10 Eksperimen Militer yang Tidak Dilanjutkan karena Gagal

Fabian Pratama Kusumah . February 15, 2021

Foto: Indonesia one

Teknologi.id – Kemajuan militer di suatu negara tentunya membutuhkan banyak inovasi-inovasi bahkan yang outstanding agar bisa lebih maju daripada negara lain.

Tidak semua eksperimen yang dilakukan berbuah kesuksesan, tetapi ada juga yang menemui kegagalan.

Berikut 10 eksperimen militer yang tidak dilanjutkan karena gagal yang dirangkum dari Sindonews hari Senin 15 Februari 2021.

1. Pistol matahari Nazi

Foto: Liputan6

Nazi mencoba membuat eksperimen yang terinspirasi dari kaca pembesar. Eksperimen tersebut yaitu mempunyai konsep sebuah “pistol matahari raksasa” yang akan mengorbit atmosfer terluar bumi.

Nazi akan membuat sebuah lensa raksasa yang diletakkan di luar angkasa. Saat Nazi sudah menentukan target yang dituju lalu cermin digunakan untuk memfokuskan cahaya matahari dari luar bumi untuk ditembakkan ke sasaran tersebut.

Pancaran sinar super panas dari pistol matahari Nazi diperkirakan dapat membakar manusia, menghancurkan sebuah kota, atau mengeringkan lautan.

Untungnya  eksperimen militer Nazi yang satu ini gagal dikembangkan. Nazi akhirnya lebih memilih senjata lain yang berhasil dikembangkan yaitu roket.

2. Bom bunuh diri anjing

Foto: ichi.pro

Baca juga: 5 Badan Intelijen Dunia Terbaik yang Ada di Dunia

Eksperimen ‘anti-tank dog' atau bom anjing anti tank ini melibatkan anjing sebagai senjata utama yang membawa bom di badannya.

Konsep eksperimen ini mirip bom bunuh diri. Anjing dilengkapi oleh 12 kilogram bom TNT. Anjing tersebut dilatih untuk membawa bom ke bawah tank.

Eksperimen ini akhirnya gagal karena para anjing justru berlari tidak beraturan (tidak menuju ke target) atau justru kembali ke tuannya.

3. Bom ‘gay’

Foto: Sindonews

Bom ini akan mengeluarkan sebuah zat kimia berjenis 'Aphrodisiac' yang dapat menurunkan rasa malu dan moral dari para tentara.

Efek jangka pendek dari gas yang keluar dari bom tersebut dapat membuat mereka melakukan hubungan intim dengan satu sama lain.

Eksperimen militer tentara AS ini telah dihapus karena gagal disempurnakan oleh para ilmuwan.

4.The Great Panjandrum

Foto: The Few Good Men

Eksperimen senjata ini berupa gerobak besar berpeluncur roket, dan memuat bahan peledak yang dirancang oleh militer Inggris selama Perang Dunia II.

Bagian paling berbahaya dari The Great Panjandrum adalah tabung berukuran satu meter yang terletak di bagian tengahnya. Sebab, tabung tersebut telah dipenuhi dengan bom.

Tetapi The Great Panjandrum tetap tidak bisa menggelinding sesuai dengan jalur yang ditentukan. Bom berjalan ini justru dapat menjadi senjata makan tuan bagi para tentara yang mengoperasikannya. Akhirnya eksperimen ini dihentikan.

5. Eksperimen kapal es raksasa Habbakuk

Foto: Sindonews

Baca juga: 5 Teknologi Canggih yang Dimiliki oleh CIA

Eksperimen militer ini bertujuan membuat sebuah kapal induk yang terbuat dari balok-balok es raksasa, tujuannya dijadikan landasan bagi jet-jet tempur.

Inggris menghentikan eksperimen ini karena dianggap sangat tidak mungkin untuk dibuat dan justru berbahaya mengingat pemanasan global dunia semakin berbahaya.

6. Spy cat

Foto: Interesly

CIA milik AS mengembangkan eksperimen militer dengan mengandalkan kucing. Hewan tersebut diberi beberapa alat mata-mata di dalam tubuhnya lewat sebuah operasi.

Saat uji coba pertama kucing tersebut tertabrak oleh taksi. Sejak saat itu, CIA menghentikan eksperimen militer aneh tersebut.

7. Bom kelelawar X-Ray

Foto: Sindonews

Amerika bertujuan untuk menyebar bom dalam jumlah besar di wilayah Jepang saat dini hari menggunakan kelelawar.

Eksperimen yang menggunakan 1.000 kelelawar di daerah gurun California ini akhirnya dihentikan karena pemerintah lebih memilih penggunaan bom atom untuk mengakhiri perlawanan Jepang di Perang Dunia ke-2.

8. Bom bau busuk

Foto: Sindonews

Baca juga: Raiders B-21: Pesawat Pengebom “Terkeren” Abad Ini

Bom ini dibuat Perang Dunia ke-II oleh AS yang bertujuan melumpuhkan indera penciuman tentara musuh.

Saat bom ini meledak, bau yang sangat menyengat akan dikeluarkan dan menempel pada tentara atau barang-barang di sekitarnya.

Bom ini menggabungkan berbagai bau busuk di dalamnya, termasuk bau kotoran manusia.

9. ‘Project Orcon’

Foto: Pigeons aren't real

Seekor burung dara akan dipasangkan pada sebuah roket, bersama dengan sebuah layar yang dapat menampilkan sasaran.

AS menghentikan eksperimen ini karena merpati ternyata tidak mampu membawa roket tersebut ke sasarannya.

10. Eksperimen paranormal Stargate

Foto: flipboard

Eksperimen gabungan antara CIA dan DIA (organisasi paranormal AS) ini bertujuan mengumpulkan informasi terkait dunia militer menggunakan jasa paranormal.

Setelah diperkirakan menghabiskan triliunan rupiah, eksperimen paranormal Stargate akhirnya dihentikan karena dianggap gagal dan hanya menghabiskan uang.

(fpk)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler