5 Senjata Asal Indonesia yang Diperebutkan Banyak Negara

Fabian Pratama Kusumah . February 25, 2021

Foto: Detik

Teknologi.id – Berbicara tentang alat utama sistem persenjataan (alutsista), banyak yang berpikiran Amerika Serikat atau Rusia memiliki alutsista yang maju dan juga canggih.

Jangan salah, negara Indonesia juga memiliki alutsista yang canggih bahkan banyak diperebutkan oleh banyak negara.

Berikut 5 senjata asal Indonesia yang diperebutkan banyak negara

1. Senapan Serbu SS-2

Foto: Pindad

Baca juga: Alasan Mengapa Manusia di Bumi Sangat Terobsesi oleh Mars

Senapan serbu SS-2 menjadi satu produk buatan Pindad yang laris manis di pasar internasional. Terdapat delapan varian dari senjata laras panjang seri SS-2 ini, di antaranya SS2-V7 subsonic, SS2-V5, SS2-V4-HB, SS2-V2, SS2-V1, SS2-V4, SS2-V5, SS2-V1 HB, dan SS2-V2 HB.

Seri SS-2 tersebut menggunakan amunisi kaliber 5.56 mm. Untuk penggunaan dalam negeri telah lebih dari 25 ribu unit senjata jenis ini digunakan pasukan TNI.

Sementara di luar negeri, senapan jenis ini telah masuk ke pasar Asia Tenggara dan Asia Tengah. Kelebihan senapan SS-2 memiliki akurasi dan tingkat stabil yang mumpuni.

2. Senapan Serbu Bawah Air

Foto: hobby militer

Senapan Serbu bawah Air (SSBA) merupakan salah satu senjata canggih lainnya yang dikembangkan Dinas Penelitian dan Pengembangan (Dislitbang) TNI AL dan Pindad.

Dikutip dari IDN Times hari Kamis 25 Februari 2021, peluru yang digunakan dalam SSBA memiliki kaliber 5,66 X 150 mm dengan berat 4,5 kg.

Jarak efektif tembakan SSBA ini antara 20-30 meter pada kedalaman air 5 meter. Salah satu keunikan SSBA, senjata ini menggunakan peluru khusus, yaitu pelurunya berbentuk runcing seperti jarum.

3. Sniper SPR-2

Foto:Pindad

Baca juga: Waduh! Netizen Indonesia Paling Tidak Sopan se-Asia Tenggara

Sniper SPR-2 merupakan jenis senapan anti material yang mampu menjebol lapisan baja setebal 10 mm dari jarak tembak 2 km, hal tersebut membuat berbagai negara mulai melirik senjata ini untuk digunakan untuk keamanan negaranya.

Dikutip dari Tagar.id hari Kamis 25 Februari 2021, kelebihan dari senapan SPR-2 yang lain mampu menembakkan peluru dengan kecepatan hingga 900m/detik, sehingga peluru bisa melesat mencapai target dengan jarak efektif 2 km, hanya dalam waktu kurang dari 3 detik.

Senapan jenis ini dikenal di banyak negara lantaran dianggap setara, atau bahkan mengungguli produk senapan-senapan anti material yang biasa digunakan oleh pasukan elit dunia, misalnya Black Arrow, Hecate II, NTW-20 atau Truvelo.

4. Pistol G2 Premium

Foto: Pindad

Pistol G2 Premium dipesan oleh salah satu negara ASEAN yaitu Laos. Negara tersebut percaya karena G2 Premium sudah teruji digunakan.

Fitur serta karakter pada G2 Premium sepenuhnya dikembangkan dari masukan para pengguna yang sebelumnya telah mencoba varian G2 Combat dan Elite.

G2 Premium menggunakan amunisi kaliber 9 mm serta jarak tembak efektif sampai dengan 25 meter. G2 Premium merupakan varian teratas dalam keluarga pistol G2.

5. SSX

Foto: Manyaw

Baca juga: Daftar Android RAM 6 GB dengan Harga Mulai dari Rp1 Jutaan

SSX dinilai mampu mengalahkan senapan serbu asal Rusia yang melegenda, yakni AK-47. SSX buatan Pindad menggunakan peluru dengan kaliber 7,62X51 milimeter sementara AK-47 memiliki kaliber 7,62 X 39 mm.

Senapan SSX ini dirancang dengan menggunakan method reverse engineering. Artinya, senjata ini dibuat dari gabungan sejumlah produk persenjataan hasil kerjaan Pindad maupun non-Pindad.

(fpk)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler