Tips Mahasiswa ITB Lolos Beasiswa IISMA

Nurul Afifah . May 30, 2022


Tips Mahasiswa ITB Lolos Beasiswa IISMA

Foto: pixabay


Teknologi id – Program beasiswa pemerintah, Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar di luar negeri. IISMA sendiri merupakan program yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). 


Program ini menjadi bagian dari rangkaian Kampus Merdeka yang memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan studi di luar negeri selama 6 bulan.


Sejumlah mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) lolos beasiswa tersebut diantaranya Miranda Betsheba Gabriella dari program studi Manajemen 2020, Muhammad Luqman dari program studi Desain Interior 2020, dan Galuh Mawarni Matahariputri dari program studi Desain Komunikasi Visual 2020. 


Baca juga: LPDP Siapkan Beasiswa S2 Bidang Metalurgi dan Sains Material


Miranda lolos untuk pertukaran pelajar ke University of Liverpool, Luqman ke University De Granada, dan Galuh ke University of Adelaide.


Ketiganya mahasiswa tersebut membagikan beberapa tips agar dapat lolos menjadi Awardee IISMA 2022. 


Menurut Miranda sendiri, ada tiga poin yang penting diperhatikan dalam mendaftar IISMA yaitu menggali informasi dari orang yang mempunyai pengalaman mengikuti IISMA sebelumnya, menyadari kapabilitas diri, serta memperhatikan indeks prestasi akademik.


Luqman turut menambahkan bahwa diperlukan persiapan tes untuk mendapatkan sertifikat bahasa Inggris. 


"Buat teman-teman yang ingin mendaftar mungkin bisa start lebih awal seperti les bahasa Inggris untuk persiapan tes IELTS, toefl, atau duolingo sebelumnya. Terus banyak-banyak cari informasi dengan gabung grup-grup pejuang IISMA di line atau telegram dan follow akun-akun instagram yang banyak info mengenai IISMA,” ucap Luqman.


Baca juga: Google Beri 10 Ribu Beasiswa, Upaya Penurunan Angka Pengangguran


Galuh memberi beberapa tips ketika mendaftar beasiswa IISMA. Katanya, prestasi dan organisasi itu penting, namun lebih penting adalah apa dampak dari yang prestasi atau organisasi yang diikuti dan dipelajari. 


Menurutnya, untuk mahasiswa yang ingin daftar program ini lebih baik menyiapkan esai sejak jauh-jauh hari sehingga ketika ada perubahan dari persyaratan maka dapat diperbaiki secepatnya. Galuh juga membagikan kiat-kiatnya mendaftar beasiswa IISMA di media sosialnya.

Apa itu IISMA?

Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) merupakan skema beasiswa Pemerintah Republik Indonesia untuk mendanai mahasiswa Indonesia untuk program mobilitas di universitas terkemuka di luar negeri. 


Mahasiswa sarjana (S1) dapat menghabiskan satu semester atau selama enam bulan di universitas mitra luar negeri untuk belajar, merasakan budaya negara tuan rumah dan melakukan tugas praktis untuk meningkatkan keterampilan mereka. Program ini selalu mengejar negara-negara yang lebih luas tiap periodenya dan universitas yang masuk dalam top 100 kelas dunia.


Baca juga: Raih Beasiswa Chevening ala Mahasiswa University of Edinburgh


Skema ini dikelola secara terpusat oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Dikti), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud) dan terbuka untuk mahasiswa sarjana dari seluruh Perguruan Tinggi Indonesia di bawah Ditjen Dikti.


Untuk informasi lebih lengkapnya, dapat kunjungi site.iisma.id, untuk persyaratan lengkapnya. Ikuti media sosial di instagram iisma_ri untuk informasi terbaru.


(na)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar