Wow, Kamera OnePlus 8 Pro Punya Fitur Tembus Pandang!

abdurrahmansaleh . May 18, 2020

oneplus 8 pro

Foto: Android Infotech


Teknologi.id - Baru-baru ini netizen dihebohkan dengan kemampuan kamera OnePlus 8 Pro yang memiliki fitur untuk melihat tembus pandang bagaikan alat sensor X-Ray!

Kabar tersebut beredar dari unggahan video di Twitter Ben Geskin, seorang pembocor gadget, yang memperlihatkan kemampuan kamera OnePlus 8 Pro untuk melihat tembus pandang sejumlah objek seperti Apple TV, remote Switch, dan kaos tipis berwarna hitam.

Kemampuan tembus pandang kamera OnePlus 8 Pro disebut-sebut berkat adanya fitur "Photochrom" dan juga penggunaan lensa khusus 5 megapiksel di bagian belakang. Lensa tersebut sengaja dibuat tanpa filter warna ataupun inframerah (IR) untuk menghasilkan efek "artistik". Dengan demikian, lensa tersebut mampu menangkap cahaya inframerah yang tak bisa direkam oleh kamera lain pada umumnya.

Baca JugaSamsung Galaxy M21 Resmi Rilis di Indonesia, Berapa Harganya?

Untuk mencoba penggunaan fitur tembus pandang ini pengguna cukup membuka aplikasi kamera, geser ke filter warna "Photochrom".

Setelah filter "Photochrom" tersebut dinyalakan, arahkan kamera ke beberapa objek berwarna hitam. Nantinya kamera OnePlus 8 Pro akan bisa melihat menembus benda yang normalnya tidak terlihat transparan oleh mata manusia, seperti baju atau plastik.

Namun fitur ini disebut hanya bekerja untuk objek berwarna hitam tipis. Selain itu filter ini juga bisa melihat seperti apa cahaya inframerah yang dipancarkan oleh benda seperti remote atau teknologi Face ID di iPhone.

Foto: YouTube Ben Geskin


Salah satu kanal YouTube terkenal bernama Unbox Therapy, juga menjajal kemampuan fitur kamera OnePlus 8 Pro dan benar saja dia berhasil melihat seluruh benda yang ada di balik objek berwarna hitam dengan cukup jelas.


Baca juga: Tokopedia Kini Bisa Diakses Tanpa Kuota Internet, Begini Caranya

Hingga saat ini pihak OnePlus sendiri belum memberikan komentar terkait filter berkemampuan tembus pandang tersebut. Apakah mereka juga tau bahwa filter mereka bisa digunakan untuk melihat benda secara tembus pandang atau tidak.

Sebelumnya, pada 1998, Sony pernah terpaksa melakukan recall atau penarikan salah satu model camcorder besutannya gara-gara fitur kamera yang menghasilkan efek serupa. Bisa dibayangkan masalah privasi yang muncul apabila kamera bisa melihat menembus baju.

(Rmn)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

0 Komentar