6 Website Terbaik untuk Belajar Python, Cocok Bagi Pemula

Fabian Pratama Kusumah . April 01, 2021

Foto: MTP

Teknologi.id - Bahasa pemrograman Python menjadi salah satu yang populer digunakan oleh pengembangan web, aplikasi web, aplikasi perkantoran, simulasi, dan masih banyak lagi.

Hal ini disebabkan karena Python bahasa pemrograman yang dinamis dan mudah dipahami. Sekarang untuk belajar bahasa pemrograman seperti Python, tidak harus secara formal.

Ada banyak kursus pemrograman Python yang tersedia secara online. Yang kamu butuhkan hanyalah komputer, koneksi internet dan tentunya niat yang kuat. 

Menariknya, berbagai situs kursus gratis ini menawarkan metode pembelajaran yang interaktif sehingga mudah dimengerti.

Berikut adalah situs web terbaik untuk mempelajari pemrograman Python

Baca juga: 8 Proyek Open Source Terpopuler di Pemrograman Python

1. Google Python Class

Foto: Slant

Google Python Class dinilai yang terbaik untuk mempelajari bahasa Python. Situs web ini paling cocok untuk pelajar menengah dan berpengalaman.

Semua konsep Python ditulis dan ditunjukkan dengan baik. Tutorialnya juga menggunakan contoh-contoh praktis yang dapat membantu kamu untuk memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang bahasa Python.

2. Python.org

Foto: Techcelup

Python.org adalah referensi resmi untuk semua yang terkait dengan pemrograman Python. Situs ini berisi dokumentasi resmi pemrograman Python.

Kita dapat menggunakan dokumentasi untuk mendapatkan informasi apa pun yang terkait dengan Python. Selain dokumentasi, Python.org juga berisi beberapa tutorial tentang dasar-dasar Python.

3. Code Academy

Foto: Code Academy

Baca juga: 5 IDE Open Source Terbaik Untuk Pengembang Python

Code Academy merupakan situs yang bagus untuk pemula dan programer menengah. Situs ini memungkinkan peserta untuk mengedit dan menjalankan kode mereka langsung di situs webnya.

4. Tutorials Point

Foto: ARSDK

Tutorials Point adalah situs populer yang menyediakan tutorial bermacam-macam bahasa pemrograman, termasuk Python.

Situs ini berisi tutorial dasar-dasar dan tingkat lanjutan bahasa Python. Tutorial Point akan mengajarkan kita cara membuat aplikasi web, memanipulasi database, bahkan membuat game menggunakan Python.

5. LearnPython.Org

Foto: freeCodeCamp

LearnPython adalah situs di mana kamu tidak hanya belajar cara membuat kode tetapi juga menulis dan langsung mempraktekkan kode di web browser.

Situs ini menyediakan tutorial dasar Python, yang berarti pemula akan dapat mengikuti tutorial dengan baik. LearnPython menyediakan juga latihan pemrograman di akhir setiap pelajaran.

6. MIT Open Courseware

Foto: RRHO

Meskipun tidak menutut ilmu di salah satu universitas top dunia ini, kamu bisa mengaksesnya dan bahkan memperoleh pendidikan setingkat MIT.

Ada banyak kursus pengenalan bahasa pemrograman, seperti Python, C and C++, dan Java. Selain itu kamu juga bisa mengambil kursus untuk program degree atau individual courses.

Nah, setelah kamu mengetahui website terbaik untuk mempelajari bahasa pemrograman Python, apakah kamu tertarik untuk mendalami bahasa pemrograman tersebut?

Jika kamu tertarik belajar back end Python, Teknologi.id mempunyai kelas premium yang menarik. Hanya dengan bayar sekali, gratis akses materi seumur hidup.

Di kelas ini, kamu akan mendapatkan

  • Paham pondasi untuk jadi Python Engineer
  • Siap berkarir menjadi Python Engineer di perusahaan-perusahaan besar
  • Jago konsep dan logika coding back end
  • Live Class 2X/Tiap Bulan
  • Diskusi dan mentoring langsung via Telegram Grup
  • Free materi dan rekaman pembelajaran + akses seumur hidup
  • Kesempatan tanya-tanya intens bareng mentor expert
  • Dapat koneksi di dunia Python.

Selain itu, kamu juga akan mendapat fasiltas sertifikat:

  • Belajar 3 bulan dapat sertifikat Junior Level
  • Belajar 6 bulan dapat sertifikat Basic Level
  • Belajar 1 tahun dapat sertifikat Intermediate Level
  • Belajar 2 tahun dapat sertifikat Experts Level

Jika kamu tertarik, kamu bisa langsung mendaftar di sini

(fpk)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler