7 Cara Dapat Uang dari TikTok, Cuma Modal Video Pendek!

Teknologi.id . July 09, 2020

Foto: Systweak

Teknologi.id - Media sosial berbagi video pendek, TikTok kini memiliki kepopuleran yang sangat pesat di seluruh dunia termasuk Indonesia. Tak sedikit dari mereka yang membuat konten dengan menggunakan aplikasi TikTok, menjadi viral hanya dalam semalam.

Sayangnya, sampai saat ini TikTok tidak memiliki sistem monetisasi berupa AdSense seperti YouTube, yang memungkinkan para content creator-nya mendapatkan penghasilan dari video yang dibuat.

Namun jangan berkecil hati, Instagram yang juga tidak memiliki monetisasi berupa AdSense saja bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah bagi para penggunanya, kenapa TikTok tidak? Yuk, cari tahu 7 cara dapat uang dari TikTok dengan hanya bermodal video pendek.

Baca juga: Obati Penasaranmu, Begini Cara Melihat Akun Instagram yang Di-Private

7 Cara Dapat Uang dari TikTok

1. Mendapat sponsor atau promosi berbayar

Seiring berjalannya waktu ketika kamu sudah memiliki banyak pengikut (followers) dan video mendapat banyak penyuka (likes), pastinya akan ada sebuah brand yang melirik akunmu untuk mengiklankan produknya di video, tentunya dengan bayaran yang bisa kamu sesuaikan dengan pihak pengiklan. 

Ini adalah sumber pendapatan utama bagi sebagian besar influencer di TikTok. Bentuk kerjasama sponsor sendiri bisa hanya berupa audio atau produknya ditampilkan berbarengan konten video yang kamu upload.

2. Kembangkan akun lalu jual

Cara pertama untuk menghasilkan uang dari Tik Tok adalah dengan mengembangkan akun dan kemudian menjualnya. Mirip dengan Instagram, kamu mungkin bisa membuat konten yang menghibur agar bisa menjadi viral, sehingga menarik banyak orang untuk mengikutimu.

Setelah berhasil memiliki banyak pengikut, kamu bisa menjangkau brand yang sesuai dengan karakter akunmu, dan menjual profil TikTok kepada suatu brand atau orang-orang tersebut.

3. Saling menyumbang koin

Mirip seperti situs Twitch, yaitu situs dimana orang-orang bisa mendapatkan uang dengan cara live streaming, kamu juga bisa melakukannya lewat TikTok meski jumlah pengikutmu sedikit.

Alur prosesnya, biasanya penonton akan memberikan kamu semacam gift item (animasi kodok, bunga, gitar, boneka dan lainnya) yang dibeli dengan koin TikTok. Koin ini bisa kamu dapatkan dengan membelinya pakai mata uang asli.


Kamu yang telah mendapatkan gift item dari penonton, bisa mengkonversikannya lagi ke uang asli dengan proses payout. Minimum jumlah uang yang bisa dipayout di aplikasi TikTok dalam sehari sebesar 100 dolar dan maksimal 1000 dolar.

Baca juga: Cara Membuat Filter Instagram Sendiri, Gampang Banget!

4. Kelola kampanye influencer

Salah satu cara menghasilkan uang dari TikTok adalah dengan menawarkan jasa kelola kampanye influencer. Ini bukan ide baru karena sudah banyak agensi yang dibentuk untuk melayani kebutuhan para influencer di banyak media sosial.

Konsep yang sama berlaku untuk TikTok. Kamu bisa menjadi perantara antara pencipta konten di TikTok dan merek yang ingin bekerja sama dengan influencer itu.

Dari membuat perjanjian, menghubungkan kedua belah pihak, menjadi koordinator dan lainnya akan menjadi sebuah jalinan bisnis yang mampu menghasilkan uang untukmu melalui TikTok.

5. Manfaatkan iklan TikTok

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan uang dari TikTok adalah dengan memanfaatkan platform iklannya, terlebih bagi kamu yang merupakan penjual produk.

Sama seperti iklan Facebook dan Instagram, kamu juga bisa mendaftarkan produkmu agar bisa diiklankan di platform iklan TikTok, sehingga bisa menjangkau konsumen lebih luas.

Buatlah beberapa iklan mengenai produkmu. Dengan begitu, kamu bisa meningkatkan penjualan lebih banyak produkmu karena telah mengiklankannya di TikTok. Siap-siap kebanjiran orderan!

6. Manajemen akun

Cara satu ini juga cukup populer di berbagai media sosial, seperti Instagram dan Facebook. Ya, kamu bisa mencoba menawarkan layanan manajemen untuk pembuat konten TikTok.

Beberapa pencipta konten di TikTok memiliki jutaan pengikut dan terkadang ini terjadi sangat cepat. Ini seperti memiliki 'lahan bisnis' di pangkuan mereka.

Kamu dapat melangkah masuk dan menawarkan layanan untuk membantu menyusun strategi untuk keperluan konten mereka dan mengelola penawaran yang datang kepada mereka.

Jadi, jika kamu memiliki latar belakang dalam produksi, kamu pasti bisa menerapkannya untuk menawarkan layanan manajemen kepada pencipta konten di TikTok.

Baca juga: 5 Browser untuk Jelajahi Deep Web, Berani Coba?

7. Konsultan TikTok

Cara lainnya untuk mendapatkan uang dari TikTok adalah menawarkan jasa konsultasi TikTok. Ya, cara ini berlaku jika kamu sudah cukup profesional di bidang ini.

Dilihat dari tren generasi millenial saat ini, sangat banyak orang-orang yang ingin menjadi seorang bintang di sebuah media sosial, seperti TikTok, sehingga mungkin kamu bisa membantu para pencipta konten tentang bagaimana mereka bisa mendapatkan banyak penonton sekaligus pengikut dalam video mereka.

Strategi jitu dibutuhkan agar video mereka mereka dapat dilihat oleh ratusan ribu, bahkan jutaan orang, untuk meningkatkan popularitas mereka.

Tentu saja, kamu harus memiliki latar belakang dan pengalaman dalam hal ini terlebih dahulu untuk menawarkan ini sebagai layanan. Tapi begitu kamu memilikinya, orang tak akan segan membayarmu dengan harga tinggi untuk akun mereka.

(dwk)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya

Berita Terpopuler