WordPress karena terinspirasi dari b2/cafeblog, sebuah software publikasi yang mereka anggap bisa lebih baik. Platform CMS ini bersifat open-source dan selalu terupdate dengan fitur-fitur baru. Tidak heran, platform gratis ini semakin banyak digunakan. Pada perkembangannya, WordPress terbagi menjadi dua, yaitu WordPress.com dan WordPress.org. WordPress.com adalah layanan blogging gratis seperti Blogger yang juga menyediakan versi berbayar. Sedangkan, WordPress.org menyediakan platform WordPress yang bisa di download secara gratis untuk kebutuhan blogging atau membuat website.

Blogspot vs WordPress: Apa perbedaannya?

  1. Biaya 

  1. Kepemilikan

  1. Kemudahan Penggunaan

  1. Kustomisasi 

  1. Tema

  1. Keamanan


Jadi, itu perbedaan Blogspot vs WordPress jangan salah pilih ya. Semoga bermanfaat.





author0
teknologi id bookmark icon
author

Sagara Technology

Sagara Technology

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler