E-Reader Lipat Buatan E Ink Siap Gantikan Kertas dan Bolpoin

Indah Mutia Ayudita . August 11, 2020

Prototype Foldable E-reader dari E Ink. Foto: GoodReader

Teknologi.id - Ponsel pintar lipat perlahan mulai banyak ditemui pada beberapa ponsel flagship terbaru di pasaran. Bagaimana dengan e-readers yang bisa dilipat?

E Ink Corporation, perusahaan yang fokus pada pengembangan teknologi kertas digital tengah mengembangkan teknologi ini. Pengujian terakhir yang dilakukan E Ink sepertinya akan menjadi angin segar yang membawa terobosan baru untuk e-reader yang bisa dilipat.

Baca juga: Huawei Hadirkan MatePad T8, Tablet Murah Seharga Rp 1 Jutaan

E Ink menujukan hasil uji cobanya melalui sebuah video yang diunggahnya pada platform YouTube. Versi awalnya sudah hadir sejak bulan Juni lalu, namun teknologi terbaru menambahkan engsel yang lebih kokoh dengan 5 tombol pada sisi bagian kanan perangkat, dan dua penccahaan pada bagian atas.

Teknologi e-reader dari E Ink juga dilengkapi dengan teknologi dari Wacom untuk menulis catatan, membuat anotasi, sampai menandai bagian paragraf dengan stylus.

Foto: GoodEReader.com

Secara keseluruhan, konsep ini cukup menarik. Seperti halnya pada ponsel lipat, e-reader lipat juga menjanjikan layar lebih lebar dalam kemasan yang lebih kecil.

Format ini juga menyenangkan karena perangkat tersebut tampak seperti buku sungguhan. Apalagi dengan tambahan untuk menulis catatan dan sinkronisasi bahan bacaan, maka e-reader ini menjelma menjadi perangkat yang lumayan bermanfaat.

Baca juga: Perbedaan Tempered Glass Asli dan Palsu, Cek Sebelum Beli!

Namun, sepertinya teknologi ini belum siap dipasarkan. Bezelnya masih terlalu besar dan tebal, pencahaannya tampak seperti gadget jadul dari tahun 90-an, sementara ketika menulis catatan pada e-reader umumnya terkendala latensi yang terlalu rendah.

Pasar penggunaan e-readers untuk menulis catatan tentunya masih bisa dikembangkan lagi, namun masih belum cukup kuat untuk menggantikan kertas dan bolpoin manual. Meski begitu, teknologi ini tentu sangat layak ditunggu perkembangannya.

(im)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya