5 Bahasa Pemrograman yang Paling Mudah untuk Dipelajari di 2019

Teknologi.id – Belajar bahasa pemrograman tentu tidak semudah belajar bahasa Indonesia. Namun, tidak semua bahasa pemrograman sulit dipelajari. Ada beberapa bahasa yang cocok dipelajari untuk pemula.

Jika kamu ingin mencoba belajar bahasa pemrograman namun bingung memilih mana bahasa yang harus dipelajari lebih dulu, sepertinya kamu bisa mencoba mempelajari salah satu bahasa berikut ini.

Dilansir dari Technotification inilah 5 bahasa pemrograman yang paling mudah dipelajari di tahun 2019.

1. JavaScript

Gambar terkait

JavaScript adalah salah satu bahasa yang sangat diminati. JavaScript tidak sama dengan Java, mereka adalah dua bahasa yang berbeda.

Jika kamu tertarik dengan dunia web development, JavaScript merupakan pilihan terbaik untuk memulai belajar bahasa pemrograman. Javascript adalah bahasa pemrograman HTML dan Web yang digunakan secara luas di website untuk antarmuka yang lebih baik dan respons yang cepat.

2. Python

bahasa pemrograman yang mudah dipelajari 3

Python juga menjadi salah satu bahasa pemrograman yang paling mudah dipelajari untuk pemula. Digunakan di aplikasi web dan desktop, Python menawarkan beragam project yang cukup potensial. Python juga mendukung OOP, procedural, dan functional programming.

Alasan pertama mengapa Pythong mudah dipelajar adalah bahasa ini menggunakan baris kode yang sangat sedikit. Kamu dapat melakukan tugas yang rumit sekalipun hanya dengan mengetik beberapa baris kode.

Kedua, Python adalah bahasa scripting, Python memungkinkan programmer untuk menulis lebih banyak kode dalam waktu singkat. Bahasa ini juga tidak menekankan jenis sintaks yang harus digunakan oleh pemula.

3. Ruby

Hasil gambar untuk ruby programming

Ruby merupakan bahasa pemrograman yang dinamis yang dikembangkan oleh Yukihiro Matsumoto pada awal tahun 1990-an, dengan fokus pada syntax yang mudah dibaca oleh manusia. Bahasa ini mendukung berbagai paradigma pemrograman termasuk object-oriented, fungsional dan imperative, menjadikannya sangat fleksibel.

Seperti Python, Ruby simpel dan mudah dibaca, dan dikenal sebagai salah sata yang paling mudah untuk dipelajari. Mempelajari Ruby sedikit lebih mudah karena tidak perlu belajar banyak perintah. Ruby bisa digunakan untuk membuat aplikasi web, dan juga membuat blog web dengan mudah.

4. Julia

Gambar terkait

Julia adalah bahasa yang dikenali secara dinamis dan salah satu alternatif Python terbaik. Sintaksnya dapat dengan mudah dipahami oleh pemula. Ini adalah bahasa open source di mana sumber kode tersedia secara gratis untuk digunakan di GitHub. Alasan utama mengapa ada di daftar ini adalah Julia memiliki sintaks tingkat tinggi. Setiap programmer, entah seorang pemula atau yang berpengalaman akan dimudahkan menangani sintaks ini.

5. Java

Gambar terkait

Mungkin mengejutkan, tapi suka atau tidak, Java adalah salah satu bahasa pemrograman paling mudah untuk dipelajari pada tahun 2019. Java adalah bahasa pemrograman paling populer dan dianggap sebagai standar untuk bahasa yang berorientasi objek dalam industri. Dengan motto “Tulis sekali, jalankan di mana saja,” Java telah menjadi bahasa yang hampir universal dan dapat berjalan hampir di semua platform.

Referensi tentang Java sangat melimpah, sebagai pemula kamu tidak akan kesulitan untuk mendapatkan bantuan yang dibutuhkan. Keahlian Java-mu juga tidak akan sia-sia karena permintaan untuk programmer Java di pasar kerja masih sangat tinggi.

(DWK)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *