4 Indikator Keberhasilan dalam Email Marketing

Sagara Technology . January 31, 2022
Unsplash



Dalam dunia digital marketing, keberhasilan suatu kampanye itu subjektif, bergantung pada indikator keberhasilan yang kita tetapkan. Nah, artikel ini akan membahas khusus mengenai indikator keberhasilan dalam Email Marketing.

Email Marketing itu sendiri adalah upaya untuk berhubungan dengan customer atau calon customer dengan mempromosikan produk dan jasa kita melalui layanan Email.

Hal tersebut dilakukan atas harapan untuk membawa mereka kepada situs dari bisnis yang kita jalankan, dan pada akhirnya membuat pembelian. 

Pertanyaan yang muncul adalah; bagaimana kita tahu kampanye Email Marketing kita berjalan dengan baik?

Mari kita bahas 4 indikator keberhasilan dalam Email Marketing berikut ini.

  1. Open rate

Indikator keberhasilan dalam Email Marketing yang pertama adalah open rate. Sesuai dengan namanya, open rate adalah angka yang menunjukkan frekuensi dari dibukanya email kita oleh para customer.

Yang dapat kita petik dari angka open rate ini adalah seberapa efektif subjek dari email kita. Hal ini tidaklah heran, mengingat subjek email merupakan hal yang pertama kali dilihat oleh penerima email.

Tips bonus: pastikan kita menyematkan subjek email yang padat serta menarik.

  1. Click Through Rate

Setelah email dibuka, apa yang dilakukan oleh para penerima email? Apakah hanya dibaca? Atau ada link dan call-to-action yang diklik oleh para penerima email?

Klik terhadap link atau call-to-action di dalam email yang kita kirimkan itulah yang direpresentasikan oleh click through rate. Umumnya, perolehan click through rate ini jauh lebih sulit dibandingkan dengan open rate.

Tips bonus: klik yang dilakukan oleh penerima email pasti berdasarkan atas rasa ketertarikan. Oleh karenanya, pastikan tawaran serta call-to-actionnya sama-sama menarik.

  1. Conversion Rate

Indikator keberhasilan dalam email marketing yang ketiga adalah conversion rate. Sebagaimana istilah conversion diartikan dalam seluruh aspek digital marketing, indikator ini merujuk pada kesuksesan membawa customer untuk melakukan pembelian.

Dalam konteks email marketing, conversion rate jelas melampaui open rate dan click through rate. Selain pembukaan email dan klik yang dilakukan kepada link yang disematkan, conversion rate merepresentasikan adanya aksi konkrit yang dilakukan - seringkali berupa pembelian.

Tips bonus: pastikan link yang kita sematkan menuju langsung ke landing page terkait ya! Jangan sampai kita membuang-buang waktu customer dan malah menghalangi mereka untuk melakukan pembelian.

  1. Bounce Rate

Indikator terakhir adalah bounce rate. Berbeda dengan tiga sebelumnya, semakin kecil angka bounce rate, maka artinya semakin baik email marketing yang dijalankan.

Apa itu bounce rate? sederhananya, bounce rate dalam email marketing merupakan representasi dari banyaknya email-email yang gagal dikirim. Kasus umumnya disebabkan oleh alamat email yang salah.

Tips bonus: Bersihkan serta periksa secara berkala daftar alamat email yang kita miliki untuk menekan angka bounce rate.

Demikian 4 indikator keberhasilan dalam email marketing. Untuk dapat mempelajari apa itu email marketing secara lebih mendalam, kalian dapat merujuk ke artikel ini.





author1
teknologi id bookmark icon
author

Sagara Technology

Your Company

Tinggalkan Komentar

0 Komentar