Perbedaan Notebook dan Netbook yang Wajib Kamu Ketahui

Annisa Fadillah . September 21, 2020

Foto : Perbedaan Notebook dan Netbook

Teknologi.id - Kebutuhan akan komputer jinjing sudah tidak bisa lepas dari sebagian masyarakat di era modern ini. Semakin ringan dan efisien suatu komputer jinjing, pastinya akan semakin memudahkan pekerjaan kita. Selain laptop, jenis komputer jinjing juga terdiri dari Notebook dan Netbook. Jadi, apa sih perbedaan di antara keduanya ?

1. Notebook


Foto : Notebook

Notebook adalah salah satu jenis komputer jinjing yang mirip dengan laptop, tetapi didesain lebih ringan dan ramping. Ukuran layar yang dimiliki Notebook berkisar 12-17 inchi. Namun, biasanya Notebook memiliki ukuran layar sekitar 14 inchi dan tebal 3 inchi.

Dilihat dari ukurannya yang lebih kecil dari laptop, Notebook biasanya tidak memiliki CD maupun DVD room. Notebook menjalankan software yang sama seperti desktop yaitu Windows, MacOS, atau Linux. Fungsi Notebook adalah untuk memberikan kemudahan kepada pengguna komputer untuk menjalankan atau mengerjakan pekerjaan dimana saja dan kapan saja.

Kekurangan dari Notebook ini adalah konsumsi daya yang cukup besar. Sehingga, apabila Anda tengah melakukan suatu pekerjaan menggunakan Notebook, lebih baik kalau sambil di-charge. Jika hanya mengandalkan baterai standar, kemungkinan Notebook hanya dapat bertahan sekitar 1 atau 2 jam.

Baca Juga : Perbedaan Sleep dan Shut Down di Laptop

2. Netbook

Foto : Netbook

Netbook sendiri terdiri dari kata Internet dan Notebook. Netbook juga termasuk kedalam salah satu jenis komputer jinjing yang didesain untuk memenuhi kebutuhan komunikasi nirkabel dan mengakses internet secara portabel. Layarnya rata-rata berukuran antara 7-12 inchi. Fungsi dari Netbook sendiri adalah untuk mengerjakan pekerjaan ringan seperti mengetik dan berselancar di internet.

Prosesor yang digunakan dalam Netbook umumnya adalah prosesor kelas bawah. Prosesornya bahkan tergolong lambat jika menggunakan Netbook untuk pekerjaan berat. Tujuan dari penggunaan prosesor kelas bawah ini yaitu untuk menghemat konsumsi daya. Namun, dengan perkembangan teknologi smartphone dan tablet dewasa ini  nampaknya membuat popularitas netbook menurun.

Baca Juga : Cara Menghapus Cache Laptop Biar Nggak Lemot!

Setelah mengetahui perbedaan di antara keduanya, jadi mau pilih yang mana nih ? Pastinya harus disesuaikan dengan kebutuhan ya. Apabila Anda membutuhkan perangkat untuk bekerja, kami sarankan memilih Notebook atau Laptop. Namun, jika kebutuhan Anda hanya untuk browsing santai atau bermain game ringan, maka Netbook bisa jadi pilihan yang tepat.

(af)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya