5 Situs Terbaik untuk Baca e-Book Gratis!

Nimas Disri . August 04, 2020

Foto: Stocksy

Teknologi.id - Saat harus menghabiskan banyak waktu di rumah seperti pada masa pandemi Covid-19 ini, kita akan mencari banyak kegiatan yang menyenangkan untuk mengisi waktu luang atau sekadar menghilangkan rasa bosan. Beragam aktivitas bisa dilakukan, seperti berkebun, olahraga, menonton film, hingga membaca buku. 

Baca Juga: 6 Aplikasi Ponsel Peningkat Produktivitas untuk Para Mahasiswa

Membaca buku merupakan alternatif kegiatan yang merangsang otak untuk berpikir lebih ringan, di samping rutinitas Work From Home yang terkadang menyesakkan. Buku-buku yang bisa dibaca juga beragam, tergantung genre yang disuka atau judul yang sedang hype saat ini. 

Jika tak ingin terlalu banyak membeli buku, kamu bisa membaca gratis dengan memanfaatkan beberapa situs di internet. Situs-situs ini legal dan menyediakan beragam judul e-book dari genre yang bervariasi. Sudah siap untuk berselancar dalam lautan buku? Inilah lima situs e-book gratis dan terbaik untuk kamu!

1. Project Gutenberg

Foto: Teknologi.id 

Situs Project Gutenberg merupakan penyedia layanan buku online gratis dengan lebih dari 60.000 e-book. Proyek ini digagas oleh Michael Hart yang telah mengumpulkan berbagai judul buku sejak tahun 1971. Genre buku yang disediakan beragam, mulai dari sastra, fabel, sejarah, hingga sains. Bagi penyuka novel klasik, mungkin situs ini tepat untuk kamu karena Gutenberg punya koleksi yang menarik!

2. Feedbooks

Foto: Teknologi.id 

Situs e-book Feedbooks ini menyediakan ragam jenis buku dari berbagai disipilin keilmuan, mulai dari keagamaan hingga sejarah. Buku-buku koleksi Feedbooks dapat kamu unduh secara gratis dan dibaca tanpa koneksi internet. Kamu juga dapat menikmati novel-novel klasik serta fantasi di sini. 

3. The Literature Network

Foto: Teknologi.id 

Situs ini tak hanya memberikan kamu kebebasan untuk membaca, tetapi juga akses untuk bergabung di komunitas buku. Di The Literature Network, para anggotanya aktif untuk membahas atau mendiskusikan secara terbuka tentang buku yang sedang dibaca. Namun sayangnya, kamu tidak dapat mengunduh buku yang ada dan hanya bisa dibaca saat gadget terkoneksi dengan internet. 

4. Manybooks

Foto: Teknologi.id 

Situs ini dibentuk pada tahun 2004 oleh sekumpulan orang-orang yang peduli akan sirkulasi buku. Manybooks memiliki lebih dari 50.000 judul buku yang dapat kamu unduh setiap saat. Untuk kamu yang suka dengan bacaan ringan, santai, dan ampuh melepas stres setelah seharian WFH, situs ini tepat sekali. Genre buku yang tersedia mulai dari romance, history, hingga science fiction

5. Aceh Books

Foto: Teknologi.id 

Pasca tsunami tahun 2004 silam, banyak buku di perpustakaan Aceh rusak, bahkan ada yang hilang. Kemudian, KITLV di Leiden berinisiatif untuk mendigitalisasi buku-buku penting mengenai Aceh lewat Aceh Books dan saat ini sudah tersedia sekitar 1.200 judul buku. Buku-buku ini mayoritas tersedia dalam bahasa Indonesia, Belanda, Inggris, dan beberapa bahasa Eropa. Koleksi buku di sini ada yang diterbitkan sejak abad ke-17 hingga edisi terbaru dari penerbit Indonesia maupun Eropa. Untuk kamu yang ingin membaca nasihat Snouck Hurgronje, di sini lengkap tersedia. 

Baca Juga: 5 Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark di HP Android

Nah, itu tadi lima situs buku online yang bisa kamu coba untuk mengisi waktu luang di sela-sela WFH. Menghibur diri sendiri itu penting, lho. Yuk, hibur dirimu dengan bacaan yang seru dari situs-situs di atas. Selamat mencoba!

(nd)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler