6 Tips Agar Belajar Pemrograman Lebih Cepat

Teknologi.id – Pemrograman adalah keterampilan yang semakin hari semakin banyak dipelajari orang-orang selama beberapa tahun terakhir. Selain orang yang bekerja sebagai programmer, banyak juga yang melakukan pemrograman untuk bersenang-senang mengisi waktu luang mereka .

Namun, mempelajari keterampilan ini terkadang terasa seperti perjuangan yang berat dengan banyak hal harus dipelajari dan dipikirkan. Berikut ini tersaji 6 tips untuk membantu kita mempelajari pemrograman lebih cepat.

1. Pertimbangkan bahasa mana yang akan dipelajari

Sebelum belajar membuat program, kita harus memilih bahasa pemrograman mana yang akan dipelajari. Tidak ada aturan untuk harus belajar satu bahasa, tetapi bila baru memulai, ada beberapa yang lebih mudah untuk dipelajari, seperti Python dan Java.

Jika memulai dengan bahasa yang sangat rumit dan sulit dipelajari, ini dapat menghalangi kita untuk melanjutkan belajar pemrograman. Tentu saja, bahasa yang dipelajari juga bergantung pada apa yang ingin dilakukan dengan kode tersebut. Tetapi kita tidak boleh mengabaikan pentingnya untuk memulai dengan apa yang kita kuasai.

2. Pelajari dasar-dasarnya

Meskipun mungkin ingin segera menyelami konsep dan materi lanjutan, kita perlu mencelupkan jari-jari kaki sebelum menyelam lebih dalam, bukan ? Tidak peduli betapa sederhananya atau mudahnya dasar-dasar itu, penting untuk mempelajarinya terlebih dahulu. Jika tidak, kita mungkin akan kesulitan setelah mencapai langkah-langkah yang lebih lanjut. Semakin baik kita memahami dasar-dasar, semakin mudah konsep lanjutan akan dipahami.

3. Latihan, latihan, dan latihan

Kita bisa saja membaca semua buku dan menonton semua video tutorial, tetapi lebih baik kita harus benar-benar turun dan berlatih. Semakin cepat kita mulai bermain-main dengan kode dan berlatih, semakin baik. Mungkin frustasi dan kesulitan membayangi, tetapi semakin banyak berlatih, semakin baik yang kita dapatkan.

Selain itu, berlatih adalah hal yang berkelanjutan yang harus terus dilakukan bahkan setelah selesai belajar pemrograman. Jika kita melewatkan banyak waktu tanpa pemrograman, kita bisa kehilangan keterampilan. Karena itu, kita harus meluangkan waktu untuk sering berlatih dan tetap berada di jalur.

4. Mainkan game dan belajar melalui tutorial

Ketika hanya duduk dan coding selama berjam-jam, itu akan menjadi hal yang monoton dan membosankan. Jika iya, maka mainkanlah beberapa game atau belajarlah melalui tutorial.

Ada beberapa game yang berhubungan dengan kode sederhana yang tidak hanya menyenangkan tetapi juga dapat membantu belajar. Juga, ada ribuan tutorial untuk setiap bahasa pemrograman berbeda, yang semuanya dapat membantu kita belajar tanpa terlalu membosankan.

5. Jangan sungkan minta bantuan

Meskipun sebagian besar pekerjaan coding dilakukan sendiri, itu tidak berarti kita harus belajar sendiri. Internet penuh dengan ribuan sumber daya berbeda yang dapat membantu kita belajar coding. Misalnya memposting pertanyaan di subreddit, berpartisipasi dalam diskusi forum atau bahkan bertanya programmer yang kita kenal.

Beberapa orang tidak suka meminta bantuan. Tetapi semakin cepat mengatasi rasa takut itu, semakin cepat kita akan dapat belajar coding dan memprogram dengan efektif. Banyak orang ingin sekali membantu pendatang baru, jadi kita harus dapat berjuang menemukan bantuan dan jawaban atas pertanyaan kita.

6. Istirahatlah dan jangan terlalu memaksakan tubuh

Ambil Beberapa Istirahat dan Jangan Bakar Diri Anda - Ambil Beberapa Istirahat dan Jangan Membakar Diri - 7 Kiat Kritis untuk Mempelajari Programming Lebih Cepat

Ketika mempelajari cara memprogram dengan lebih baik, kita dapat duduk di depan komputer selama berjam-jam. Ini bisa berakibat mengerikan bagi tubuh dan disarankan agar kita bangun dan beristirahat sejenak.

Selain itu, sering kita merasa terjebak dan berkecil hati ketika kesulitan mencoba untuk belajar atau menemukan masalah. Terkadang, yang dibutuhkan hanyalah beberapa menit istirahat dan peregangan untuk mengembalikan fokus kita.

(DWK)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *