Punya Sosial Media Saja Bukan Digital Marketing, Kenapa?

Yasmin Kamila . April 09, 2021
Foto: The Jakarta Post

Teknologi.id - Digital marketing atau pemasaran digital adalah materi yang sudah sangat banyak dibahas belakangan ini. Sejak globalisasi yang dimulai besar-besaran pada tahun 2012, dimulai dari aplikasi Facebook sebagai media untuk berbagi pengalaman dan YouTube sebagai media hiburan untuk menonton video.

Dari awalnya pengguna Facebook hanya posting kegiatan sehari-hari mereka, tidak jarang juga pengguna mengambil kesempatan untuk posting barang jualannya.

Digital marketing sederhana demikian sudah terjadi tahun 2012 silam. Di tahun 2021 ini, setelah 9 tahun Facebook melakukan pembaruan, tentunya dengan semakin banyakya pengguna yang mengakses Facebook, digital marketing dengan cara tersebut sudah tidak relevan lagi.

Baca juga : 5 Alasan Penting Digital Marketing Sangat Penting untuk Perusahaan

Instagram yang merupakan sosial media milik Facebook juga memiliki banyak algoritma yang mendukung penggunanya untuk tetap aktif menggunakan platform Instagram sebagai sarana mencari teman, komunitas atau pelanggan.

Dalam pembahasan digital marketing, yang dibahas didalamnya tidak akan jauh-jauh dari dua platform raksasa yaitu Google dan Facebook. Dengan pemikiran awal bahwa dengan kita posting produk di sosial media maka produk kita akan dapat dijangkau oleh publik, hal tersebut dapat dibilang kurang benar.

Instagram memiliki lebih dari 100 post baru dalam 1 detik dari seluruh dunia. Hal tersebut tidak memungkinkan bagi pengguna untuk meraih penonton secara organik dengan algoritma Facebook dan Instagram yang ada. Memiliki akun Facebook dan Instagram adalah langkah awal dari sebuah digital marketing, tapi tentu saja itu tidak cukup. Mengapa demikian?

 

Instagram dan Facebook juga platform yang berbisnis

Platform media sosial yang sering kita gunakan saat ini merupakan perusahaan yang juga meraup keuntungan dari penggunanya, tentunya bagi pengguna yang berbisnis dan memakai akun bisnis sebagai akun jualan, Facebook dan Instagram akan memandu pebisnis untuk menggunakan jasa iklan dibandingkan dengan mencari audience secara organik.

Bahkan Facebook sudah meniadakan organic searching untuk halaman Facebook yang menjual suatu produk dan mengutamakan jasa iklan atau sponsor untuk meningkatkan kunjungan pada halaman Facebook pebisnis.


Banyaknya pesaing dibidang yang sama

Dengan segala kemudahan yang ada sekarang, yang berpikiran untuk memiliki akun media sosial untuk bisnisnya tidak hanya beberapa orang, hampir semua bisnis  sekarang memiliki akun sosial media dengan tujuan yang berbeda-beda, mulai dari branding, meningkatkan penjualan, meningkatkan kepercayaan hingga meningkatkan engangement pada customer.

Calon customer sudah banyak sekali melihat akun jualan di platform Instagram atau facebook, tapi akun mana kah yang menarik perhatiannya, akun manakah yang cocok dan sesuai dengan kebutuhannya, hanya platform yang memiliki data demikian yang mengetahui hal tersebut dan melalui jasa iklan lah kita bisa mendapatkan audience yang tepat sasaran.

 

Banyak platform lain yang memiliki fungsi marketing selain sosial media

Lingkup pemasaran digital tiidak hanya ada pada sosial media, banyak platform lainnya yang juga berperan dalam digital marketing, misalnya website dan email.

Perusahaan yang memiliki website tentu saja lebih diakui kredibilitasnya dibandingkan yang hanya memiliki sosial media saja. Selain itu email marketing dengan gaya broadcast yang lebih personal juga banyak diminati oleh pebisnis selain sosial media yang menjangkau banyak pengguna sekaligus.

Sosial media adalah sebuah alat yang harus bisa digunakan dengan baik untuk bisa mengundang pengunjung bahkan pembeli. Tidak hanya sekedar memiliki akun sosial media, kita juga harus mengetahui apa yang bekerja untuk menaikkan interaksi pada audience dan mana yang tidak.

Selain itu mengetahui pemasaran melalui sosial media tidak hanya dengan menggunakan akun yang kita miliki saat ini, banyak platform lain yang dapat digunakan untuk meningkatkan traffic dan audience sehingga semakin banyak pengguna potensial yang dapat dijadikan database calon customer.

Untuk mengetahui digital marketing lebih lanjut teknologi.id memiliki kelas premium digital marketing dengan akses terjangkau cek disini.

(yk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar