5 Teknologi Militer Ini Sangat Canggih Namun Tak Berguna

Teknologi.id . March 01, 2021

Foto: twitter.com/MaxwellRender

Teknologi.id - Pesatnya perkembangan teknologi saat ini tidak hanya mencakup seputar gadget dan komputasi semata, salah satu bidang yang juga terus menerus mengalami pembaruan adalah teknologi militer.

Bahkan bisa dibilang teknologi militer menjadi salah satu prioritas utama dari perkembangan teknologi itu sendiri, dimana seringkali teknologi militer selangkah lebih maju dibanding teknologi yang digunakan masyarakat umum.

Nah, sepanjang sejarah perkembangan teknologi militer, rupanya terselip kisah unik dimana ada beberapa inovasi teknologi militer yang super canggih dan modern namun akhirnya tidak berguna di medan peperangan. Apa saja?

Baca juga: 5 Peralatan Perang Buatan Indonesia yang Jadi Rebutan Dunia

5 Teknologi Militer Ini Sangat Canggih Namun Tak Berguna

1. Ball Tank

Foto: The National Interest

Ball Tank didesain khusus sebagai tank yang menyerupai bola dan direncanakan sebagai tank untuk dikendarai oleh satu pengemudi saja.

Inovasi Jerman ini hanya berupa prototipe saja dan tidak pernah sekalipun diproduksi secara massal. Pesimis akan kegunaannya menjadi alasan utama gagalnya proyek ini.

2. Focke-Wulf Triebfluegel

Foto: The Modelling News

Tidak diragukan lagi, Jerman di kala Perang Dunia II memiliki segudang ide kreatif yang sangat di luar nalar. Tak hanya sekadar ingin memiliki pesawat saja, mereka pun ingin ada senjata udara yang lebih. Dari sinilah tercipta sebuah kendaraan udara bernama Focke-Wulf Triebfluegel.

Bodohnya kendaraan ini ternyata terlalu susah didaratkan disebabkan baling-baling yang menyatu pada roket.

3. Puckle Gun

Foto: The Firearm Blog

Puckle Gun bisa dibilang adalah percobaan untuk mendapatkan senapan mesin kala itu. Puckle Gun setidaknya memiliki sejarah 300 tahun yang lalu dan sudah digunakan untuk peperangan. Namun hasilnya yang kurang memuaskan membuat investor enggan memasang modal di inovasi pada senjata ini dan pada akhirnya membunuh teknologi ini.

4. Rocket Belt

Foto: twitter.com/MaxwellRender

Sabuk roket ini sudah muncul pada 1960an dan sebenarnya sangat menjanjikan di mata orang-orang. Namun sepertinya hal tersebut tidak berlaku untuk orang militer. Jarak tempuh yang pendek menjadi alasan pihak militer untuk menolak produksi massal barang ini.

5. USS Macon

Foto: Robin Chapman News

Ini adalah senjata super Jerman kala pertengahan abad 20. Kendaraan udara ini mampu menampung beberapa pesawat perang kecil lainnya yang dapat lepas landas dari udara.

Namun peristiwa alam mengubah semua itu. Pada 12 Februari 1935, USS Macon jatuh dikarenakan kegagalan struktur akibat terjangan badai. Semenjak itu, kendaraan udara ini tak pernah diproduksi lagi.

Baca juga: Senjata Canggih Milik TNI yang Membuat Indonesia Disegani

(dwk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler