7 Penyebab Baterai HP Cepat Habis Tanpa Kita Sadari

Teknologi.id . November 02, 2020
New iPhone battery, AMC Stubs A-List and stamps will cost more in 2019
Foto: USAtoday


Teknologi.id - Salah satu hal menyebalkan yang dialami para pengguna smartphone atau HP adalah ketika baterai perangkat tiba-tiba habis tanpa kita sadari.

Padahal kalian sudah menggunakan HP dengan baterai lebih dari 5.000 mAh dan hanya menggunakan perangkat dalam waktu yang singkat alias tidak terlalu  intens penggunaannya. 

Apakah berarti sudah bisa disimpulkan bahwa baterai HP kita telah rusak? Eits, tunggu dulu! Sebelum berspekulasi lebih jauh, perhatikan dulu aktivitas-aktivitas yang kalian lakukan di HP, karena bisa jadi aktivitas tersebut yang membuat baterai HP cepat habis.

Teknologi.id sudah merangkum 7 penyebab baterai HP cepat habis tanpa kita sadari, yang bisa kalian perhatikan sebelum memvonis baterai HP kalian rusak.

Baca juga: Cara Mengisi Baterai Laptop Agar Lebih Awet Digunakan

7 Penyebab Baterai HP Cepat Habis

1. WiFi, bluetooth, mobile data, dan lokasi aktif bersamaan

Android Q May Finally Deliver A System Wide Dark Mode - Appetiser
Foto: Appetizer App Development


Menyalakan semua fitur WiFi, bluetooth, mobile data, dan lokasi secara bersamaan dapat menghabiskan daya bateraimu. Ada baiknya mematikan salah satu fitur jika tidak digunakan.

2. Sinyal yang lemah

Femtocell v mobile repeaters for boosting mobile signal - which is best? -  Boost Pro Systems
Foto: Boost Pro System


Sinyal yang lemah akan menyebabkan HP bekerja keras untuk menemukan sinyal dan bateraimu akan cepat habis akibat hal itu. Kalau sedang berada di area yang jauh dari sinyal, ada baiknya mematikan sinyal sampai menemukan tempat dengan sinyal bagus.

3. Brightness yang tinggi

Nougat Tip: Get brightness control back in the notification shade -  SamMobile - SamMobile
Foto: SamMobile


Semakin terang tampilan layar HP-mu, semakin cepat pula baterainya habis. Kurangi cahayanya atau aktifkan dark mode jika perangkat kalian mendukung fitur tersebut.

Memperkenalkan kelas premium teknologi.id untuk kalian yang ingin belajar FULL STACK DEVELOPER, FRONT END REACT, FLUTTER MOBILE DEVELOPMENT, BACK END PYTHON, dan DATA SCIENCE bersama tech expert dengan materi yang berkualitas serta up to date sesuai yang kalian butuhkan. Segera daftarkan dirimu untuk mendapatkan harga terbaik, jangan sampai ketinggalan!

teknologiid events

Baca juga: Baterai Ponsel Boros Bikin Bete? Gini Caranya Biar Awet

4. Notifikasi yang menyala seharian

How to disable Hidden Lockscreen Notifications on iPhone X - YouTube
Foto: AppleInsider


Notifikasi yang menggetarkan HP dan mengaktifkannya sepanjang hari jelas akan menghabiskan bateraimu. Matikan notifikasi dari aplikasi yang kamu rasa tidak penting.

5. Layar yang terus-terusan menyala

Oppo shows off 'waterfall screen' phone with ultra-curved edges - The Verge
Foto: TheVerge


Layar adalah komponen HP yang paling menghabiskan energi. Menyala terus menerus jelas akan menguras baterai. Baiknya mengganti waktu auto-lock menjadi lebih singkat.

6. Menggunakan aplikasi yang menghabiskan baterai

Best Phone Mount for Game Controllers in 2020 | Android Central
Foto: Android Central


Aplikasi berat dan menguras tenaga jelas menghabiskan bateraimu lebih cepat. Hindari menonton video dan bermain game, khususnya yang berkualitas tinggi.

7. Mengaktifkan auto-update semua aplikasi

how to stop auto update in android phone in hindi - YouTube
Foto: techmasterblog


Ini juga perlu diperhatikan. Baiknya mematikan fitur auto-update dan menyalakan notifikasi update aplikasi yang sekiranya penting saja. Pasalnya, fitur ini akan selalu melakukan update kapanpun ada aplikasi yang mendapatkan pembaruan, yang tentunya tidak sedikit menguras baterai.

Baca juga: 7 Cara Menghemat Baterai HP Android Agar Tahan Lebih Lama

(dwk)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler