7 Cara Mengatasi Notifikasi Tidak Muncul di HP Android

Teknologi.id . August 12, 2020


Foto: Tom's Guide


Teknologi.id - Smartphone Android dengan segala kelebihan dan kecanggihannya saat ini menjadi salah satu perangkat andalan bagi para pengguna bermobilitas tinggi. Didukung dengan aplikasi-aplikasi pihak ketiga yang mumpuni, segala pekerjaan dan tugas-tugas bisa diselesaikan dengan mudah dan cepat.

Namun, di balik kelebihannya, rupanya Android juga punya kelemahan yang sering dialami penggunanya. Salah satunya yakni tidak munculnya notifikasi pemberitahuan dari suatu aplikasi yang ada di smartphone tersebut.

Hal ini tentunya bisa jadi merepotkan bila kita sedang dihadapkan pada situasi genting yang membutuhkan respon cepat, seperti membalas chat WhatsApp dari atasan, menunggu balasan email suatu lembaga, atau sekedar menunggu pemberitahuan giveaway Instagram.

Nah, bagi kalian yang smartphone Android-nya pernah atau malah sedang mengalami masalah tersebut, berikut ini cara mengatasi notifikasi tidak muncul di Android.


Baca juga: Cara Melacak Lokasi Seseorang Pakai Google Maps

Cara Mengatasi Notifikasi Tidak Muncul di HP Android


1. Restart Smartphone


Foto: AndroidPolice


Cara paling ampuh untuk mengatasi semua masalah yang muncul di smartphone Android adalah dengan merestart/mereboot perangkat yang kamu gunakan, tak terkecuali masalah notifikasi yang tidak muncul.

Dengan melakukan reboot, semua proses yang sedang berjalan pada ponsel Android kamu akan terhenti, semuanya akan kembali ke kondisi awal seperti saat pertama kali kamu menyalakan ponsel, tentunya hal ini bisa menghilangkan beberapa masalah yang sebelumnya muncul pada ponsel Android kamu.

2. Periksa Pengaturan Notifikasi


Foto: DroidLife


Jika sudah melakukan reboot ternyata aplikasi yang kamu gunakan tetap tidak mau memunculkan notifikasi, mungkin masalahnya terletak dibagian pengaturan notifikasi. Bisa saja secara tidak sengaja, kamu malah menonaktifkan notifikasi untuk aplikasi tersebut.

Baca juga: Cara Akses YouTube Premium Gratis Selamanya!

3. Periksa Izin Aplikasi di Background


Foto: HowToGeek


Jika tidak ada masalah di bagian pengaturan notifikasi, selanjutnya silakan cek opsi background (baik itu perizinan aplikasi yang berjalan di background dan juga background data). Jika opsi tersebut dalam kondisi non-aktif, tentu saja tidak akan ada notifikasi yang muncul di perangkat kamu.

4. Nonaktifkan Penghemat Daya


Foto: Karir Kawan Lama


Mengatifkan mode penghemat daya dan data, secara otomatis notifikasi dari aplikasi tidak akan muncul secara langsung, kecuali kamu membuka aplikasi tersebut secara langsung. Jadi, pastikan kamu sudah menonaktifkan kedua opsi tersebut jika ingin tetap notifikasi muncul pada ponsel Android kamu.

5. Nonatifkan Mode Do Not Disturb

Tidak munculnya notifikasi Android bisa jadi karena kamu lupa mematikan mode 'Do Not Disturb' setelah menggunakannya. Mode ini berguna untuk mengurangi gangguan dari pemberitahuan-pemberitauan di smartphone. Tapi terkadang ketika sudah di aktifkan kita lupa untuk menonaktifkan mode tersebut, sehingga notfikasi yang harusnya muncul tidak pernah muncul.

Baca juga: Cara Temukan Aplikasi Tersembunyi di HP Android

6. Install Ulang Aplikasi


Foto: Systweak Blog


Jika cara-cara di atas sudah dicoba, maka hampir bisa dipastikan kesalahan bukan ada pada kamu ataupun pada ponsel kamu. Kesalahan tersebut murni dari aplikasi yang kamu gunakan, silakan install ulang aplikasi tersebut untuk mengatasi masalah yang kamu hadapi atau jika masalah belum teratasi, laporkan pada developer dan tunggu hingga perbaikan tiba di update selanjutnya.

7. Factory Reset


Foto: Berakal


Jurus pamungkas untuk mengatasi berbagai masalah di smartphone Android adalah dengan melakukan Factory Reset. Cara ini ampuh untuk mengembalikan settingan smartphone kembali ke settingan awal pabrik, sehingga smartphone akan seperti terlahir kembali. Namun, perlu diingat bahwa Factory Reset akan menghapus seluruh data-datamu, jadi pastikan untuk melakukan back up data terlebih dahulu ya!

(dwk)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya