WhatsApp Pay Diblokir di Brasil, Ada Apa?

Alda Yuriska . June 25, 2020

Foto: Financial Times

Teknologi.id - Usai resmi diluncurkan15 Juni lalu di Brasil, sepekan kemudian layanan pembayaran besutan WhatsApp yakni WhatsApp Pay diblokir oleh pemerintah Brasil. Hal ini terpantau usai Bank Sentral di Brasil meminta Visa dan Mastercard untuk menangguhkan semua transaksi melalui WhatsApp Pay. Ada apa ya?

Ternyata, salah satu alasan yang katakan Bank Sentral dibalik pemblokiran WhatsApp pay ini, lantaran pihaknya ingin memastikan kompetisi yang sehat di sistem pembayaran digital. Selain itu, Bank Sentral juga mengatakan bahwa pihaknya belum sempat menganalisis layanan WhatsApp Payment sebelum resmi diluncurkan di negaranya. Bahkan, selain alasan soal kompetisi, Bank Sentral juga menyoroti soal keamanan data pribadi pengguna.

Baca Juga: Valorant Patch 1.02 Rilis, Banyak Update Baru!

"Alasan keputusan Bank Sentral adalah untuk menjaga lingkungan kompetitif yang memadai, memastikan sistem bisa beroperasi, cepat, aman, transparan, terbuka dan sistem pembayaran yang ekonomis," jelas perwakilan bank sentral Brasil.

Diketahui, Bank Sentral Brasil sedang menyiapkan layanan pembayaran digital sendiri bernama PIX yang akan diluncurkan pada bulan November mendatang yang diketahui telah menggandeng hampir 1.000 pemain industri.

Terkait dengan keputusan yang dilontarkan oleh Bank Sentral Brazil ini, Facebook selaku pemilik WhatsApp menanggapi persoalan ini dengan mengajukan banding ke Dewan Administratif Pertahanan Ekonomi Brasil. Perwakilan WhatsApp berasumsi bahwa tujuan proyek ini adalah untuk memberikan layanan pembayaran digital yang terbuka bagi 120 juta pengguna WhatsApp di Brasil. Dalam menjalankan misinya ini, WhatsApp mengatakan bahwa mereka juga akan menggandeng mitra lokal dan Bank Sentral. 

Baca Juga: Ikuti Jejak PUBG, EA Mau Apex Legends Jadi Game Mobile

"Sebagai tambahan, kami mendukung proyek pembayaran digital PIX milik bank sentral dan bersama para mitra, kami berkomitmen untuk bekerja sama dengan Bank Sentral untuk mengintegrasi sistem kami ketika PIX sudah tersedia," jelas perwakilan WhatsApp yang dilansir dari The Next Web (25/06/2020).

Terkait dengan permasalahan ini, pengadilan negeri akan membuka kasus ini untuk menentukan apakah WhatsApp dan para mitranya harus melapor ke otoritas lebih dulu sebelum mengoperasikan WhatsApp Payment. Saat ini, Brasil merupakan negara pertama yang memungkinkan WhatsApp Payment beroperasi secara nasional. Sebelumnya, WhatsApp Payment juga sempat dikabarkan akan hadir di Indonesia dengan menggandeng sejumlah mitra lokal. Namun program tersebut belum tercium kabar baiknya hingga saat ini. 

(ay)





author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya