Cara Temukan Aplikasi Tersembunyi di HP Android

Teknologi.id . August 11, 2020


Foto: TechCrunch


Teknologi.id - Maraknya aplikasi-aplikasi pembawa malware beberapa waktu lalu sempat mengkhawatirkan para pengguna smartphone Android. Pasalnya beberapa aplikasi merupakan aplikasi yang populer digunakan oleh sebagian orang tanpa tahu dampak bahaya yang sedang mengintainya.

Parahnya lagi, beberapa aplikasi jahat juga seringkali mengelabui pengguna Android dengan menyembunyikan diri sehingga tidak dapat ditemukan oleh pengguna. Di balik persembunyiannya itulah, aplikasi-aplikasi tersebut bergerilya melancarkan serangan-serangan yang merugikan bagi pengguna.

Nah, bagi kalian yang khawatir dan bertanya-tanya, adakah aplikasi jahat yang bersembunyi di perangkat Android kalian, begini cara temukan aplikasi tersembunyi di smartphone Android.

Baca juga: Cara Akses YouTube Premium Gratis Selamanya!

Cara Temukan Aplikasi Tersembunyi di HP Android


1. Melalui App Drawer

- Ketuk ikon halaman/laci aplikasi (app drawer). Ikon dengan 6 hingga 16 lingkaran atau persegi kecil ini biasanya berada di home screen tepatnya di sisi tengah bawah atau pojok kanan bawah layar. Bisa juga swipe up di home screen untuk masuk ke halaman aplikasi.

- Ketuk ikon menu. Ikon ini memiliki penampilan yang berbeda untuk setiap perangkat, tetapi biasanya ditampilkan sebagai “⁝”, , atau “☰” di bagian atas kanan atau kiri daftar aplikasi.

- Pilih Show hidden applications atau Hide/show apps. Dengan opsi ini, daftar semua aplikasi (termasuk yang disembunyikan dari laci/halaman aplikasi) akan ditampilkan. Jika kalian tidak dapat melihat opsi ini, mungkin tidak ada aplikasi yang disembunyikan.


Foto: Technofare


Baca juga: Cara Melacak Lokasi Seseorang Pakai Google Maps

2. Menggunakan Apps Manager

- Buka menu pengaturan perangkat (“Settings”). Ikon  ini biasanya ditampilkan di home screen atau laci/halaman aplikasi.

- Ketuk opsi Apps atau Applications. Seluruh daftar aplikasi yang terpasang pada perangkat akan ditampilkan melalui menu ini.

- Cek satu persatu aplikasi dari tab Downloaded atau bisa langsung memeriksanya melalui tab All untuk melihat seluruh aplikasi.

- Bila kalian menemukan aplikasi tidak dikenal yang kalian tidak pernah merasa menginstallnya, segera hapus, karena bisa saja aplikasi tersebut adalah aplikasi tersembunyi yang mengandung malware berbahaya.

(dwk)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya

Berita Terpopuler