Smart TV Android 10 Pertama Segera Hadir di Indonesia

Rima Fidayani Rizki . October 05, 2020

Foto: Marketeers

Teknologi.id - Televisi pintar pertama berteknologi Android 10 akan segera hadir di Indonesia pada 9 Oktober mendatang. Produk tersebut adalah keluaran dari Skyworth, produsen barang elektronik asal China, yang dinamai dengan televisi Coocaa CUC7500.

Baca Juga: Super Premium, Ini Harga Mi TV LUX Pro 82-inch 8K 5G

"Launching dalam dua ukuran, 50 inci dan 55 inci, dengan desain Infinity Screen 98,6 persen, TV ini sudah dibekali Android 10.0, di mana Android keluaran terbaru, satu-satunya TV di Indonesia yang menggunakan sistem operasi ini," ucap perwakilan Skyworth, Teo Puspito, pada konferensi virtual di hari Sabtu (3/10), dikutip dari Republika, Senin (5/10).

Teo menjelaskan bahwa televisi pintar tersebut tak hanya berjalan dengan sistem Android 10, tetapi juga memiliki RAM 16GB dan ROM 8GB. Selain itu, televisi pintar ini bisa mengkompresi file dan sistem penyimpanan gambar karena dilengkapi dengan teknologi AV1 Codec.

Televisi Coocaa yang dilengkapi dengan teknologi Chameleon Extreme 2.0 akan memberikan berbagai peningkatan, seperti pengaturan piksel, kejelasan gambar, penyesuaian warna kulit, kontras, pembaruan warna, penyesuaian gambar secara dinamis, dan lain-lain. Televisi tersebut memiliki ketebalan 32mm.

Paxton Lam, Marketing Department Head Skyworth, menjelaskan bahwa teknologi dari Chameleon Extreme ini bisa menganalisis karakteristik konten gambar dengan perhitungan dari Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang tertanam di dalamnya. Selain itu, teknologi tersebut juga bisa meningkatkan kejernihan gambar dengan memperbaiki kontur dan garis detailnya.

“Chameleon Extreme juga membuat AI menjadi lebih optimal sehingga dapat dengan maksimal mengatur kecerahan dan kontrol setiap bagian layar," ucap Paxton.

Keunggulan lain dari smart TV Coocaa ini ialah memiliki sudut pandang yang luas. Ada pula fitur proteksi mata untuk meminimalkan bahaya dari pantualn cahaya biru televisi. Untuk kualitas suara terbaik, televisi tersebut dibekali dengan Dolby Atmos dan DTS Trusurround.

Baca Juga: Twitter Garap Fitur "Birdwatch" untuk Lawan Misinformasi

Dapat dikatakan bahwa TV Coocaa tersebut memiliki banyak keunggulan. Televisi tersebut diklaim memiliki warna yang lebih besar dibandingkan TV LED konvensional lainnya, yakni hingga 83 persen NTSC. Ada pula fitur yang memberikan gambar tetap jernih dalam kecepatan tinggi, saat menonton siaran olahraga dan sejenisnya, bernama S-Motion.

Pada peluncurannya tanggal 9 Oktober mendatang, penjualannya akan dilakukan melalui sistem bidding online dengan harga terunik mulai dari Rp0 hingga Rp1 juta.

(rf)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler