TikTok Jalin Kerjasama dengan Sony Music

Super Intern . November 03, 2020

Foto: New York Post

Teknologi.id - TikTok pagi ini, Selasa (3/11/2020), mengabarkan bahwa mereka telah menandatangani perjanjian lisensi baru dengan Sony Music Entertainment (SME).

Kerjasama yang dijalin oleh kedua pihak akan memungkinkan aplikasi tersebut menawarkan lagu dari artis yang bernaung di bawah Sony Music untuk digunakan oleh TikTok creator di platform-nya.

Perjanjian itu juga akan membuat perusahaan bermitra dalam upaya mempromosikan artis-artis Sony Music. Selain itu, mereka akan memberi akses pada TikTok creator ke daftar lagu-lagu hits saat ini melalui audio clip dari label rekaman musik besar itu.

Tanpa menjelaskan secara rinci, TikTok menambahkan bahwa kerjasama ini dibentuk untuk mendukung perkembangan kreativitas para pengguna TikTok dan mendorong peluang baru untuk keterlibatan penggemar dengan artis dari Sony Music.

Hal ini menunjukkan bahwa kedua perusahaan dapat bekerja sama dalam upaya promosi yang lebih dari sekadar menampilkan lagu-lagu dari Sony Music.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Watermark TikTok Tanpa Aplikasi

Melalui kerjasama dengan berbagai label musik seperti Sony Music, memungkinkan TikTok untuk membuat campaign dalam membangun koneksi yang lebih baik lagi dengan penggemar. TikTok telah mencapai kesepakatan lisensi jangka pendek dengan Universal, Sony dan Warner awal tahun ini.

Meskipun TikTok pada akhirnya harus meningkatkan pembayarannya ke beberapa label musik, hal itu terjadi tanpa kekuatan negosiasi. Aplikasi video yang sedang booming ini menghadirkan kemampuan yang telah terbukti untuk mendorong lagu-lagu baru menduduki music chart, bahkan mendobrak karier untuk para artis baru.

Buka peluang

Pihak TikTok tahun lalu mengatakan bahwa tidak ada aplikasi baru lainnya yang membantu memecahkan banyak lagu hits selain TikTok. Merujuk pada lagu yang paling banyak didengarkan tahun ini, yaitu "Old Town Road" dari Lil Nas X, "Sweet But Psycho" dari Ava Max, serta "Slow Dancing in the Dark" dari Joji, merupakan contoh kekuatan pemasaran TikTok.

Billboard hari ini juga mencatat bahwa TikTok mendorong artis naungan Sony Music mendapatkan perhatian dunia, seperti Doja Cat, pelantun "Say So" dan x24kGoldn, pelantun "Mood". Cara pemasaaran TikTok juga membantu Sony menemukan bakat baru.

Seperti label rekaman musik Columbia yang menandatangani artis TikTok viral, diantaranya ialah Lil Nas X, Powfu, StaySolidRocky, Jawsh 685, Arizona Zervas, dan x24kGoldn. TikTok menunjukkan kekuatannya dalam membantu artis menjangkau penggemar di tengah pandemi, mengetahui ruang dan waktu sangat terbatas untuk menyelenggarakan konser secara langsung. 

Baca Juga: TikTok Lawan Iklan yang Promosikan Bentuk Badan Tak Sehat

“Video pendek telah berkembang menjadi bagian baru yang menarik dari ekosistem musik. Hal itu berkontribusi pada pertumbuhan secara keseluruhan dan cara penggemar merasakannya,” jelas Dennis Kooker, presiden, Digital Global Business, dan penjualan di AS untuk Sony Music Entertainment.

“TikTok adalah pemimpin dalam bidang ini dan kami senang dapat bermitra dengan mereka untuk mendorong penemuan musik, memperluas peluang kreativitas, dan mendukung karier artis,” tambahnya.

(bal)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler