Skala Prioritas untuk Bisnis yang Lebih Lancar!

Onstock Indonesia . May 27, 2021

Di bayangan sebagian besar orang, berbisnis menciptakan kesan keren dan mandiri. Ada rasa bangga yang muncul ketika pada akhirnya bisa mengelola bisnis dengan kita sebagai pemiliknya. Kita bisa berkenalan dengan orang banyak dan memimpin perusahaan atau bisnis yang kita impikan.

Sayangnya, itu hanya imajinasi, sebab nyatanya, bisnis itu bikin repot dan lelah. Kamu harus dihadapkan pada beragam pekerjaan yang saling terhubung dan memengaruhi, mulai dari marketing, sales, riset dan pengembangan produk, hingga bagaimana mengelola pelanggan serta membranding bisnis kalian dengan baik dan tepat agar diingat oleh pelanggan. Banyaknya pekerjaan ini kadangkala membuat kalian bingung terkait mana yang harus didahulukan untuk dijalankan.

Tapi, kamu nggak usah khawatir. Meski bisnis memang repot dan melelahkan, kamu nggak selamanya harus tenggelam dalam keadaan begitu. Makanya, kamu perlu memiliki yang namanya skala prioritas!

Apa Aja Gunanya Skala Prioritas dalam Berbisnis?

Skala prioritas pada dasarnya merupakan daftar kebutuhan yang kamu bisa susun berdasarkan tingkat kepentingan atau kebutuhannya, mulai dari yang paling penting dan dibutuhkan, hingga yang kurang penting dan kurang dibutuhkan serta bisa ditunda untuk dilakukan.

Dalam berbisnis, skala prioritas sangat membantumu untuk memilah mana yang penting dan mana yang kurang penting dan mendesak untuk bisnismu. Dengan begitu, skala prioritas juga secara tidak langsung membantumu untuk lebih fokus dalam menuangkan waktu dan usaha lebih untuk aktivitas dan aspek bisnis tertentu yang lebih penting dibandingkan aspek lainnya yang kurang penting. Pada akhirnya, kamu bisa mengelola bisnismu dengan lancar dan tetap berkembang.

Simak tips biar kamu lebih mudah membuat skala prioritas:

1. Buat catatan detil

Tuliskan seluruh kegiatan dan aspek bisnis yang ingin kamu masukkan. Buat secara detil agar kamu bisa memahami dan menganalisanya lebih mudah nantinya.

2. Lakukan analisa mendalam

Setelah semua aktivitas dan kegiatan kamu catat, kamu harus selalu menganalisa berbagai faktor yang memengaruhi beragam aktivitas yang akan kamu masukkan ke dalam skala prioritas tersebut. Artinya, kamu harus analisa dan menilai tingkat kepentingannya, kemampuan finansial dan keahlian bisnis, prospek yang ada di masa depan. Lalu, lihatlah mana yang penting dan mampu untuk kamu lakukan hingga mana yang kurang penting dan kurang mampu kamu lakukan. Barulah, setelah semua kamu analisa, kamu bisa menyusunnya beserta semua hal yang kamu perlukan untuk mengerjakan setiap aktivitas yang kamu prioritaskan.


Kunci dalam skala prioritas bukan hanya pada penyusunannya, tetapi juga pada pelaksanaannya. Kamu hanya perlu tetap fokus dan disiplin dalam setiap pelaksanaannya. Diperlukan komitmen untuk tetap menjaga konsistensi pelaksanaan setiap skala prioritas. Memang nggak mudah, namun butuh pembiasaan untuk bisa menerapkan skala prioritas secara perlahan ke dalam bisnismu. Selamat menyusun skala prioritas ya!


author0
teknologi id bookmark icon
author

Onstock Indonesia

Onstock Indonesia

Tinggalkan Komentar

0 Komentar