YouTube jadi Media Sosial Sering Digunakan Indonesia, Simak Konten yang Ditontonnya

YouTube Foto: Unsplash.com/CardMapr.nl

Teknologi.id - Menikmati menonton video merupakan salah satu kegiatan yang disenangi di kalangan banyak orang. Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini semua orang dapat dengan mudah melakukan streaming ataupun berbagi berbagai video di internet. Sebuah platform di mana orang-orang dapat berinteraksi satu sama lain, mendapatkan lebih banyak informasi, ataupun membutuhkan inspirasi oleh orang-orang di dunia dapat dilakukan melalui YouTube.

Platform ini telah menjadi media yang sangat populer bagi semua orang, khususnya di Indonesia. Pada Januari 2023, di antara berbagai jenis media sosial yang ada, YouTube merupakan yang paling sering digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Hal ini dinyatakan dalam survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dengan jumlah sebanyak 65,41 persen.

Banyaknya pengguna dari YouTube di Indonesia sendiri, salah satu faktornya karena jumlah penduduknya yang besar, seperti yang dilansir dari laporan Databoks - Katadata, per 31 Januari 2023, ada sekitar 273,52 juta penduduk di Indonesia. Selain itu, dengan semakin banyaknya orang yang memiliki akses pada ponsel dan juga internet membuat jumlah pengguna Youtube di Indonesia terus bertambah.

Baca Juga: Cara Akses YouTube Premium Gratis Selamanya!

YouTube Media Sosial yang Sering Digunakan di Indonesia

Foto: Data Indonesia

Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, ada banyak platform media sosial yang beragam saat ini yang memiliki karakteristik, sehingga pengguna dapat memiliki pengalaman yang berbeda-beda. Menurut Data Indonesia, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyatakan bahwa sebanyak 65,41 persen, YouTube telah menjadi media yang paling sering digunakan di Indonesia.

Setelah itu ada Instagram dan TikTok yang masing-masing digunakan sebanyak 30,51 persen dan 26,80 persen. Kemudian, sebanyak 1,57 persen menggunakan WhatsApp. Adapun sebanyak 0,91 persen menyatakan sering menggunakan Twitter. Terdapat juga 0,17 persen yang menggunakan Snake Video. Sementara responden yang rutin menggunakan LinkedIn dan Google masing-masing sebesar 0,06 persen dan 0,03 persen.

Sebagai informasi, APJII melakukan survei terhadap 8.510 responden di Indonesia pada periode 10-27 Januari 2023. Survei ini dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan margin of error sebesar 1,14 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Konten Video yang Paling Banyak Ditonton di YouTube


Foto: GoodStats Data

Beragamnya konten yang tersedia, tentunya setiap orang memiliki preferensi yang berbeda-beda. Seperti yang dilansir dari GoodStats Data, berdasarkan hasil laporan Statista, video musik dan anak-anak menjadi salah satu konten yang paling banyak ditonton di YouTube pada Februari 2023. Seperti yang telah kita ketahui, penggemar musik dan anak-anak di seluruh dunia telah berkontribusi terhadap jumlah penayangan di YouTube.

Baca Juga: Cara Agar YouTube Tetap Berjalan Meski Layar HP Dimatikan

Pada peringkat pertama, video "Baby Shark Dance" dari Pinkfong––perusahan hiburan edukasi Korea Selatan– telah merilis pada tanggal 17 Juni 2016. Pada Januari 2021, video tersebut telah menjadi video YouTube pertama yang melampaui 10 miliar penayangan. Di posisi kedua ada video musik "Despacito" dari Luis Fonsi dan Daddy Yankee dengan total penayangan sebanyak 8,1 miliar. Musik yang dirilis pada tahun 2017 ini telah memainkan peran dalam mempopulerkan kembali musik pop Spanyol kepada para pendengar biasa.

Selanjutnya, di peringkat ketiga dan keempat, ada "Johny Johny Yes Papa" dari LooLoo Kids dengan 6,59 miliar penayangan dan "Bath Song" dari Cocomelon dengan 5,96 miliar penayangan. Pada posisi kelima ada lagu "Shape of You" dari Ed Sheeran dengan 5,89 miliar tayangan, yang telah dirilis tahun 2017 memuncaki berbagai tangga lagu di seluruh dunia.

Setelah itu, Wiz Khalifa berkolaborasi dengan Charlie Puth merilis "See You Again" yaitu soundtrack film Furious 7 yang dirilis pada tahun 2015 ini berhasil meraih 5,76 miliar penayangan menempati posisi keenam. Di posisi ketujuh dan kedelapan ada konten anak=anak, "Phonics Song with Two Words" dari ChuChu TV dan "Wheels on the Bus" dari Cocomelon dimana masing-masing meraih 5,12 miliar dan 4,84 miliar penayangan.

Mark Ronson dan Bruno Mars telah merilis lagu "Uptown Funk" pada 2015 ini menempati peringkat kesembilan dengan 4,82 miliar penayangan. Pada peringkat terakhir ditempati oleh "Learning Colors - Colorful Eggs on a Farm" yang dirilis 2018 oleh Miroshka TV asal Rusia meraih total penayangan sebesar 4,8 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.

(raa)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar