7 Tips Belajar Pemrograman dan Mendapat Pekerjaan dalam 6 Bulan

Teknologi.id – Belajar pemrograman harus ditempuh dengan cara yang tepat dan benar, agar kita dapat mempelajarinya secara efektif.

Belajar pemrograman atau coding harus dilakukan dengan praktek, bukan menghapal seperti belajar sejarah. Tidak ada artinya hanya membaca buku tentang pemrograman saja tanpa praktek. Dengan praktek kita akan dapat pengalaman. Sedangkan dengan membaca dan memahami teori, kita dapat ilmunya.

Sebagian besar orang memilih untuk belajar pemrograman kemudian bercita-cita menjadi bagian dari industri. Jika kamu salah satunya, berikut ini 7 tips mempelajari pemrograman dan mendapat pekerjaan dalam waktu 6 bulan saja.

1. Latihlah dirimu menjadi programmer yang otodidak

Mengapa menjadi programmer otodidak? Karena sebagian besar programmer yang sukses adalah otodidak, yaitu, mereka memilih bahasa pemrograman seperti Python atau Java (Python banyak direkomendasikan karena ini adalah bahasa tingkat tinggi) dan mulai belajar tentang sintaksnya dengan referensi dari dokumentasi atau ebook. 

Menurut Overflow Survey 2018, lebih dari 86% programmer belajar coding secara otodidak. Programmer yang otodidak akan mempunyai lebih banyak pilihan untuk terjun jauh ke dalam dunia pemrograman. Dengan begini akan menantang para programmer untuk melakukan riset dan belajar lebih banyak.

2. Pelajari HTML dan CSS

Cobalah untuk mencarinya di Google, kamu akan menemukan banyak sumber daya untuk belajar HTML dan CSS online. Ada berbagai situs e-learning yang menawarkan kursus-kursus ini secara gratis dan membutuhkan setidaknya 2 minggu untuk belajar sepenuhnya. Berlatihlah beberapa proyek kecil dan pahamilah perilaku kode yang digunakan.

3. Pelajari Javascript, Python (atau PHP)

Sekarang, cobalah pelajari Javascript dan belajar sintaks dasar. Kemudian, kamu dapat mulai belajar bahasa lain seperti PHP, Python, dll. Ikuti kursus online atau gunakan sumber ebook untuk mempelajari bahasa ini. Coba terapkan Script ke proyek HTML dan CSS di poin kedua untuk memahami perubahan-perubahannya.

4. Pelajari cara menggunakan StackOverflow dan Github

Mulailah menggunakan StackOverflow, komunitas ini akan membantumu memecahkan masalah yang terkait dengan coding. Kamu akan menemukan banyak solusi untuk kode dan kesalahan-kesalahan yang terjadi.

Kemudian mulailah mendaftar di Github. Github secara sederhananya adalah jejaring sosial untuk para developer dalam mengembangkan suatu proyek. Situs github ini menyediakan fungsionalitas jejaring sosial dan grafik jejaring sosial untuk menampilkan bagaimana para pengembang menggarap versi repositori mereka. Buatlah proyek-proyek kecil dan berkontribusi pada proyek open source akan membantumu mendapatkan lebih banyak pengetahuan.

5. Buatlah portofolio dan akun LinkedIn

Mulailah membuat profil LinkedIn dan terhubung dengan orang-orang di domainmu. Cobalah untuk seprofesional mungkin dalam merepresentasikan profil dan berbagi konten. Beli domain dan buat situs web menggunakan HTML, CSS, & Javascript yang telah kamu pelajari sebelumnya. Ini akan memberi pengakuan terhadap keterampilanmu sebagai programmer.

6. Tingkatkan keterampilan Git dan Command Line-mu

Cobalah mempelajari perintah Git dan Command Line yang sangat penting saat mengembangkan proyek bersama dengan tim. Ini akan memberikan keuntungan tambahan bagi para programmer.

7. Seringlah hadiri pertemuan, wawancara, dan hackathon

Sekarang, mulailah menjelajah lebih jauh dengan menghadiri acara pertemuan dan meningkatkan jejaringmu. Cobalah untuk menghadiri wawancara dan hackathon juga yang akan membantumu meningkatkan kepercayaan diri dan segera mendapatkan pekerjaan.

(DWK)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *